Gagal Menghubungkan Akun Digital Kredivo? Yuk, Cek Beberapa Alasan dan Solusinya!

 

gagal menghubungkan akun digital kredivo

Banyak sekali yang mengeluh telah mengalami kejadian gagal menghubungkan akun digital Kredivo pada saat melakukan proses pembayaran. Tentu saja kejadian ini sangat tidak diinginkan, ya sobat Quena karena menimbulkan ketidaknyamanan pada saat belanja.

Efisiensi waktu menjadi tidak dapat tercapai karena semua proses belanja jadi harus dimulai lagi dari awal.

Hingga saat ini Kredivo masih menduduki peringkat atas sebagai pilihan utama bagi para pengguna pembayaran kredit di Indonesia. Bayangkan saja, sejak awal launching aplikasi gratis ini telah mampu menjaring lebih dari 5 juta orang untuk bergabung sebagai pengguna.

Nah, jika sobat Quena termasuk pengguna yang ingin tahu lebih detail mengenai permasalahan di atas, baca ulasan berikut ini:

Alasan Gagal Menghubungkan Akun Digital Kredivo

Banyaknya nama besar merchant ecommerce sebagai partner di Kredivo, membuat warga masyarakat berbondong-bondong masuk menjadi pengguna. Hal ini menjadi daya Tarik karena dengan begitu, pilihan barang yang dibeli menjadi bervariasi.

Lalu mengapa bisa terjadi peristiwa gagal menghubungkan akun Kredivo pada saat proses pembayaran?

1. Belum Pernah Ada Transaksi dengan E-commerce Tujuan

Kesalahan yang satu  ini banyak sekali dilakukan oleh para pengguna aplikasi Kredivo sehingga mengalami kegagalan menghubungkan pembayaran pada e-commerce tujuan.

Padahal syarat utama dan pertama agar pembayaran dapat diproses melalui Kredivo, sang pengguna harus sudah pernah melakukan transaksi dengan e-commerce tersebut sebelumnya.

Riwayat transaksi yang dilakukan itu harus berada dalam rentang waktu 1 minggu sebelum penggunaan fasilitas bayar menggunakan Kredivo.

Untuk itu penting sekali bagi para pengguna selalu melakukan re-cek ulang terhadap riwayat transaksi pembelian yang dilakukan.  

2. Terjadi Gangguan Jaringan

Seperti yang sudah diketahui, sistem yang digunakan baik oleh pihak aplikasi Kredivo dan semua ecommerce adalah sebuah program yang menggunakan jaringan data. Sistem jaringan data ini tentu sangat rentan sekali mengalami gangguan dengan banyak faktor sebagai pencetusnya.

Perubahan cuaca dan kerusakan jaringan adalah salah satu dari beberapa alasan yang banyak terjadi. Keadaan itu akan menyebabkan pengguna menjadi gagal menghubungkan akun digital Kredivo sebagai fasilitas pembayaran pada saat proses check out barang di e-commerce.

3. Belum Punya Akun Kredivo

Terkadang ada pelanggan ecommerce tertarik untuk menggunakan fasilitas kredit yang ditawarkan Kredivo. Akan tetapi pada saat proses check out barang, ternyata akun Kredivo tidak dapat atau gagal untuk dihubungkan. Jika hal ini terjadi, maka coba cek apakah pengguna ecommerce tersebut sudah memiliki akun Kredivo atau belum.

Meski sangat sepele, akan tetapi pada kenyataannya banyak kejadian seperti ini yang muncul sebagai alasan. Jadi perlu untuk ditegaskan sekali lagi kepada para pengguna ecommerce bahwa syarat utama agar Kredivo bisa disambungkan adalah memiliki akun Kredivo agar pembayaran dapat diverifikasi.

Solusi Mengatasi Gagal Menghubungkan Akun Digital Kredivo

Di atas sudah dijelaskan beberapa alasan yang mungkin timbul sehingga terjadi kegagalan proses mengaitkan antara Kredivo dengan akun ecommerce. Nah, di bawah ini akan disajikan solusi guna mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut:

1. Gagal Karena Belum Memiliki Akun Kredivo

Solusi bagi permasalahan yang ini hanya ada satu, yaitu membuka akun kredivo. Dengan membuat akun maka otomatis kejadian gagal menghubungkan akun digital Kredivo pada saat melakukan proses pembayaran dengan e-commerce tidak akan terulang kembali. Bagaimana langkahnya?

  • Langkah Pendaftaran Kredivo untuk Level Basic. Masuk ke aplikasi Kredivo, cari menu pendaftaran, kemudian pilih akun Basic. Lanjutkan dengan melengkapi data identitas pribadi sekaligus input foto KTP sebagaimana petunjuk yang disediakan. Berikutnya ambil foto diri yang akan digunakan untuk verifikasi. Setelah selesai klik submit dan tunggu pemberitahuan dari pihak Kredivo untuk tahapan selanjutnya.

  • Langkah Pendaftaran Kredivo untuk Level Premium. Sama dengan tahapan di atas, buka aplikasi Kredivo, masuk ke menu pendaftaran, kemudian pilih akun Premium. Input foto KTP, lakukan foto diri sebagai bahan verifikasi, selanjutnya kaitkan akun kredivo dengan riwayat transaksi sebagai bukti lokasi kediaman. Masukkan foto NPWP sebagai bukti pendapatan tetap. Isi formulir data diri dan yang terakhir tunggu konfirmasi dari Kredivo.

2. Gagal Karena Proses Belum Final

Meskipun seluruh langkah, persyaratan dan ketentuan telah dipenuhi, gagal menghubungkan masih dapat terjadi jika ternyata proses pembayaran belum final. Untuk menghindari hal tersebut silahkan pahami dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan telah memiliki akun aktif di aplikasi kredit digital Kredivo, sebelum melakukan proses check out barang.

  • Klik beli pada produk yang akan diproses. Selanjutnya isi semua data yang diperlukan di dalam form pemesanan. Data yang dimaksud adalah total barang yang akan dibeli, tambahan keterangan, alamat tujuan serta pilihan jasa pengiriman.

  • Lalu di bagian keranjang belanja ambil Kredivo sebagai sistem pembayaran. Pilih check out sehingga layar akan beralih ke halaman Kredivo. Lakukan login, input nomor telepon dan PIN Kredivo.

  • Terakhir input nomor sandi OTP, klik Konfirmasi dan transaksi pun selesai.

3. Gagal Karena Tidak Memenuhi Syarat Utama

Ketika pada saat proses check out mengalami gagal menghubungkan akun digital Kredivo, bisa jadi ada kelalaian pengguna yang tidak memenuhi 3 syarat utama yang diwajibkan oleh pihak ecommerce. Untuk itu pastikan sekali lagi jika 3 syarat di bawah ini memang benar terpenuhi ya sobat Quena.

  • Nomor telepon yang diinput di aplikasi Kredivo haruslah nomor telepon yang sama dengan yang dimasukkan ke dalam data ecommerce tujuan.

  • Sudah ada riwayat transaksi pembelian di e-commerce tujuan sebelumnya.

  • Tidak ada track record negatif sebelumnya pada saat proses pendaftaran di Kredivo berupa penolakan akun.

4. Gagal Karena Terkendala Jaringan

Ketika ada masalah pada jaringan pada saat proses check out barang, maka proses pembayaran tidak akan dapat terselesaikan. Untuk itu solusinya adalah mengulangi semua prosesnya dari awal.

Namun jangan lupa untuk melakukan pembatalan pesanan terlebih dahulu pada saat masih ada di menu menunggu pembayaran, ya.

Banyak hal yang dapat mempengaruhi kelancaran proses pembayaran atau check out barang. Gangguan jaringan, belum memiliki akun Kredivo aktif dan belum pernah melakukan transaksi sebelumnya bisa menjadi alasan penyebab gagal menghubungkan akun digital Kredivo.

Untuk mengatasinya, di atas sobat Quena akan dapat menemukan jalan keluar sesuai penyebabnya.

0 Comments

Posting Komentar