Alasan Pembayaran Kredivo Tidak Tersedia di Shopee dan Solusinya



Sobat Quena mungkin pernah mengalami kepanikan pada saat check out belanjaan dan ternyata menu pembayaran Kredivo tidak tersedia di Shopee. Bagaimana tidak, pada saat sudah terbiasa merasakan berbagai kemudahan pembayaran cicilan online Shopee melalui aplikasi Kredivo, eh lalu tiba-tiba saja menu pembayaran tersebut tidak tersedia.

Beberapa tahun ini sejak pandemi Corona merebak, tren belanja online dengan pembayaran secara kredit memang menjadi marak digunakan. Salah satu platform pembayaran kredit digital favorit yang digunakan masyarakat adalah Kredivo. Selain suku bunga yang ditawarkan rendah, Kredivo juga menyediakan banyak kemudahan, salah satunya dapat digunakan untuk berbelanja keperluan di Shopee.

Alasan Pembayaran Kredivo Tidak Tersedia di Shopee

Anjuran untuk tetap diam di rumah dan menjaga jarak dengan sesama telah menjadi gaya hidup baru di masyarakat sejak Maret tahun 2020 lalu. Keadaan ini memaksa semua lapisan masyarakat untuk beradaptasi mengerjakan semuanya secara remote dari rumah, termasuk kegiatan belanja.  Shopee dan Kredivo lalu menyambut hal ini dengan melakukan kerjasama.

Hal ini menimbulkan optimisme masyarakat di tengah situasi ekonomi yang sedang anjlok. Segala macam kebutuhan rumah tangga dan keperluan hidup lain dapat diperoleh melalui pilihan pembayaran lewat aplikasi Kredivo di Shopee. Akan tetapi kemudian tiba-tiba saja menu pembayaran Kredivo tidak tersedia di Shopee lagi. Ingin tahu alasannya? Yuk simak di sini.

1. Batas Saldo Kredivo Tidak Mencukupi

Pada saat sobat Quena melakukan check out belanjaan di Shopee dan tidak menemukan pilihan pembayaran menggunakan Kredivo, jangan panik dahulu. Coba lakukan cek saldo dana yang ada di aplikasi Kredivo terlebih dahulu. Jangan-jangan penyebab menu pembayaran Kredivo tidak tersedia di Shopee adalah karena limit dana di bawah jumlah total belanjaan di Shopee.

Contoh kasus, misalkan sobat Quena melakukan pembelian barang di Shopee dengan harga Rp 500.000., sedangkan batas dana yang dimiliki di Kredivo adalah Rp 350.000. Dengan kondisi seperti ini, ketika proses pembayaran dilakukan dengan menggunakan pilihan Kredivo maka menu tersebut tidak akan muncul karena tidak cukup dana di dalamnya.

2. Aplikasi Kredivo yang Digunakan adalah Versi Lama

Ketika seorang user masih menggunakan aplikasi Kredivo dengan versi lama, maka pada saat melakukan check out barang di Shopee, pilihan Kredivo tidak akan muncul. Untuk mengatasinya sangat mudah yaitu lakukan Kredivo update version karena menu Kredivo memang belum ada di aplikasi versi yang lama.

3. Terjadi Gangguan Teknis Pada Aplikasi

Disebabkan aplikasi online seperti Kredivo dan Shopee ini menggantungkan keberlangsungan kegiatannya pada sistem digital maka kadang kala kendala teknis bisa saja terjadi. Hal tersebut tentu saja akan menyebabkan sistem tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga pada saat pelanggan ingin memproses pembelian tidak dapat menemukan pilihan Kredivo pada menu pembayaran.

4. Kredivo Memutus Kerjasama dengan Shopee

Kabar terakhir, alasan pembayaran Kredivo tidak tersedia di Shopee adalah karena adanya pecah kongsi antara pihak Kredivo dengan Shopee. Menurut kabar yang beredar, pecah kongsi tersebut terjadi karena Shopee menciptakan menu PayLater juga bagi para pelanggannya. Hal inilah yang membuat pihak Kredivo tidak berkenan sehingga memutuskan jalinan Kerjasama.

Solusi Agar Kredivo Kembali Tersedia di Shopee

Terlepas dari segala macam alasan yang telah diuraikan diatas, sobat Quena pasti menginginkan agar Kredivo dapat kembali muncul di pilihan pembayaran Shopee. Nah jika iya, maka ada beberapa uraian to do list yang bisa dipelajari di bawah ini:

1. Segera Selesaikan Tunggakan Tagihan di Kredivo

Jika penyebab menu pembayaran Kredivo tidak tersedia di Shopee adalah karena limit dana yang akan digunakan melakukan pembayaran di Shopee kurang, maka tidak ada acara lain untuk mengatasinya kecuali melakukan pelunasan.  Dengan melakukan pelunasan maka limit kredit Kredivo akan kembali naik, sehingga dapat digunakan lagi.

2. Upgrade Aplikasi Kredivo

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terkadang Kredivo tidak tercantum di menu Shopee karena aplikasi yang digunakan masih versi yang lama. Untuk itu solusi yang dapat dilakukan adalah sebagaimana uraian di bawah ini.

  • Masuk ke aplikasi Google Play. Pada lajur search yang ada di bagian atas ketikkan tulisan Kredivo, lalu tekan enter.
  • Di layar akan segera muncul beberapa pilihan aplikasi. Sorot ke bagian aplikasi Kredivo, lalu ente kembali.
  • Hal tersebut akan mengarahkan layar ke menu utama Kredivo di Google Play. Selanjutnya di monitor akan terlihat dua kotak hijau bertuliskan pasang dan perbaiki. Tekan klik pada tombol perbaharui untuk mendapatkan versi teranyar Kredivo. Mudah bukan?

3. Lakukan Kontak dengan Call Center Kredivo

Andai saja setelah semua to do list di atas telah dikerjakan namun belum juga ada hasil, sobat Quena cobalah untuk menghubungi petugas call center. Tentu saja yang dihubungi adalah call center dari kedua belah pihak ya.

Dengan menempuh cara ini, maka pihak pelanggan akan dapat menanyakan secara langsung perihal ketidak tersedianya menu pilihan Kredivo dalam pembelian barang di Shopee. Selain akan mendapatkan penjelasan yang tepat dan akurat, menanyakan langsung juga akan dapat mencari tahu mengenai kelanjutan kerjasama antara Kredivo dan Shopee.

Apabila ternyata memang kerjasama antara Kredivo dengan pihak Shopee ini sudah benar-benar berakhir, maka user bisa segera mencari solusi lain. Pindah ke aplikasi ecommerce lainnya misalkan, bisa menjadi jalan keluar yang terbaik.

Demikianlah uraian tentang alasan mengapa menu pembayaran Kredivo tidak tersedia di Shopee, sekaligus solusi untuk mengatasinya. Semoga dengan adanya penjelasan yang ada di atas, para pelanggan Shopee yang menggunakan pilihan pembayaran melalui Kredivo, bisa mengambil langkah yang tepat sebagai solusi untuk mengatasinya.


0 Comments

Posting Komentar