Cara Daftar Kredivo Tanpa Akun Bank dan Mencairkannya ke DANA



Sobat Quena mungkin mengira jika ingin menggunakan aplikasi kredit online dari Kredivo harus memiliki rekening. Padahal ada cara daftar Kredivo tanpa akun bank dan tetap bisa melakukan kredit atau pinjaman tunai. 

Solusi utamanya adalah menautkan akun Kredivo dengan berbagai e-commerce atau dompet digital, seperti Tokopedia dan DANA.

Akun bank bukanlah persyaratan utama untuk mendaftar di Kredivo. Jadi, walaupun tidak memilikinya pengguna masih bisa menggunakan limit untuk dicairkan atau keperluan transaksi dengan solusi yang sudah disebutkan. 

Secara umum, cara daftar ini dilakukan seperti biasa. Hanya saja perlu memahami beberapa syarat agar pengajuan daftar akun Kredivo tidak ditolak.

Syarat Daftar Kredivo

Sebelum memahami lebih jauh tentang cara daftar Kredivo tanpa akun bank, sebaiknya ketahui juga persyaratannya. Sehingga nanti tidak mengalami masalah ditolak dan harus menunggu waktu yang lama agar bisa mendaftar lagi. Berikut rangkumannya:

1. WNI dan Termasuk di Rentang Usia

Aplikasi Kredivo hanya diperuntukkan bagi warga Indonesia. Selain itu, calon penggunanya minimal memiliki usia 18 tahun. Sedangkan batas maksimal bisa daftar di Kredivo adalah 60 tahun. 

Kedua syarat ini dapat diketahui dengan menyiapkan E-KTP, yang mana nantinya menjadi salah satu persyaratan dari dokumen pelengkap.

2. Memiliki Gaji di Atas Tiga Juta

Tidak sembarang pengguna bisa bergabung dalam aplikasi Kredivo. Ada proses evaluasi dan seleksi yang dilakukan oleh pihak Kredivo. 

Sebagai syarat kelayakan diterima saat pendaftaran akun, paling tidak pengguna mempunyai gaji minimal tiga juta. Pembuktian dari pendapatan tersebut dengan melampirkan slip gaji bersamaan NPWP.

3. Berada di Jangkauan Wilayah

Ada beberapa wilayah yang merupakan jangkauan dari Kredivo, yakni Sukabumi, Bandung, Solo, Cirebon, Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, dan Medan. 

Bagi pengguna yang berdomisili di luar kedelapan wilayah tersebut, maka bisa dipastikan bahwa akunnya tidak diterima. Jadi, penting sekali untuk memperhatikan persyaratan wilayah ini.

Cara Daftar Kredivo

Cara daftar Kredivo tanpa akun bank sebenarnya tidak rumit. Sobat Quena tidak perlu membuka rekening jika memang belum memilikinya. Asal semua syarat terpenuhi, maka sangat mungkin pendaftaran akun diterima.

Proses permintaan kredit dan cicilan juga sangat mudah meski tidak ada akun bank. Bahkan nantinya juga bisa dicairkan. Untuk tahapan cara mendaftar di Kredivo, dapat menyimak dan mengikuti panduan berikut:
  • Mengunduh dan menjalankan aplikasi. Pastikan sudah men-download Kredivo di market yang sesuai dengan jenis perangkat. Jika berhasil terpasang, buka halaman pertama dan pilih Get Started. Buatlah akun dengan mengetuk opsi Apply for Kredivo. Lalu teruskan menuju tahapan yang kedua.
  • Memilih jenis akun. Pada tahapan ini, pengguna diminta untuk menentukan jenis akun yang hendak digunakan nanti. Ada dua pilihan yang diberikan, yakni Basic dan Premium. Pengguna dapat menentukannya dengan melihat kemampuan dalam membayar tagihan. Jika muncul pop-up yang berisi rincian persyaratan, lanjutkan prosesnya dengan menekan Continue.
  • Mengunggah data diri. Pada tahapan selanjutnya, dokumen-dokumen yang sudah disinggung pada bagian syarat harus disertakan, termasuk e-KTP, NPWP, serta slip gaji. Selain itu, pengguna harus melakukan selfie secara jelas dengan memegang e-KTP. Selanjutnya tekan Submit.
  • Mengisi formulir. Ada lembar formulir yang harus dilengkapi dengan baik oleh pengguna, khususnya di kolom pekerjaan dan penghasilan. Misalkan jika ingin meminjam Rp30 juta dengan tenor 12 bulan, tentu harus melampirkan pekerjaan yang sepadan agar pemberi pinjaman yakin.
  • Menghubungkan dengan e-commerce. Selanjutnya hubungkan Kredivo dengan akun e-commerce yang sebelumnya pernah membuat transaksi. Selain itu, produk dikirim langsung ke alamat yang tertera pada e-KTP. Proses ini bertujuan untuk verifikasi alamat. Tunggu notifikasi dari Kredivo.
Melihat penjelasan di atas, tentu sangat mudah melakukan cara daftar Kredivo tanpa akun bank. Platform ini memang sudah menghapus persyaratan pengiriman bukti memakai internet banking. Lalu menggantinya dengan NPWP beserta slip gaji.

Mencairkan Limit ke Akun DANA

Jika pengguna tidak memiliki akun bank, apakah masih bisa mencairkan limitnya dan dipakai untuk kegiatan transaksi lain? Jawabannya tentu bisa. Sebab Kredivo sendiri telah terhubung dengan lebih dari 350 e-commerce. 

Kredit dan cicilan yang diambil dari Kredivo dapat dicairkan secara mudah memakai dompet digital DANA. Jadi tidak perlu internet banking.

Bahkan proses pencairan limit ke akun DANA ini tergolong cepat dan tidak memerlukan persyaratan khusus. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Buka e-commerce Tokopedia untuk melakukan top up saldo DANA.
  • Carilah toko yang memberikan produk tersebut.
  • Baca deskripsi dan temukan harga yang tepat.
  • Lalu ketuk Beli Sekarang.
  • Pada proses pembayaran, tap opsi cicilan tanpa kartu kredit.
  • Ketuk metode dengan menggunakan Kredivo.
  • Tentukan pula tenor berikut tipe pembayaran yang diinginkan, lalu tekan Bayar.
  • Masuklah ke akun Kredivo.
  • Pada halaman toko, kirim format pesan: DANA : NOMOR TELEPON : SALDO.
  • Tunggulah limit Kredivo ditambahkan menjadi saldo DANA.
Perlu dimengerti juga bahwa pencairan tanpa kartu rekening ini dikenakan biaya layanan 3% dari besar saldo yang dikirim ke DANA. Namun tak perlu khawatir! Sebab seluruh biaya secara otomatis akan diambilkan dari limit tersebut. 

Selanjutnya pengguna bisa langsung memakainya untuk membeli barang, dijadikan sebagai uang tunai, dan memenuhi kebutuhan hidup.

Itulah cara daftar Kredivo tanpa akun bank berikut mencairkannya menjadi saldo DANA. Secara umum, proses pendaftaran bisa dilakukan seperti biasanya, asal syarat-syarat terpenuhi supaya pengajuan diterima. 

Sobat Quena bisa mengambil kredit dan cicilan meski tanpa kartu rekening, karena persyaratan ini sudah lama ditiadakan. Paling penting adalah NPWP beserta slip gaji.




0 Comments

Posting Komentar