Begini Cara Membatalkan Pinjaman Shopee Paylater Paling Mudah dan Cepat

 

cara membatalkan pinjaman shopee paylater

Sobat Quena pasti sudah sangat familiar dengan Shopee Paylater. Namun, sudah tahu belum, bagaimana cara membatalkan pinjaman Shopee Paylater? Fitur yang memberikan pinjaman dengan limit tertentu ini memang sangat membantu para pembeli dalam aktivitas belanja. Pembeli dapat membeli barang yang diinginkan dan membayarnya pada saat jatuh tempo.

Fitur ini juga memberikan penawaran limit pinjaman yang terus meningkat seiring dengan riwayat pembayaran cicilan yang baik atau tepat waktu. Namun bagaimana jika pinjaman Shopee Paylater tersebut ingin dibatalkan?

Tenang, ada cara yang sangat mudah untuk membatalkan Shopee Paylater. Namun, sebelum membahas cara membatalkan pinjaman Shopee Paylater, ketahui dahulu penyebab dan syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan pembatalan tersebut.

Penyebab Pembatalan Shopee Pay Later

Pembelian menggunakan Shopee Paylater memang sangat menyenangkan, tinggal pilih barang yang disuka dan bisa membayarnya nanti ketika jatuh tempo. Namun pembeli sering kali melakukan pembatalan barang yang dipesan menggunakan Shopee Paylater tersebut. Pengambilan keputusan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa aspek, seperti berikut ini:

  • Bunga Shopee Paylater yang dirasa cukup tinggi. Sobat Quena pastinya sudah tahu bahwa bunga yang ditawarkan oleh Shopee Paylater terbilang cukup tinggi, yakni mencapai 2,95% per bulan. Tingkat bunga tersebut tentu dirasa cukup tinggi bagi sebagian kalangan. Hal itu membuat banyak yang mencari cara membatalkan pinjaman Shopee Paylater yang terlanjur diproses tersebut.

  • Ada tawaran KTA yang lebih menarik dari pihak lain. Semakin maraknya pinjaman online membuat sebagian besar platform kredit berlomba memberikan tawaran pinjaman yang semakin menarik. Tawaran bunga yang lebih rendah pada platform lain tentu menjadi alasan terbesar pembatalan Shopee Paylater tersebut.

  • Ingin mengubah spesifikasi pesanan. Ketidaktelitian atau terburu-buru merupakan faktor yang sering menyebabkan kesalahan dalam memilih spesifikasi atau bahkan alamat sehingga berakibat pada pembatalan pesanan. Masalah ini akan berujung pada pembatalan Shopee Paylater yang digunakan untuk memesan barang tersebut.

Syarat Pembatalan Shopee Pay Later

Jika ingin membatalkan Shopee Paylater, Sobat Quena harus mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat yang harus ada untuk melakukan pengajuan pembatalan tersebut. Untuk itu, simak beberapa syarat yang harus dipenuhi berikut ini:

1. Barang yang Dibeli Masih Dalam Proses Pengemasan

Pihak Shopee Paylater hanya akan menyetujui pengajuan pembatalan, jika barang masih dalam status dikemas. Proses pengemasan pesanan setiap toko tentu berbeda, pastikan untuk selalu mengecek status pesanan yang bisa dilihat pada menu pesanan saya.

2. Pembatalan Disetujui Oleh Pembeli

Pihak Shopee Paylater juga akan mempertimbangkan keputusan dari pihak penjual. Apabila penjual tidak menyetujui pengajuan tersebut, maka pembatalan tidak bisa dilakukan.

Masalah ini acap kali muncul ketika barang sudah dalam proses pengemasan oleh penjual. Untuk mengetahui status tersebut, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Masuk ke akun Shopee.

  • Klik menu Saya.

  • Tap ikon dikemas pada menu pesanan saya.

  • Cek, ada atau tidak status pembeli sedang menyiapkan pesanan.

Jika status itu tidak ada, maka proses pengajuan pembatalan Shopee Paylater kemungkinan masih bisa dilakukan. Namun jika sebaliknya, maka kemungkinan terbesar penjual akan menolak pengajuan tersebut sehingga pembatalan tidak akan disetujui oleh Shopee Paylater.

Cara Membatalkan Shopee Paylater

Nah, setelah memahami penyebab dan syarat pembatalan Shopee Paylater, langkah selanjutnya adalah melakukan pembatalan tersebut. Sobat Quena bisa memilih beberapa cara membatalkan pinjaman Shopee Paylater berikut ini:

1. Lakukan Pembatalan Shopee Paylater Via Email

Cara pertama yang bisa dicoba untuk membatalkan Shopee Paylater adalah dengan mengirimkan email kepada pihak Shopee. Lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Tulis email berupa alasan pembatalan Shopee Paylater yang sangat meyakinkan.

  • Kirim Email ke alamat support@shoppe.co.id.

  • Tunggu beberapa saat hingga pihak shopee memberikan balasan.

  • Apabila pihak Shopee menerima pengajuan tersebut, maka Shopee Paylater otomatis akan dibatalkan.

Meskipun cukup mudah, namun cara tersebut terbilang masih kurang efektif karena butuh waktu lama untuk mendapatkan respon dari pihak Shopee. Di sisi lain, proses verifikasi Shopee Paylater hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 menit. Sehingga sangat kecil kemungkinan keberhasilan pembatalan Shopee Paylater tersebut.

2. Melakukan Pembatalan Shopee Paylater Via Telepon

Cara membatalkan pinjaman Shopee Paylater yang patut dicoba selanjutnya yakni dengan melakukan panggilan kepada Call Center Shopee. Caranya sangat mudah, cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Telepon Call Center Shopee melalui nomor 021 39500300 atau ke nomor 150071.

  • Tunggu beberapa saat hingga panggilan tersebut terhubung.

  • Jika sudah terhubung, sampaikan permasalahan dan keinginan untuk membatalkan Shopee Paylater kepada petugas Customer Service Shopee.

  • Jika alasan dapat diterima, maka petugas akan melakukan pengecekan dan memproses pembatalan tersebut.

  • Ketika pembatalan telah berhasil, akan muncul notifikasi dari Shopee.

3. Lakukan Pembatalan Shopee Paylater Via Aplikasi Shopee

Cara terakhir ini terbilang paling mudah dan paling cepat dari kedua cara di atas. Hanya melalui aplikasi Shopee maka Shopee Paylater akan dibatalkan secara otomatis. Yuk, simak step berikut ini agar pembatalan Shopee Paylater semakin mudah dan cepat!

  • Buka aplikasi Shopee

  • Tab menu saya

  • Klik ikon dikemas pada pesanan saya

  • Pilih pesanan yang ingin dibatalkan

  • Tab menu batalkan pesanan

  • Pilih salah satu alasan pembatalan pesanan yang paling sesuai

  • Jika proses pembatalan pesanan berhasil, maka Shopee Paylater akan langsung dibatalkan secara otomatis.

Nah, itulah beberapa cara membatalkan pinjaman Shopee Paylater yang bisa Sobat Quena coba. Namun, pastikan juga bahwa syarat-syarat pembatalan telah terpenuhi sehingga pengajuan dapat diterima oleh pihak Shopee Paylater.

0 Comments

Posting Komentar