Ketahui Cara Tutup Akun Kredivo dan Ketentuannya



Kredivo merupakan sebuah aplikasi pinjaman online yang memiliki limit cukup besar serta memiliki persyaratan pengajuan yang sangat mudah. Aplikasi ini diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga keamanan datanya sangat terjaga. Itulah sebabnya, mengapa sebagian orang suka menggunakan Kredivo karena aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhannya.

Biasanya setelah semua kebutuhannya tercukupi, para pengguna Kredivo ingin segera menutup akunnya. Hal ini dilakukan agar pengguna tidak mudah terlena dengan pinjaman online atau tidak ingin memiliki hutang yang lebih banyak lagi. Oleh sebab itu, cara tutup akun Kredivo sangatlah mudah dilakukan. 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menutup Akun Kredivo

Sebelum menutup akun Kredivo secara permanen, ada beberapa ketentuan dan ketetapan oleh pihak Kredivo yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar data pengguna tetap aman dan bersih dalam pengecekan BI Checking. Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum menutup akun Kredivo:

  • Tidak memiliki tagihan aktif berjalan. Kredivo memberikan kemudahan dalam proses pinjaman dana secara online dengan mudah. Ketika masih memiliki cicilan berjalan, aplikasi ini tidak dapat ditutup secara permanen. Namun, jika sudah tidak memiliki cicilan aktif, pengguna dapat kapan saja menghapus akun Kredivonya. Pastikan akun Kredivo yang dimiliki sudah tidak memiliki tagihan aktif.
  • Tidak memiliki tunggakan. Memiliki tunggakan akan menyulitkan pihak Kredivo untuk menghapus akun pengguna. Selain itu, data pengguna akan menjadi jelek di BI Checking dan akan sulit jika sewaktu-waktu ingin mengajukan pinjaman online lagi. Pastikan untuk membayar tunggakan agar akun dapat terhapus.
  • Melunasi hutang dan cicilan. Mengecek status aktif dari aplikasi Kredivo. Apakah pinjaman masih berjalan atau sudah sepenuhnya selesai? Jika masih tersisa cicilan dalam beberapa bulan, sebaiknya lunasi terlebih dahulu agar proses penghapusan akun bisa dilakukan.
  • Tidak sedang mengajukan pinjaman baru. Pastikan sebelum menutup akun Kredivo tidak ada pengajuan baru yang mulai berjalan. Akun yang memiliki pengajuan baru tidak akan diproses atau disetujui oleh pihak Kredivo. Hal ini dikarenakan pengguna masih memiliki tanggung jawab dalam pembayaran cicilan.
  • Pastikan tidak ada denda tersisa. Hal yang paling ditakutkan dalam pinjaman online adalah takut tidak bisa membayarnya. Selain itu, denda yang diberikannya juga sangat tinggi. Nama pengguna juga tidak akan dipercaya oleh pihak pinjaman online mana pun jika masih memiliki denda walaupun tunggakan sudah dibayarkan. Maka segeralah bayar denda keterlambatan.

Cara Menutup Akun Kredivo

Setelah mengetahui ketentuan-ketentuan diatas, proses penutupan akun bisa dilakukan. Proses menutup akun kredivo bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bisa memilih salah satu cara atau bisa lakukan semua caranya. Berikut cara menutup akun kredivo:

1. Melalui Layanan Call Center

Langkah pertama menutup akun Kredivo yaitu bisa melalui layanan call center. Layanan ini diharapkan agar pengguna dapat berinteraksi langsung dengan pihak Kredivo. Untuk mengetahui cara tutup akun Kredivo melalui layanan call center sangatlah mudah. Berikut caranya:

  • Hubungi call center Kredivo dengan nomor 0807-1-573348.
  • Pilihlah layanan berbicara dengan Customer Service dan sampaikan pengajuan untuk hapus akun Kredivo secara permanen.
  • Beri tahu username atau email dari akun Kredivo yang aktif.
  • Tunggu sampai pihak Customer Service merespon dan mengurus pengajuan penutupan akun.
  • Setelah semua terkonfirmasi seperti tidak adanya tagihan dan denda yang aktif, maka penutupan akun akan dapat diproses.

2. Melalui Layanan E-Mail Kredivo

Jika tidak memiliki pulsa yang cukup dalam menghubungi pihak Kredivo, ada baiknya menggunakan layanan e-mail. Layanan ini menjadi pilihan alternatif untuk menutup akun Kredivo yang sudah tidak ingin menggunakannya lagi. Berikut caranya:

  • Buka akun Gmail dengan tujuan pengiriman ke support@kredivo.com
  • Tulis alamat email atau username dan password aktif.
  • Tulis keterangan dan alasan mengenai penutupan akun Kredivo dengan lengkap dan jelas.
  • Kirim e-mail tersebut dan tunggu ada balasan.
  • Biasanya pihak Kredivo akan menginformasikan terlebih dahulu tentang data pengguna.
  • Jika semua sudah terkonfirmasi tidak memiliki tunggakan, cicilan aktif, maupun denda, maka proses penutupan akun akan dilakukan secepatnya.

3. Menghapus Aplikasi Kredivo

Cara ini bisa dikatakan sebagai cara yang mudah dalam menutup akun Kredivo. Sistem Kredivo akan menginput data secara otomatis jika pengguna masih menggunakan layanan pinjaman online. Jika pengguna tidak menggunakan selama berbulan-bulan bahkan tahunan, maka data pengguna akan dianggap sebagai tidak aktif. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Kredivo
  • Logout atau keluar dari aplikasi Kredivo.
  • Buka pengaturan pada Hp dan cari aplikasi Kredivo.
  • Pilih hapus data.
  • Pilih bongkar atau uninstall aplikasi Kredivo.
  • Tidak perlu mengunduh dan masuk ke aplikasinya lagi.
  • Sistem di aplikasi Kredivo secara otomatis akan menutup akun pengguna yang sudah tidak terhubung selama dua tahun.

Proses Waktu Menutup Akun Kredivo

Pihak Kredivo tentu mengupayakan proses yang cepat dan optimal dalam memberikan kepuasan pelayanan bagi pelanggannya. Saat pengguna ingin menutup akun Kredivo, pihak Kredivo pasti akan memverifikasi akun penggunanya terlebih dahulu. Biasanya proses penutupan akun tidak membutuhkan waktu yang lama, maksimalnya adalah 24 jam sejak waktu pengajuan.

Selain itu, pengguna bisa kapan pun melakukan penutupan akun Kredivo apabila sudah melunasi semua cicilannya. Penutupan akun Kredivo bisa secara permanen jika selama 2 tahun pengguna tidak melakukan kegiatan pinjam dana tunai ke pihak Kredivo.

Melakukan pinjaman online terus-menerus bisa memberikan dampak ketergantungan bagi pengguna. Terlebih lagi, jika cicilan yang berjalan memiliki jumlah yang besar. Akibatnya, mengalami kesulitan dalam mengelola dana yang dimilikinya. Oleh karena itu, cara tutup akun Kredivo menjadi pilihan agar tidak memiliki cicilan yang berlebihan.

Menutup akun bisa dilakukan secara permanen maupun sementara. Pastikan menghubungi Customer Service jika ingin mengajukan pinjaman lagi. Namun jika tidak, biarkan saja aplikasi tersebut. Gunakan aplikasi pinjaman online sebijak mungkin agar tidak menimbulkan kesulitan dalam melunasinya.



0 Comments

Posting Komentar