Ini Cara Belanja di Alfamart Pakai Kredivo Plus Ketentuannya

Cara Belanja di Alfamart Pakai Kredivo


Hai Sobat Quena, sudah pada tahu belum cara belanja di Alfamart pakai Kredivo? Jika belum, ikuti uraian ini. Seperti yang sudah diketahui, Kredivo sebagai salah satu penyedia layanan pembayaran kredit secara digital semakin banyak melakukan inovasi demi meningkatkan pelayanan pada pelanggan. Salah satunya adalah menyediakan fitur pembayaran melalui Kredivo. 

Masyarakat sekarang dapat melakukan pembelian berbagai barang yang ada di Alfamart sambil menikmati kemudahan penggunaan sistem pembayaran yang ditawarkan Kredivo.  Kerjasama Kredivo dengan supermarket berslogan belanja puas harga pas ini diharapkan akan dapat membantu peningkatan kepercayaan diri masyarakat pasca terjadinya pandemi Corona.

Ketentuan Agar Dapat Berbelanja Di Alfamart Pakai Kredivo

Cara belanja di Alfamart pakai Kredivo bisa dibilang tidak rumit. Tidak ada proses berbelit yang akan membuat para pengguna Kredivo kesulitan dalam pelaksanaannya. Akan tetapi meski begitu tetap saja ada beberapa ketentuan yang ditetapkan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa ketentuan yang harus dipahami baik oleh pelanggan Kredivo maupun pelanggan Alfamart:

Ketentuan Transaksi

Seperti semua produk keuangan lainnya, penggunaan aplikasi Kredivo juga memiliki ketentuan pengikat. Jangan malas untuk membaca dan memahami sejumlah determinasi yang sudah ditetapkan oleh pihak Kredivo di bawah ini agar nyaman saat berbelanja.

  • Jatuh tempo yang diberlakukan pada sistem pembayaran Kredivo adalah 30 hari. Ini artinya seorang pelanggan Kredivo mempunyai jangka waktu 30 hari untuk membayar nilai transaksi yang sudah dilakukannya di Alfamart. Contohnya, ketika tanggal 1 Maret seorang pelanggan berbelanja di Alfamart maka jatuh tempo pembayaran akan tiba 30 hari sesudahnya, yaitu pada tanggal 1 April.
  • Nilai maksimum transaksi yang diperbolehkan dalam penggunaan pembayaran menggunakan Kredivo adalah 300 ribu. Jumlah ini merupakan jumlah maksimal yang diizinkan oleh pihak Kredivo pada satu akun dan satu kali transaksi, dalam satu bulan berjalan.
  • Tidak ada keterangan nominal minimal belanja yang dibolehkan.
  • Untuk pembayaran yang menggunakan fasilitas kredit dengan Kredivo, maka pelanggan akan dibebankan biaya administrasi. Kisaran biaya yang dikenakan sebesar 1%, jadi misalkan ada pembelanjaan sejumlah 200 ribu maka akan dikenakan biaya transaksi sejumlah 2 ribu.

Ketentuan Umum

Untuk pembayaran transaksi belanja di Alfamart yang menggunakan fasilitas kredit Kredivo, semua kategori pengguna dimungkinkan. Jadi baik kategori Basic maupun Premium berhak untuk menggunakannya sebagai sistem pembayaran di semua outlet Alfamart yang mendukung program ini. 

Yuk Simak Cara Belanja di Alfamart Pakai Kredivo!

Dengan menggunakan Kredivo maka pembayaran pembelian barang di Alfamart dapat dilakukan 30 hari setelah tanggal transaksi. Untuk tahapan cara belanja di Alfamart pakai Kredivo, bisa disimak melalui beberapa poin di bawah ini:

1. Tentukan Merchant untuk Melakukan Pembelian di Alfamart

Sebelumnya, yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan merchant Alfamart yang akan dituju. Hal ini penting guna memastikan apakah outlet tersebut termasuk jajaran outlet yang mendukung proses pembayaran menggunakan Kredivo. Jika ternyata belum, maka bisa menggunakan alternatif lain.  Langkah-langkahnya:

  • Datang ke outlet Alfamart tujuan. Jangan khawatir, ada banyak outlet Alfamart yang mendukung program ini. Update terakhir di akhir tahun yang lalu, Kredivo telah dapat menjadi alternatif pembayaran di sekitar 15 ribu Alfamart seluruh Indonesia.
  • Selanjutnya lakukan proses pembelian barang seperti biasanya. Namun ingat, jumlah pembelian terbanyak hanyalah 300 ribu selama 1 kali transaksi dalam tempo waktu 30 hari. Artinya, jika sobat Quena memiliki saldo Kredivo sebesar 1 juta rupiah, lalu hari ini belanja sebesar 300 ribu dan ingin belanja lagi keesokan harinya karena saldo Kredivo masih cukup, maka hal tersebut tidak dimungkinkan.

2. Lakukan Proses Pembayaran di Kasir

Cara belanja di Alfamart pakai Kredivo berikutnya adalah setelah selesai memilih barang belanjaan, segera pergi ke kasir untuk melakukan proses pembayaran. Uraian seputar pembayarannya dapat disimak di bawah ini:

  • Ketika semua keperluan telah komplit dibeli, maka saatnya menuju kasir. Perlu dipahami sekali lagi, meski tidak ada keterangan yang menyebutkan berapa nilai terendah barang belanjaan, namun jumlah tertinggi yang diperbolehkan adalah 300 ribu rupiah. Cek sekali lagi jumlah belanjaan agar tidak melebihi limit atau otherwise fasilitas Kredivo tak dapat digunakan.
  • Saat di kasir, informasikan kepada petugas kasir yang sedang bertugas jika pembelanjaan yang sedang dilakukan akan menggunakan fasilitas Kredivo.

3. Proses Pembayaran dengan Kredivo

Perlu diingat dan dipahami ya sobat Quena, jika setiap kode palang pembayaran Kredivo yang dibuat itu hanya memiliki jangka waktu 5 menit. Lebih dari waktu tersebut pembayaran belum dieksekusi, maka kode palang tidak akan dapat digunakan lagi. Jika sudah begini maka harus mengulang prosesnya. Untuk urutan langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Kredivo untuk membuat tanda palang (barcode) pembayaran, Di halaman depan carilah menu barcode, lanjutkan dengan memilih merchant, klik Alfamart .
  • Jika sobat Quena ternyata memiliki voucher dan berniat untuk menggunakannya maka pilih menu voucher Tentukan pilihan voucher yang akan digunakan, Nantinya nilai voucher akan langsung memotong pada jumlah nilai transaksi.
  • Langkah berikutnya adalah memasukkan kode PIN.
  • Setelah itu akan keluar tanda palang pembayaran. Serahkan kode tersebut kepada pihak kasir untuk dilakukan verifikasi berupa scan.
  • Sekarang tunggu beberapa saat hingga validasi pembayaran keluar. Validasi ini akan berupa pemberitahuan di layar aplikasi di perangkat yang menyatakan jika pembayaran sudah berhasil dilakukan.
  • Bersamaan dengan proses tersebut, struk akan keluar. Struk ini harap disimpan baik-baik karena dapat digunakan sebagai tanda bukti pembayaran. Selain itu nantinya di aplikasi Kredivo juga akan muncul history transaksi.

Sekarang sobat Quena pasti sudah paham mengenai bagaimana cara belanja di Alfamart pakai Kredivo beserta semua ketentuan yang menyertainya. Kemudahan menggunakan fasilitas pembayaran Kredivo ini memang sangat membantu sekali. Namun ingatlah kredit adalah sebuah hutang dan hutang adalah kewajiban, jadi bijak dalam penggunaannya adalah kunci utama.


0 Comments

Posting Komentar