Wajib Tahu! Ini Cara Hapus Akun Easy Cash Untuk Keamanan



Easy Cash adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman dana tunai secara online yang memiliki ijin resmi dari OJK. Karena itu peminjaman dana dari Easy Cash dinilai cukup aman dan terpercaya sehingga data yang diberikan saat pengajuan tidak bocor ke pihak lain.

Saat pertama kali mengajukan pinjaman biasanya Easy Cash akan meminta sejumlah dokumen untuk verifikasi seperti identitas diri dan dokumen pendukung lainnya. Semua data tersebut diperiksa kebenaran dan kelayakannya lalu disimpan sebagai arsip selama debitur melakukan pembayaran cicilan.

Setelah debitur menyelesaikan pembayaran seluruh pinjaman dan aneka biaya tambahan lain jika ada, sebenarnya data ini tidak dibutuhkan lagi. Tapi umumnya pihak Easy Cash masih menyimpan data tersebut untuk tujuan memberikan informasi promosi dan memudahkan debitur jika ingin mengajukan pinjaman lagi.

Alasan penyimpanan data sebenarnya tidak menyalahi aturan asalkan tujuannya tidak menyimpang dan tidak disalahgunakan. Jika debitur memang ingin mengajukan pinjaman lagi, data yang ada memang bisa berguna untuk memudahkan kelancaran proses sebagai bukti rekam jejak kelancaran pembayaran.

Tapi bagaimana jika mantan debitur tidak ingin mengajukan pinjaman lagi dan tidak mau menerima aneka promosi yang diberikan oleh pihak Easy Cash? Tentunya data ini harus dihapus dari arsip Easy Cash dan aplikasi layanan online-nya dihentikan pada handphone yang digunakan.

Untuk melakukan hal tersebut, simaklah pembahasan berikut ini tentang cara hapus akun Easy Cash di handphone agar tidak lagi memiliki akses untuk data pribadi dan perangkatnya.

Mengapa Akun Harus Dihapus?

Seperti yang dibahas sebelumnya, untuk mendapatkan pinjaman dana tunai dari Easy Cash, calon debitur harus memberikan data pribadi termasuk nomor handphone untuk proses pengajuan dan verifikasi. Lalu juga diminta untuk memasang aplikasi Easy Cash di handphone.

Tujuannya adalah untuk memberi informasi pada debitur tentang kontrak perjanjian kredit yang sudah disetujui, jumlah atau nominal cicilan pembayaran tiap bulan dan tanggal jatuh temponya. Selain itu juga dilengkapi dengan data pembayaran dan masih berapa kali cicilan yang harus dibayar.

Aplikasi ini juga menyediakan aneka fitur pendukung seperti promosi dan pengajuan baru sehingga memudahkan jika debitur ingin mengajukan pinjaman lagi langsung dari aplikasi. Karena data pembayaran pinjaman sebelumnya ditampilkan dalam aplikasi, debitur memiliki bukti rekam jejak yang baik.

Ada banyak alasan mengapa akun Easy Cash harus dihapus setelah proses pembayaran selesai dan tidak ingin mengajukan pinjaman baru lagi. Berikut ini alasannya:

  • Mantan debitur tidak ingin mengajukan pinjaman baru.
  • Merasa terganggu atau tidak nyaman dengan pesan promosi yang dikirimkan.
  • Kekhawatiran terjadinya kebocoran data pribadi.
  • Akses pada perangkat untuk data kontak, kamera, penyimpanan data atau SMS.
  • Akses data lokasi melalui GPS.

Sebetulnya hal yang paling mengkhawatirkan adalah terjadinya kebocoran data yang barangkali tidak disengaja atau “tercuri” sehingga data pribadi tersebar ke pihak yang tidak berwenang memilikinya.

Langkah-langkah Untuk Menghapus Akun

Karena akun debitur terdaftar di sistem Easy Cash dan pada aplikasi di handphone pribadi, cara hapus akun Easy Cash harus dilakukan pada dua platform tersebut. Tujuannya agar semuanya terhapus dan tidak meninggalkan jejak data dimanapun. Ikutilah langkah-langkahnya berikut ini untuk melakukannya:

1. Menghubungi Customer Service Easy Cash

Hubungilah pihak Customer Service Easy Cash lalu ajukanlah permohonan penghapusan data akun dalam arsip mereka. CS bisa dihubungi melalui aplikasi maupun menghubungi langsung melalui telepon. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Easy Cash di handphone.
  • Pilihlah menu “Bantuan” dan ajukan keinginan menghapus akun Easy Cash milik pribadi.
  • CS akan memberi arahan untuk proses penghapusan akun.
  • Ikuti arahannya hingga selesai dan CS akan menyatakan bahwa permohonan tersebut akan diproses.
  • Nanti pihak CS akan menyampaikan konfirmasi penghapusan akun melalui email yang pernah didaftarkan.

Jika ingin menghubungi langsung maka CS Easy Cash bisa ditelepon di (021) 50200060 pada jam kerja selama 7 hari seminggu. Alternatif lain adalah melalui email ke service@geteasycash.asia.

2. Hapus Aplikasinya di Hp

Setelah mendapatkan konfirmasi dari CS Easy Cash, langkah berikutnya adalah menghapus aplikasi Easy Cash yang terpasang di handphone dan menghentikan aksesnya pada handphone mantan debitur. Begini cara hapus akun Easy Cash di handphone:

Temukan icon aplikasi Easy Cash di handphone lalu tekan agak lama hingga keluar pilihan “Uninstall” (buang).

  • Lalu tekan “Ya” (yes) untuk memastikan.
  • Kemudian masuklah ke mode “Pengaturan” (setting) di handphone.
  • Pilihlah menu “Aplikasi” (apps).
  • Tekan opsi “Pengaturan Aplikasi” (manage apps). Lihatlah apakah icon aplikasi Easy Cash masih terlihat di daftar aplikasi yang ditampilkan.
  • Jika masih ada, tekanlah icon tersebut lalu pilih “Uninstall”.

Untuk menjaga keamanan data di handphone, periksa juga akses yang pernah diberikan pada Easy Cash saat pengajuan dulu. Begini cara memeriksanya:

  • Masuklah ke mode “Pengaturan” (setting) pada handphone.
  • Pilihlah menu “Aplikasi” (apps).
  • Tekanlah opsi “Ijin” (permission), nanti akan ditampilkan berbagai jenis ijin yang ada dalam sistem.
  • Pilih “Ijin Kontak” (contact permission) dan lihatlah apakah masih ada icon Easy Cash. Jika ada hentikanlah aksesnya dengan menggeser panel ke kiri sehingga terlihat berwarna abu-abu bukan hijau lagi.
  • Lakukan hal yang sama pada ijin lain seperti lokasi, SMS, kamera, log panggilan telepon dan ijin lainnya.
  • Pastikan semuanya sudah tidak ada akses lagi.

Demikianlah cara hapus akun Easy Cash secara tuntas baik di pusat penyimpanan data perusahaan Easy Cash maupun di aplikasinya di handphone. Dengan begitu akun dan data pribadi tidak bisa diakses lagi oleh siapapun sehingga keamanan mantan debitur tetap terjaga.


0 Comments

Posting Komentar