Kenapa Pinjaman Online Selalu Ditolak? Ini Jawaban Selengkapnya



Seiring sulitnya laju perekonomian di Indonesia, semakin sulit pula orang mendapatkan pinjaman uang saat terdesak. Bahkan, tidak jarang orang nekat mencari pinjaman online karena dinilai pencairannya lebih cepat. Pertanyaan seputar "kenapa pinjaman online selalu ditolak" sering dipertanyakan. Berikut adalah jawaban selengkapnya!

1. Pinjaman yang Diajukan Melampaui Batas

Sobat Quena harus mengetahui bahwa setiap produk pinjaman memiliki batas peminjamannya tersendiri sehingga pinjaman yang diajukan tidak boleh melebihi batas tersebut. Misalkan hendak meminjam uang 15 juta, sedangkan batas yang ditentukan oleh produk pinjaman adalah 12 juta, maka peminjaman uang tersebut tidak akan diterima.

Penetapan batas pinjaman tersebut disesuaikan dengan kondisi keuangan yang dilihat berdasarkan slip gaji. Hal tersebut menandakan bahwa produk pinjaman telah mempertimbangkan besaran uang yang sanggup dibayarkan setiap bulannya. Apabila merasa pengajuan pinjamannya masih ditolak, cobalah perhitungkan antara gaji dengan dana pinjaman yang diajukan.

2. Persyaratan Tidak Lengkap

Alasan kenapa pinjaman online selalu ditolak yang selanjutnya adalah dokumen persyaratan yang diajukan tidak komplit sehingga secara langsung akan ditolak oleh produk pinjaman. Sebagai peminjam harus memeriksa terlebih dahulu kelengkapan dokumen sebelum mengajukan pinjaman agar langsung diterima.

Poin penting selanjutnya adalah dokumen tersebut harus jelas dan jangan sampai ada yang blur atau bagiannya terpotong. Pihak produk pinjaman akan menghubungi sobat Quena jika ada dokumen yang belum jelas sehingga harus mengirim ulang persyaratan tersebut. Kelengkapan dan kejelasan dokumen ini sangat penting karena pihak produk pinjaman membutuhkan dokumen yang lengkap.

3. Nomor Telepon Susah Dihubungi

Nomor telepon memang terlihat sepele namun tidak dapat dipungkiri bahwa ini merupakan poin yang sangat riskan jika sulit untuk dihubungi. Sejak awal harus dipastikan bahwa nomor yang dicantumkan masih aktif dan dipergunakan setiap harinya. Suatu saat pihak pinjaman online akan menghubungi untuk proses verifikasi sehingga harus selalu on.

Biasanya akan ada tindak lanjut setelah mengajukan persyaratan yaitu melakukan konfirmasi sekaligus mencocokan data yang ada di kertas. Apabila tidak merespon atau nomor telepon yang dicantumkan tidak dapat dihubungi, maka otomatis pinjaman akan ditolak. Tanpa disadari, inilah salah satu alasan tentang kenapa pinjaman online selalu ditolak yang tidak banyak diperhatikan calon peminjam.

4. Alamat Berada di Luar Area Layanan

Setiap produk pinjaman memiliki wilayah layanannya tersendiri sehingga tidak bisa menjangkau wilayah terpencil di Indonesia. Hal tersebut harus diperhatikan sejak awal sebelum mengajukan pinjaman online. Pastikan terlebih dahulu bahwa alamat tinggal saat ini termasuk ke dalam area layanan yang telah ditentukan.

Penting sekali bagi sobat Quena yang ingin melakukan pinjaman online untuk memeriksa terlebih dahulu profil dari produk pinjaman tersebut. Apabila wilayahnya dekat dan melayani daerah tempat tinggal maka sah-sah saja memilih produk pinjaman tersebut. Biasanya produk pinjaman tersebut berada di kota besar saja sehingga untuk wilayah kabupaten belum bisa dilayani.

5. Terdapat Perbedaan Nama

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa alasan kenapa pinjaman online selalu ditolak adalah terdapat perbedaan nama yang diajukan. Nama yang terdapat di rekening dengan nama yang mengajukan pinjaman berbeda sehingga ketidakcocokan ini akan membingungkan pihak pinjaman online.

Bukan tanpa sebab, apabila ada nama akun dan data diri yang diisi nama yang tertera berbeda dengan yang di rekening, maka pihak penyedia pinjaman akan menolaknya, Ini dilakukan sebab demi menghindari hal yang bisa merugikan salah satu pihak.

Selain itu, pihak pinjaman online akan mengira bahwa sobat Quena melakukan pemalsuan data sehingga sangat beresiko sekali jika meminjam uang. Pastikan terlebih dahulu namanya telah sama pada semua dokumen sebelum melakukan pinjaman online agar menghindari terjadinya penolak yang terus menerus .

6. Catatan Kredit Buruk

Track record peminjaman uang online dapat dilacak dengan mudah oleh siapapun. Hal tersebut menjadikan calon peminjam harus berhati-hati karena sekali saja pernah menunggak akan dipertimbangkan oleh pihak pinjaman online. Kriteria catatan kredit buruk setiap produk pinjaman tentu berbeda-beda dan tidak ada yang mengetahuinya.

Berhati-hatilah ketika akan meminjam uang online pada produk tertentu karena semua rekam jejak dapat dilacak. Usahakan untuk selalu mengangsur hutang tepat waktu agar mudah untuk melakukan pinjaman lagi di lain kesempatan. Memperoleh kepercayaan dari orag lain tentu sangat susah sekali sehingga jangan disia-siakan begitu saja.

7. Tidak Disertai Tanda Tangan Perjanjian

Proses peminjaman uang secara online biasanya disertai dengan tanda tangan elektronik. Penanganan tanda tangan ini tidak langsung melalui aplikasinya, melainkan harus mendaftarkan diri pada pihak lain. Penandatanganan ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena ada prosedur yang harus dipenuhi berdasarkan ketentuan OJK.

Ketidaktahuan proses penandatangan elektronik ini menjadi alasan mengapa pinjaman online selalu ditolak. Daftarkan diri terlebih dahulu pada pihak yang menangani proses ini, kemudian penuhi persyaratan yang telah ditentukan, barulah bisa membuat tanda tangan. Penting sekali untuk konsisten dalam tanda tangan karena suatu saat akan dibutuhkan lagi.

8. Tidak Mengunduh Aplikasi

Banyak sekali produk pinjaman online yang mensyaratkan untuk mengunduh aplikasinya melalui Play Store. Aplikasi tersebut juga ukurannya tidak terlalu besar sehingga cukup untuk memori yang kecil. Nah, bagi calon peminjam yang tidak mengunduh aplikasi secara otomatis tidak akan bisa melanjutkan proses berikutnya.

Syarat untuk mengunduh aplikasi tersebut tentu harus memiliki ponsel pintar terlebih dahulu yang terhubung dengan sinyal internet. Bagi yang belum memiliki ponsel pintar harap segera membelinya jika ingin proses pinjaman online berlanjut. Pilihlah ponsel pintar yang sesuai dengan budget di kantong.

9. Foto Selfie Tidak Jelas

Pinjaman secara online tidak mewajibkan calon peminjam untuk datang langsung ke kantor, sehingga syarat yang harus dipenuhi adalah foto selfie. Fitur kamera ini berada di aplikasi secara langsung sehingga orang yang ingin mengajukan pinjaman tidak diperkenankan untuk mengambil foto yang berasal dari galeri ataupun mengambil foto dengan kamera biasa.

Kesalahan yang sering terjadi adalah foto yang diambil buram atau tidak dapat terbaca sehingga harus diulang lagi. Hal lain yang seringnya luput dari pandangan adalah foto yang diambil terpotong pada bagian yang tidak sesuai. Faktor tersebut harus diperhatikan dengan baik karena berkaitan dengan diterima atau tidaknya pinjaman yang diajukan.

10. Terkena Blacklist

Tentunya setiap perusahaan memiliki daftar blacklist teruntuk setiap orang yang memiliki track record tidak baik dalam hal pinjam meminjam uang. Daftar hitam ini dikumpulkan dari berbagai sumber yang berbeda dan juga dipertimbangkan dari banyak faktor. Pengumpulan data tersebut tentu bukanlah hal yang sulit karena semua data telah terekam dengan baik.

Orang yang masuk ke dalam daftar hitam tentu sudah tidak memiliki kesempatan untuk melakukan pinjaman. Pihak pinjaman online tentu tidak mau mengambil risiko yang tinggi jika nantinya akan terulang hal yang sama. Sebagai langkah yang aman, maka orang yang bermasalah tidak akan diberi pinjaman.

Ulasan menarik mengenai alasan kenapa pinjaman online selalu ditolak tersebut sangat menarik sekali untuk disimak. Informasi yang bisa didapatkan adalah jika ingin melakukan pinjaman online, usahakan untuk melengkapi semua persyaratannya dan pastikan sobat Quena yang rajin membayar hutang sebelum jatuh tempo, ya!


0 Comments

Posting Komentar