Ternyata Mudah! Ini Cara Pinjam Uang di Koperasi Alfamart Lewat Layanan KopKar



Sebagaimana diketahui, saat ini Alfamart telah mendirikan koperasi khusus untuk karyawannya. Dimana kegunaan koperasi ini adalah untuk meminjam uang. Hanya saja sayangnya, masih banyak karyawan khusus Alfamart yang belum tahu cara pinjam uang di Koperasi Alfamart, sehingga bingung bila hendak melakukannya.

Nah, bagi sobat Quena yang sedang membutuhkan dana pinjaman dan ingin meminjam di koperasi Alfamart, tentu saja tidak bisa sembarangan melakukannya. Pasalnya, ada cara tersendiri untuk bisa meminjam uang di koperasi Alfamart. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak penjabaran di bawah ini!

1. Daftarkan Diri Menjadi Karyawan Alfamart

Jika ingin menjadi anggota koperasi dari Alfamart ini maka cara pinjam uang di koperasi alfamart yang pertama dilakukan adalah menjadi karyawan Alfamart. Ini bisa dilakukan dengan mudah sebab saat ini banyak dibuka lowongan pekerjaan khusus karyawan Alfamart. Bahkan, syarat untuk menjadi karyawan Alfamart juga sangat mudah.

Kenapa harus menjadi karyawan Alfamart terlebih dahulu agar bisa meminjam uang di koperasinya? Sebab, koperasi Alfamart hanya dikhususkan bagi karyawan-karyawan dan pekerjanya saja, alias tidak diperuntukkan untuk khalayak umum. Adapun syarat karyawan yang bisa mengajukan pinjaman adalah sebagai berikut:

  • Telah melewati masa training sebagai Alfamart.
  • Sudah diangkat menjadi karyawan tetap dengan masa aktif paling sedikit 6 bulan.
  • Berkelakuan baik.
  • Tidak sedang memiliki pinjaman lain.

2. Daftarkan Diri Sebagai Anggota di Koperasi Karyawan

Setelah berhasil menjadi karyawan Alfamart, tidak serta merta semua karyawan bisa menjadi anggota dari koperasi. Jika sudah menjadi karyawan selama 6 bulan dan belum mendaftar menjadi anggota koperasi, maka silahkan ajukan pendaftaran menjadi anggota ke kantor cabang di masing-masing daerah. Berikut ini alur pendaftarannya :

  • Mendatangi kantor cabang koperasi Alfamart di daerah terdekat
  • Minta formulir pendaftaran dan isi formulir tersebut dengan jelas dan benar
  • Bayar iuran wajib dan pokok di awal pengajuan menjadi anggota koperasi Alfamart. Jumlah iuran wajib yang harus dibayarkan minimal Rp 10.000 s/d 30% dari gaji perbulan. Misalnya, gaji sobat Quena menjadi karyawan Alfamart sebesar 3 juta maka jumlah iuran wajibnya sebesar Rp900.000.

Setelah mendaftar sebagai anggota koperasi, maka perlu jangka waktu 6 bulan lagi agar status keanggotan bisa mendapatkan fasilitas pinjamannya. Adapun di koperasi Alfamart pinjaman yang disediakan tidak hanya berjenis uang tetapi juga terdapat cicilan yang berupa barang tertentu.

3. Log In ke Website Koperasi Karyawan

Penting diketahui, selain menyediakan pinjaman dengan prosedur offline, karyawan Alfamart juga bisa melakukan cara pinjam uang di koperasi alfamart secara online. Pinjaman secara virtual ini sangat memudahkan setiap karyawan yang membutuhkan dana di waktu mendesak. Bagaimana cara yang harus dilakukan? Ini dia!

  • Akses website resmi Koperasi karyawan Online (KopKar) Alfamart. Biasanya, akses ini akan diberikan ketika sudah mendaftarkan diri sebagai anggota koperasi di kantor cabang masing-masing.
  • Pilih kantor cabang Alfamart yang ditempati bekerja
  • Masukkan Nomor Induk Keluarga (NIK) sesuai KTP
  • Ketik PIN yang sudah didapatkan saat mendaftarkan diri sebagai anggota koperasi
  • Klik "Masuk"

4. Centang Kolom Persetujuan

Dengan memasukkan NIK dan PIN yang benar, maka langsung bisa masuk ke website Koperasi Karyawan (KopKar) online Alfamart. Namun sebelum itu, baca dan pahami dahulu syarat dan ketentuan untuk kemudian mencentang kolom kecil persetujuan. Lalu, Apa saja syarat maupun ketentuan yang ditetapkan sebagai cara pinjam uang di koperasi Alfamart? Berikut ini disebutkan:

  • Telah melunasi semua tanggungan di koperasi alfamart. Apabila sebelumnya memiliki hutang di koperasi Alfamart, maka untuk mendapatkan pinjaman yang kedua harus melunasi pinjaman pertama. Begitupun jika masih memiliki tanggungan iuran yang belum dibayar, maka lunasi terlebih dahulu tanggungan tersebut.
  • Belum melewati batas maksimal kredit pinjaman. Adapun batas maksimal kredit di koperasi Alfamart adalah sebanyak 3 kali dari jumlah tabungan. Hal ini perlu diperhitungkan jika akan melakukan pinjaman di koperasi Alfamart ini. Jangan sampai meminta pinjaman lebih dari 3 kali dari jumlah tabungan yang dimiliki. Kenapa? Karena jika melebihi, permintaan pengajuan pinjaman akan otomatis ditolak.
  • Besaran cicilan pinjaman tidak melebihi 30% gaji. Sobat Quena tidak perlu khawatir jika harus mengambil pinjaman yang besar. Pasalnya besaran cicilan yang harus dibayar tidak akan melebihi 30% dari gaji yang didapatkan. Dan pembayaran pinjaman akan dipotong secara langsung dari gaji karyawan setiap bulannya.
  • Mampu memenuhi masa angsuran pinjaman. Jika ingin meminjam dalam jumlah yang besar, maka perlu memperhitungkan batasan tenor ini. Pasalnya, jika sobat mengangsur melebihi masa tenor, maka sobat harus menanggung konsekuensi dengan dikenakan denda. Adapun masa angsuran pinjamannya selama 24 bulan atau 2 tahun.

5. Isi Formulir Pinjaman

Setelah memahami seluruh syarat dan ketentuan pinjaman dan setuju dengan semua persyaratan, maka, sobat Quena bisa mengisi formulir pinjaman yang telah tersedia. Setiap calon peminjam harus mengisi seluruh formulir tersebut dengan benar dan jelas. Karena dari formulir ini akan dipertimbangkan oleh pihak koperasi.

Setelah selesai mengisi seluruh poin pada formulir, maka bisa melanjutkan proses pengajuan pinjaman. Untuk melanjutkan proses tersebut maka klik “ajukan” pada kolom yang tersedia. Jika semua proses telah dilakukan, tungguah menerima persetujuan dari pihak koperasi Alfamart. Apabila pengajuan pinjaman tersebut disetujui, maka uang pinjaman akan ditransfer langsung ke rekening sobat Quena.

Dari penjelasan cara pinjam uang di koperasi Alfamart di atas, pastinya tidak bingung lagi kan untuk meminjam uang di koperasinya? Pastikan juga untuk memahami beberapa persyaratan dan ketentuan dalam proses pengajuan pinjaman yang harus dipahami karyawan. Dengan berdirinya koperasi karyawan Alfamart, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dari seluruh karyawan Alfamart ini.


0 Comments

Posting Komentar