Inilah Syarat dan Cara Bayar Kredivo Pakai OVO, Yuk Simak!



Saat ini jika menginginkan suatu barang namun kebetulan keuangan lagi tipis tidak perlu bersedih,  karena bisa memanfaatkan fasilitas kredit online di Kredivo. Apalagi ternyata ada kemudahan yang disediakan, yaitu bisa bayar Kredivo pakai OVO lho. Kemudahan fasilitas pembayaran ini tentu saja jadi angin segar bagi semua anggota masyarakat penyuka sistem belanja online.

Namun, meski sistem pembayaran cicilan Kredivo ini bisa dilakukan dengan menggunakan OVO, setiap orang akan diwajibkan memenuhi beberapa syarat. Apa saja? Salah satunya adalah dibutuhkannya dukungan dari penyedia jasa perdagangan elektronik yang sudah menjalin kerjasama dengan Kredivo, yaitu Tokopedia. Untuk uraian yang lebih jelas, simak ulasan ini sampai tuntas ya, sobat Quena!

Apa Saja Syarat Bayar Kredivo Pakai OVO?

Mungkin hingga saat ini masih banyak sobat Quena yang melakukan pembayaran Kredivo harus antri dulu di gerai-gerai ATM bank terpilih. Bahkan, ada juga yang melakukannya melalui pembayaran online yang tersedia di beberapa supermarket seperti Indomaret atau Alfamart.

Nah, dengan tahu ada cara bayar Kredivo pakai OVO sekarang semua jadi terasa lebih mudah. Pemilik akun Kredivo tak perlu lagi repot keluar rumah karena semua bisa dilakukan lewat perangkat pintar masing-masing. Lalu apa saja syarat yang dibutuhkan?

1. Pemilik Akun Aktif di Tokopedia

Untuk bisa menikmati kemudahan bayar Kredivo pakai OVO maka syarat pertama dan utama adalah memiliki akun di Tokopedia. Mengapa harus memiliki akun Tokopedia? Karena Tokopedia adalah salah satu aplikasi perdagangan elektronik (eCommerce) yang mendukung jasa layanan pembayaran menggunakan OVO.

2. Menautkan Sistem Pembayaran OVO dan Tokopedia

Setelah memastikan memiliki akun yang masih aktif di aplikasi Tokopedia, sobat Quena juga harus mengaktifkan fitur pembayaran lewat OVO Cash. Fitur ini sebenarnya akan aktif secara otomatis sih jika nomor HP yang diinput sama dengan nomor yang telah diinput ke aplikasi OVO juga. Namun jika belum, lakukan langkah pengaktifan melalui menu "Akun Saya" yang ada di OVO, caranya:

  • Masuk ke aplikasi OVO, pada bagian laman Akun Saya input kode verifikasi (OTP) yang dikirimkan melalui SMS
  • Buatlah PIN jika belum mengaktifkan personal identification number (PIN) OVO
  • Setelah verifikasi PIN selesai, pilihlah akun Tokopedia dengan nomor HP yang sama yang ingin diaktifkan

3. Memiliki Saldo yang Cukup di OVO

Syarat yang terakhir, saldo yang ada di OVO harus memiliki jumlah yang cukup untuk mengeksekusi pembayaran cicilan Kredivo nantinya. Apabila saldo di akun OVO ternyata tidak mencukupi, maka harus dilakukan isi ulang agar proses pembayaran cicilan Kredivo dapat dilaksanakan.

Inilah Cara Bayar Kredivo Pakai OVO

Nah, sekarang jika semua ketiga persyaratan di atas telah terpenuhi, maka ini artinya sobat Quena sudah dapat melakukan proses bayar Kredivo pakai OVO. Bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Akses Perangkat Lunak Kredivo

Untuk dapat melakukan proses bayar memakai OVO, maka harus melakukan login dulu ke aplikasi gratis Kredivo. Pada halaman pertama carilah menu transaksi, jika sudah klik menu transaksi tersebut untuk dapat masuk ke proses selanjutnya.

2. Lanjutkan dengan Pilihan Pembayaran

Nanti setelah masuk ke menu transaksi, maka layar akan bergeser ke halaman berikutnya untuk proses lanjutan yaitu pembayaran. Di sini akan muncul informasi yang berisi beberapa jumlah tagihan yang harus dibayar.

Jika akan melakukan beberapa pembayaran sekaligus, maka centang saja pada bagian-bagian yang diinginkan. Namun jika hanya ingin melakukan pembayaran pada satu tagihan saja, lakukan ceklist pada bagian yang diinginkan tersebut. Selanjutnya klik pada bagian tulisan bayar.

3. Pilih Metode Pembayaran

Pada langkah selanjutnya, di monitor perangkat akan diarahkan pada pilihan metode pembayaran. Carilah metode pembayaran melalui Tokopedia, lalu klik kemudian simpan deretan angka virtual account. Nomor virtual account ini nanti akan diperlukan pada tahapan langkah selanjutnya.

4. Akses Perangkat Lunak Tokopedia

Pada proses berikutnya bukalah aplikasi Tokopedia yang ada pada perangkat pribadi. Carilah pilihan menu yang bertuliskan top-up dan tagihan. Lakukan klik pada menu tersebut, lanjutkan klik pada pilihan menu angsuran kredit.

5. Pilih Penyedia Jasa Layanan

Selanjutnya akan disuguhkan menu penyedia jasa layanan yang akan digunakan, lanjutkan dengan tap pilihan pada Kredivo. Berikutnya isilah bagian nomor kontrak dengan nomor virtual account yang sebelumnya telah disalin. Caranya bisa dengan jalan mengetikkan secara manual, atau melalui program copy paste. Ketika semua sudah clear, tekan menu "Cek Tagihan".

6. Konfirmasi Pembayaran

Langkah berikutnya adalah konfirmasi pembayaran. Caranya adalah dengan meneliti semua data yang sudah diinput tadi. Data-data yang dimaksud adalah nama, nomor tagihan, serta jumlah tagihan yang akan dibayar. Jika semua sudah sesuai dan benar, maka klik tanda bayar yang ada di pojok kanan bagian paling bawah.

7. Pilih Metode Pembayaran Lanjutan

Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, langkah berikutnya adalah memilih metode pembayaran selanjutnya. Pada bagian ini pilihlah pembayaran melalui OVO, lanjut dengan klik kotak bayar. Di tahapan berikutnya, masukkan PIN OVO pada kolom yang telah disediakan. Jika pembayaran sukses maka di layar perangkat akan keluar informasi yang menyatakan jika proses telah berhasil dilakukan.

Nah, bagaimana sobat Quena? Sudah paham kan sekarang tentang syarat dan bagaimana alur cara bayar Kredivo pakai OVO? Ternyata mudah sekali ya! Selain memberikan kemudahan bayar tanpa repot keluar rumah, cara bayar seperti ini juga bebas biaya, lho. Namun meski begitu, tetap lakukan pembayaran tepat pada waktunya agar tidak terkena sanksi, ya!


0 Comments

Posting Komentar