Cara Mengajukan Limit Shopee Pay Later Terkini dan Risiko Dendanya

 

cara mengajukan limit shopee paylater

Semakin hari semakin banyak orang yang ingin tahu seputar cara mengajukan limit Shopee PayLater. Ini tentu saja bukan hal mengherankan sebab kini Shopee sudah bak platform belanja online yang mendunia di pasar digital mancanegara. Didukung dengan berbagai promo menggiurkan, tidak ayal bila masyarakat merasa harus memanfaatkan layanan Shopee PayLater.

Namun penting diketahui, seperti halnya fasilitas kredit di bidang keuangan lainnya, PayLater ini juga memiliki limit. Nah, jika sobat Quena termasuk yang penasaran dengan cara mengajukan limit saldo Shopee PayLater, silahkan simak terus uraian dalam ulasan di bawah ini sampai selesai!

Cara Mengajukan Limit Shopee PayLater Terkini

Mungkin ada Sebagian sobat Quena yang bertanya, apa sih sebenarnya Shopee PayLater itu? Jadi begini, pada dasarnya Shopee PayLater adalah sejenis kemudahan pembayaran atas transaksi pembelian yang telah dilakukan oleh customer Shopee. Nantinya pembayaran tagihan ini dapat dicicil dengan jangka waktu yang fleksibel sesuai kemampuan sang pelanggan. Beginilah caranya:

1. Mengaktifkan Fitur Shopee PayLater

Nah, Cara mengajukan limit Shopee PayLater yang pertama kali adalah tentu saja harus  mengaktifkan fitur Shopee PayLater terlebih dahulu. Dan ternyata tidak semua pelanggan Shopee bisa mendapatkan kemudahan berbelanja yang satu ini. Beberapa persyaratan utama yang harus diperhatikan adalah:

  • Customer telah mengaktifkan dana verifikasi shopeePay

  • Memiliki akun yang telah aktif selama kurang lebih 3 bulan.

  • Melakukan update aplikasi shopee teranyar di Play Store.

Jika ketiga syarat telah dipenuhi, maka fitur PayLater telah siap untuk digunakan. Namun untuk memastikannya, sobat Quena bisa mencobanya dengan cara melakukan pembelian dengan jumlah di bawah Rp 1 juta rupiah. Untuk pembayarannya pilihlah Shopee PayLater. Jika ternyata menu PayLater ini tidak tersedia, maka berarti persyaratan dianggap belum terpenuhi oleh pihak Shopee.  

2. Mengajukan Permohonan Penambahan Limit

Cara mengajukan limit Shopee PayLater berikutnya adalah melalui pengajuan permohonan kepada pihak Shopee. Untuk kelengkapan dokumen yang diperlukan dalam proses ini adalah foto diri, fotokopi kartu identitas yang berlaku, nomor telepon yang aktif, serta nama dan nomor kontak darurat (bisa suami/istri atau saudara yang paling dekat).

Selain semua kelengkapan di atas, persiapkan juga data lain yang diperlukan seperti nama ibu kandung dan data dari pekerjaan atau usaha yang sedang dikelola. Tidak lupa juga lengkapi data mengenai penghasilan per bulan, status pernikahan dan alamat tempat tinggal. Nah, jika semua sudah siap, maka lakukan beberapa langkah berikut:

  • Bukalah aplikasi Shopee yang ada di perangkat. Kemudian carilah menu “Saya” yang posisinya persis ada di bagian kanan bawah paling pojok dari aplikasi.

  • Langkah berikutnya, pilihlah menu "Shopee PayLater" yang sudah diaktifkan sebelumnya.

  • Kemudian di dalam menu Shopee PayLater akan muncul tulisan “Dapatkan tambahan kredit”, pada bagian ini pilih “Ajukan“. Setelah proses ini nanti akan masuk ke halaman baru berupa pengisian formulir pengajuan kenaikan limit pada Shopee PayLater.

  • Input semua data informasi yang ditanyakan pada form yang telah disediakan. Pastikan jika semua isian telah benar dan sesuai kenyataan. Jangan lupa sertakan juga pengunduhan kartu identitas diri dan foto

  • Setelah semua data terisi dengan benar, tekan tanda “OK“, dan ini berarti semua proses pengajuan telah selesai dilakukan. Sekarang tinggal menunggu pemberitahuan dari pihak Shopee apakah pengajuan limit PayLater ini akan disetujui atau tidak.

3. Melalui Shopee PayLater Otomatis

Apabila dirasakan cara mengajukan limit Shopee PayLater sebagaimana yang telah dijelaskan di atas dianggap tidak praktis, maka pelanggan Shopee juga bisa menaikkannya otomatis dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama: Lakukan pembayaran cicilan pada setiap tagihan Shopee PayLater tepat pada waktunya. Pembayaran tepat waktu ini nantinya secara tidak langsung akan dapat meningkatkan posisi kredibilitas akun pelanggan. Dampak dominonya, tentu saja akan dapat menambah kepercayaan dari bagian finance pihak Shopee.

  • Langkah berikutnya: Tambah frekuensi kegiatan pembelian dengan memakai fitur Shopee PayLater. Tujuan dilakukannya cara ini adalah agar aktivitas transaksi pembelian dari pelanggan dapat menghasilkan grafik yang menarik atensi pihak Shopee. Tentu saja terjadinya grafik peningkatan tersebut akan membuat pihak Shopee menambah batas  kredit PayLater pelanggan secara otomatis.

Informasi Seputar Denda Shopee PayLater Pasca Pengajuan Limit

Kehadiran fasilitas PayLater pada Shopee sangat memanjakan pelanggannya karena semakin banyak saja kemudahan yang diperoleh. Apalagi jangka waktu pembayaran tagihan Shopee PayLater sangat fleksibel dan variatif, yaitu mulai dari cicilan 3, 6 bahkan ada yang sampai 12 bulan, dengan suku bunga rendah.

Sedangkan untuk waktu pembayaran, Shopee memberikan pilihan pada pelanggannya akan membayar tagihan pada setiap tanggal 5 atau 25 setiap bulannya. Namun meski banyak kemudahan, Shopee juga menetapkan sanksi bagi para pelanggan yang sudah mengajukan limit kemudian mengalami keterlambatan pembayaran, yaitu:

  • Dikenakan pembayaran denda sebesar 5% dari jumlah transaksi yang harus dibayarkan pada bulan itu.

  • Diberlakukannya pembatalan akun Shopee dari user yang melakukan kelalaian kewajiban sehingga terlambat dalam melunasi kewajibannya.

  • Jika pelanggan ternyata memiliki voucher atau kartu diskon, maka pihak Shopee berhak untuk melakukan pengurangan dalam penggunaannya sebagai efek jera.

  • Memasukkan data pribadi sang pelanggan ke dalam daftar Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK. Hal ini dilakukan sebagai red notice bagi penyedia jasa pelayanan keuangan lainnya.

  • Dilakukan penagihan ke alamat rumah pelanggan.

Nah, itulah beberapa cara mengajukan limit Shopee PayLater yang sobat Quena harus tahu. Ingat ya, banyaknya kemudahan dalam berbelanja harus disikapi dengan sikap yang bijaksana. Gunakan fitur ini untuk kegiatan yang positif dan produktif. Sampai di sini uraian singkat mengenai PayLater dari Shopee. Semoga dapat memberikan wawasan baru.

0 Comments

Posting Komentar