Lindungi Data Pribadi! Ini Cara Agar Kontak Tidak Disadap Pinjaman Online


Tawaran pinjaman online (pinjol) dengan syarat dan ketentuan super mudah seringkali berakhir menjebak. Bukan hanya bunga yang terlampau tinggi, namun ada beberapa kasus yang melibatkan penyalahgunaan kontak dan data pribadi nasabah. Perhatikan cara agar kontak tidak disadap pinjaman online berikut ini, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Proses Sadap Kontak Oleh Pinjaman Online

Saat seseorang memutuskan untuk mengambil pinjaman online dan menginstal aplikasinya, maka proses penyadapan mulai berlangsung. Setelah memasang aplikasi, pengguna harus login dan membuat akun dengan memasukkan data diri. Setelah semua data terisi, biasanya akan muncul pemberitahuan aplikasi meminta izin untuk mengakses kontak, lokasi, dan fitur lainnya dari perangkat.

Jika pengguna memberi izin persetujuan, maka pihak aplikasi pinjol mulai melakukan penyadapan. Pinjol akan menyalin semua nomor kontak dan data pribadi yang ada pada perangkat. Hal ini menjadi masalah saat pinjol mulai meneror dan mengganggu kontak kerabat dari peminjam.

Lembaga bantuan hukum saat ini sudah menerima lebih dari 1000 kasus dan pengaduan terkait pinjaman online. Laporan yang masuk beragam, mulai dari bunga pinjaman terlalu tinggi hingga pelanggaran akses data kontak pribadi nasabah. Padahal dalam peraturannya sudah jelas bahwa Otoritas Jasa Keuangan dan Kominfo melarang keras tindakan illegal tersebut.

Cara Agar Kontak Tidak Disadap oleh Pinjaman Online

Mendapat teror dan gangguan dari pihak pinjaman online bukan hal yang menyenangkan. Apalagi jika hal tersebut juga melibatkan sanak keluarga dan teman. Sebagai tindakan antisipasi, lakukan 7 cara agar kontak tidak disadap pinjaman online berikut ini sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman:

1. Pastikan Perusahaan Pinjol Legal dan Terdaftar OJK

Langkah pertama yang mutlak dilakukan adalah memilih perusahaan pinjaman online legal dan telah tercatat pada Otoritas Jasa Keuangan. Pinjaman online resmi memiliki bunga pinjaman lebih rendah dan berpotensi lebih aman dalam mengelola data nasabah. Disamping itu, data diri perusahaan dan alamat kantor juga jelas dan gampang ditemukan.

Lazimnya, peminjam yang tidak bisa membayar hutang lebih dari 90 hari akan otomatis masuk blacklist OJK atau BI. Berbanding terbalik dengan pinjaman online illegal. Pihak peminjam yang tidak bisa membayar hutang akan diteror dengan cara yang tidak seharusnya, bahkan merugikan. Bunga dan denda yang diberlakukan juga aneh dan tidak wajar.

Jika memang membutuhkan pinjaman secara online, pilihlah dengan cermat perusahaan pinjaman tersebut. Pastikan legal dan terdaftar di OJK. Perhatikan pula syarat dan ketentuan pinjaman, denda dan peraturan lainnya. Bila menjumpai syarat dan ketentuan yang tidak wajar, sebaiknya jangan melanjutkan proses peminjaman.

2. Download Aplikasi Pinjol dari Platform Resmi

Pinjaman online melalui aplikasi pasti membutuhkan izin akses kontak perangkat saat pendaftaran akun. Cara agar kontak tidak disadap pinjaman online dilakukan dengan mendownload aplikasi dari platform resmi. Aplikasi pinjol pada Play Store atau App Store bersifat legal dan aman. Namun, pastikan lagi bahwa aplikasi tersebut sudah terdaftar di OJK.

Untuk membedakan, biasanya pinjaman online illegal tidak terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu aplikasinya tidak bisa diunduh melalui platform resmi. Penyebaran pinjaman online illegal seringkali melalui link yang dibagikan di sms atau sosial media. Proses penagihan pinjol illegal sudah tentu tidak mengikuti aturan OJK dan merugikan pengguna.

3. Jangan Menyetujui Izin Akses Kontak Saat Install Aplikasi Pinjol

Cara terbaik untuk menghindari penyadapan pinjaman online adalah tidak memberikan ijin akses data. Saat pertama kali memasang aplikasi pinjaman online di perangkat smartphone, pengguna diwajibkan untuk membuat akun. Ketika mengakhiri proses pendaftaran, biasanya akan muncul pemberitahuan bahwa aplikasi tersebut meminta akses untuk menggunakan kontak, kamera, lokasi dan beberapa fitur lainnya.

Sebaiknya ignore atau jangan setujui permintaan izin tersebut. Alasannya, jika izin diberikan maka aplikasi bisa dengan mudah mengakses data pada perangkat. Mulai dari nomor kontak ponsel, galeri, lokasi/GPS, dan fitur penting lainnya. Data-data ini kemudian akan disimpan oleh pihak pinjol untuk nantinya digunakan saat nasabah tidak bisa melunasi hutang.

4. Non Aktifkan Perizinan Akses Aplikasi Pinjol Di Smartphone

Jika cara ketiga di atas terlanjur dilakukan atau permintaan izin disetujui, maka pengguna bisa mengatur ulang perizinan di smartphone. hal ini perlu dilakukan segera untuk mencegah penyadapan berlangsung lebih lama. Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatur ulang perizinan aplikasi pinjol sebagai berikut:

  • Masuk pada setting perangkat.
  • Pilih menu pengelolaan aplikasi.
  • Cari aplikasi pinjaman online yang ingin diatur ulang.
  • Pilih menu Izin.
  • Non aktifkan izin pada kontak, kamera, penyimpanan, posisi, dan lain-lain.

Sebenarnya tidak ada cara untuk menghapus data yang sudah diambil atau disadap oleh pihak pinjaman online. Data yang sudah masuk akan disimpan pada server perusahaan dan pengguna tidak bisa menariknya kembali. Tapi dengan menonaktifkan atau mengatur ulah perizinan seperti langkah diatas bisa mencegah kontak baru pada perangkat disadap kembali.

5. Atur Ulang Daftar Kontak Tersimpan

Hal yang paling waran untuk disadap oleh pinjaman online adalah daftar kontak pengguna. Daftar kontak kerabat dekat, keluarga atau teman akan disimpan untuk digunakan di kemudian hari saat peminjam tidak bisa membayar hutang dan sulit dihubungi.

Untuk mencegah teman dan keluarga terganggu oleh tim penagih pinjaman online, pengguna bisa mengakali dengan mengatur ulang daftar kontak tersimpan yang ada pada smartphone. Lebih baik lagi bila hal ini dilakukan sebelum menginstal aplikasi pinjol.

Buatlah daftar kontak palsu sebanyak 50 atau 100 dan simpan pada perangkat. Sehingga pada saat pihak pinjaman online mengambil data kontak, maka kontak palsu tersebut yang akan disimpan. Kontak sanak saudara dan kerabat akan aman dan terhindar dari gangguan.

Hindari tindakan ceroboh seperti menghapus kontak ponsel dalam jumlah banyak secara tiba-tiba. Penghapusan tersebut akan menimbulkan kecurigaan. Jika memang ingin melakukan penghapusan kontak penting, gantilah dengan menyimpan kontak baru dalam jumlah yang sama atau lebih.

6. Ganti Nomor SIM card dan Menonaktifkan Link Sosmed

Cara agar kontak tidak disadap pinjaman online berikutnya bisa dilakukan dengan mengganti nomor ponsel atau SIM card yang digunakan. Tapi yang harus diperhatikan adalah jika mendaftar SIM card baru, jangan menggunakan data diri yang sama. Karena data diri pada nomor lama telah dimiliki oleh pihak pinjaman online.

Selain SIM card, nomor yang digunakan pada aplikasi chatting juga perlu diganti. WhatsApp, Telegram atau aplikasi chatting lain yang terdaftar menggunakan nomor ponsel pada pinjaman online sebaiknya diganti. Cara ini terbilang ampuh dan instan untuk menghindari gangguan pinjaman online.

Beberapa pengguna sosial media menghubungkan nomor ponsel dengan akun. Mencantumkan nomor ponsel ke sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter menjadi peluang untuk pihak pinjaman online menghubungi nasabah. Oleh karena itu, segera nonaktifkan link nomor ponsel yang terhubung ke semua sosial media. Hal ini juga berlaku untuk penggunaan e-Mail.

7. Root Ulang Perangkat Smartphone

Cara terakhir yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyadapan dan gangguan pinjaman online adalah dengan melakukan rooting ulang perangkat smartphone. Apabila gangguan dari pinjaman online sudah dirasa akut dan keterlaluan, tidak ada salahnya untuk melakukan reset pabrik.

Hal ini bermaksud untuk menghapus semua aplikasi dan data yang terdapat dalam perangkat smartphone. Hanya aplikasi standar ponsel yang tersisa, dan tampilan akan kosong seperti awal membeli gadget. Namun sebelum melakukan rooting atau reset pabrik, pastikan data atau dokumen penting telah dipindah.

Kemudahan akses teknologi memberi celah oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penyadapan dan pencurian data pribadi. Rekomendasi 7 cara agar kontak tidak disadap pinjaman online di atas bisa dilakukan dengan mudah. Perlu diingat, cara tersebut bukan untuk menghindari tanggung jawab membayar hutang. Tapi lebih kepada meminimalisir gangguan dan pelanggaran privasi.


0 Comments

Posting Komentar