Inilah 5 Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku dengan Mudah



Apakah sobat Quena berubah pikiran setelah mengajukan pinjaman di Aplikasi Tunaiku? Jangan khawatir, karena terdapat beberapa cara membatalkan pinjaman di Tunaiku dengan sangat mudah. 

Selain itu, proses pembatalan ini juga dapat diselesaikan secara online. Sehingga bisa memudahkan calon peminjam apabila berada di daerah terpencil. Ingin tahu bagaimana cara pembatalan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Ketahui Syarat Pembatalan

Sebelum melakukan pembatalan pinjaman di aplikasi Tunaiku, peminjam perlu mengetahui soal persyaratannya. Mengapa? 

Karena jika nasabah peminjam tidak mengetahui syarat-syarat tersebut maka bisa dipastikan pengajuan pembatalan pinjaman akan otomatis ditolak oleh pihak Tunaiku. Adapun syarat-syarat tersebut yang harus diperhatikan, diantaranya:

  • Proses transaksi pengajuan pinjaman belum disetujui oleh sistem dari pihak Aplikasi Tunaiku.
  • Masih dalam masa tunggu verifikasi identitas dan kelayakan nasabah. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi ini berkisar 5 hingga 20 menit. Dalam kurun waktu tersebut peminjam bisa melakukan pengajuan pembatalan pinjaman dengan menghubungi Customer Service di Aplikasi Tunaiku.
  • Transaksi pengajuan pinjaman masih belum tercatat di sistem atau server Aplikasi Tunaiku
  • Uang pinjaman belum masuk ke rekening nasabah yang tertera di Aplikasi Tunaiku saat pengajuan pinjaman.

Apabila untuk kasus uang pinjaman sudah masuk ke rekening nasabah, maka pembatalan pinjaman tidak bisa dilakukan. Namun, terdapat solusi untuk kasus tersebut yaitu dengan melakukan pembayaran atau pelunasan lebih awal dari masa tenor.

Biasanya pada kasus ini nasabah harus membayar dengan bunga yang lebih besar dari perjanjian awal. Dan biasanya nasabah akan dikenakan denda karena telah melanggar perjanjian dan kesepakatan yang telah dilakukan.

2. Hubungi Customer Service

Setelah memahami seluruh persyaratan pembatalan dan ingin  tetap melanjutkan pengajuan pembatalan, maka Sobat Quena bisa menghubungi Customer Service Aplikasi Tunaiku. 

Pasalnya, di dalam aplikasi Tunaiku tidak ada fitur pembatalan pengajuan pinjaman. Sehingga jika nasabah ingin melakukan pembatalan, harus menghubungi Customer Service terlebih dahulu. Nasabah bisa menghubungi CS Tunaiku melalui kontak berikut:

  • Telepon: +62811 3226 6859
  • E-mail: tanya@amarbank.co.id
  • Facebook: @tunaikucom
  • Instagram: @tunaikucom

Untuk nasabah peminjam bisa menghubungi salah satu kontak customer service tersebut. Apabila menghubungi melalui telepon, maka nasabah perlu menyiapkan pulsa sebesar Rp20.000. 

Mengapa seperti itu? Karena setiap melakukan panggilan ke CS Tunaiku akan dikenakan tarif sebesar Rp300 hingga Rp1.300 per menitnya. 

Selain itu, bisa mencoba mengirim E-mail kepada CS Tunaiku, hanya saja prosesnya akan berjalan lebih lambat. Waktu yang diperlukan jika melakukan pembatalan melalui E-mail biasanya lebih dari 1x24 jam.

3. Sampaikan Informasi Pengajuan Pembatalan

Setelah terhubung dengan Customer Service Tunaiku, selanjutnya nasabah bisa menjelaskan mengenai pengajuan pembatalan pinjaman. Adapun informasi yang harus disampaikan oleh nasabah kepada Customer Service agar pengajuan pembatalan pinjaman disetujui, yakni :

  • Jelaskan jumlah pinjaman yang diajukan beserta tenornya. Nasabah perlu menjelaskan hal tersebut secara detail baik jumlah pinjaman, masa tenor, hingga besaran pelunasan pinjaman yang telah diajukan. 
  • Apabila nasabah telah menghubungi melalui E-mail CS Tunaiku, maka sebaiknya lampirkan bukti pengajuan pinjaman di Aplikasi Tunaiku. Selain sebagai bukti pengajuan pinjaman, tindakan ini juga bisa mempermudah CS Tunaiku untuk memproses pembatalan.
  • Sampaikan alasan pembatalan pengajuan. Setelah menjelaskan mengenai pinjaman yang ingin dibatalkan secara detail, maka jangan lupa untuk menyampaikan alasan pembatalannya.
  • Alasan pembatalan yang disampaikan harus jelas dan logis agar pihak Tunaiku menyetujui pembatalan tersebut. Sebagai informasi, beberapa alasan yang bisa disampaikan yakni sudah mendapatkan pinjaman yang lain terlebih dahulu, bunga yang diberikan terlalu besar, atau salah menentukan pinjaman.
  • Sepakati bahwa Bersedia Bayar Denda. Biasanya, pasca nasabah melakukan pengajuan pembatalan setelah uang dikirim ke rekening, maka akan dikenakan denda. Besaran denda yang harus dibayarkan biasanya 5% dari jumlah pinjaman yang tersisa. 

Jadi, jangan lupa untuk menyepakati besaran sisa pinjaman dengan bunga sekaligus denda sebesar 5% dari sisa pinjaman.

4. Tunggu Email Konfirmasi

Setelah melakukan beberapa tahapan diatas mengenai cara membatalkan pinjaman di Tunaiku, selanjutnya nasabah hanya menunggu E-mail konfirmasi. Biasanya E-mail persetujuan pembatalan ini dikirim maksimal dalam kurun waktu 2x24 jam selama hari kerja.

konfirmasi persetujuan pembatalan pinjaman juga bisa dicek melalui aplikasi Tunaiku secara langsung. Apabila nasabah melakukan panggilan telepon dalam mengajukan pembatalan, tidak menutup kemungkinan konfirmasi persetujuan akan disampaikan melalui telepon kembali.

Dalam waktu tunggu konfirmasi ini, sebaiknya sobat Quena rajin mengecek notifikasi Email ataupun pemberitahuan di aplikasi Tunaiku. Apabila dalam kurun waktu lebih dari 2x24 jam dan dalam hari kerja tidak terdapat pemberitahuan, maka bisa dipastikan pengajuan pembatalan tersebut ditolak oleh pihak Tunaiku.

5. Datangi Kantor Tunaiku

Untuk cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membatalkan pinjaman Tunaiku yaitu dengan mendatangi kantor resmi atau kantor cabang Tunaiku. 

Nasabah bisa meminta bantuan membatalkan pinjaman Tunaiku langsung di Bank Amar yang menjadi pusat perbankan dari Tunaiku. Bank Amar ini bisa ditemukan di beberapa kota besar, misalnya Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, dsb.

Sebelum mendatangi Bank Amar, sebaiknya nasabah membawa dokumen fotokopi KTP, KK, serta bukti melakukan pengajuan pinjaman di Tunaiku. 

Melalui Bank Amar ini, nasabah tetap harus menjelaskan mengenai pinjaman yang telah dilakukan di Tunaiku. Dan alasan pengajuan pembatalan pinjaman serta bersedia menanggung konsekuensi yang diberikan.

Begitulah gambaran dari cara membatalkan pinjaman di Tunaiku. Dari beberapa cara tersebut memang mudah dilakukan untuk sobat Quena. Namun, sebelum mengajukan pinjaman sebaiknya perlu dipikirkan secara matang dahulu tentang segala resikonya. 

Agar nasabah tidak menyesal di kemudian hari. Terlebih jika pengajuan pembatalan pinjaman tadi ditolak, maka nasabah akan rugi banyak.



0 Comments

Posting Komentar