Aplikasi Kredit Pintar Ilegal atau Legal? Yuk Simak Penjelasan Berikut!

kredit pintar ilegal atau legal

Pinjaman online (pinjol) menjadi salah satu jalan pintas yang dipilih bagi orang yang terdesak biaya. Tidak heran jika makin lama berbagai layanan pinjol marak dicari. Nah, salah satu layanan yang banyak direkomendasikan adalah Kredit Pintar. Namun, meski begitu tidak sedikit yang meragukan dan bertanya-tanya terkait “Kredit Pintar ilegal atau legal”.

Keraguan ini muncul sebab aplikasi yang menawarkan pinjaman uang hingga 20 juta rupiah ini, sangat sering muncul di berbagai iklan. Namun, apakah aplikasi tersebut terjamin aman? Apakah sudah diawasi OJK? Untuk mengetahui lebih jauh, yuk simak penjelasan singkat mengenai kebenaran keamanan aplikasi Kredit Pintar!

Apa itu Kredit Pintar?

Aplikasi Kredit Pintar adalah aplikasi yang menyediakan layanan peminjaman uang secara online. Aplikasi yang didirikan oleh Wisely Wijaya pada tahun 2018 ini, diharapkan dapat menyejahterakan kehidupan masyarakat. Paparan tersebut sesuai dengan visi dan misi Kredit Pintar.

Saat ini, tercatat sebanyak 3 juta masyarakat Indonesia memilih meminjam uang melalui aplikasi Kredit Pintar. Selain terbilang cukup mudah dalam melakukan pinjaman, melalui Kredit Pintar masyarakat juga tidak perlu risau. Karena uang yang akan dipinjam dikirim dalam waktu kurang dari 1x24 jam.

Tidak hanya itu, berbagai fasilitas diberikan oleh aplikasi Kredit Pintar. Fasilitas tersebut berupa voucher cashback, voucher belanja, dan fasilitas menarik lainnya yang dapat digunakan oleh para peminjam. Selain mendapatkan fasilitas berupa voucher, Kredit Pintar juga memanjakan penggunanya dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. Beberapa keunggulan tersebut yaitu:

  • Menggunakan Teknologi Canggih. Untuk melakukan transaksi peminjaman, biasanya aplikasi pinjam online menyuruh pengikutnya untuk melakukan swafoto. Namun yang berbeda pada aplikasi Kredit Pintar, terjadi proses scanning. Sehingga Kredit Pintar dapat mengetahui kelayakan peminjamnya.

  • Tidak Sampai 24 Jam. Dalam melakukan pencairan dana, biasanya dibutuhkan waktu minimal 24 jam agar dana tersebut masuk ke dalam rekening pengguna. Namun proses pencairan pada Kredit Pintar tidak memerlukan waktu lama. Cukup 10 menit saja, dana akan masuk ke dalam rekening pengguna.

  • Suku Bunga Rendah. Apabila pengguna sepakat untuk mengangsur pembayaran pinjam online selama 3 bulan, maka pengguna tersebut akan mendapat bunga sebesar 5,17 persen. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain, Kredit Pintar tentunya memberikan suku bunga terendah.

Kredit Pintar Legal atau Ilegal? Ini Jawabannya!

Sobat Quena masih ragu Kredit Pintar ilegal atau legal? Untuk menjawab persoalan tersebut, wajib simak penjelasan berikut ini. Supaya rasa ragu yang tertanam dalam hati bisa hilang seketika. Jadi, tidak perlu ragu deh untuk melakukan pinjam online menggunakan Kredit Pintar.

Berkembangnya berita mengenai aplikasi pinjam online ilegal, membuat masyarakat semakin takut untuk melakukan pinjam online. Untuk mengantisipasi hal tersebut, masyarakat perlu mengecek terlebih dahulu melalui website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun OJK adalah suatu lembaga yang bertugas untuk mengawasi jasa pelayanan keuangan di Indonesia.

Pada halaman pertama, tercantum daftar nama-nama pinjaman online yang ilegal dan legal. Dengan begitu masyarakat bisa memilah-milah aplikasi yang memiliki izin resmi maupun tidak. Aplikasi Kredit Pintar sendiri telah mendapatkan izin resmi dari OJK pada pertengahan 2019. Dari penjelasan tersebut, jawaban atas pertanyaan "Aplikasi Kredit Pintar Legal atau Ilegal?" sudah terjawab dengan jelas. Namun untuk memperkuat, perlu diketahui beberapa fakta pada aplikasi Kredit Pintar:

  • Bayar Tagihan Melalui Rekening Perusahaan. Jasa peminjaman online ilegal biasanya menggunakan nomor rekening pribadi, bukan perusahaan.

  • KTP Sebagai Jaminan. Penggunaan KTP pada saat melakukan pinjaman online bukanlah suatu hal yang asing. Justru, apabila terdapat jasa pinjaman online yang syarat ketentuannya mudah dilakukan, perlu diwaspadai.

  • Tidak Ada Uang Muka. Pengguna aplikasi Kredit Pintar, tidak perlu membayar uang muka sebagai jaminan.

  • Letak Kantor. Sebelum melakukan pinjaman online, pastikan terlebih dahulu perusahaan tersebut memiliki letak kantor yang jelas atau tidak. Untuk itu, pengguna harus mengecek melalui Maps. Hal ini dikarenakan pinjaman online ilegal tidak memiliki kantor.

Dari penjelasan di atas, dapat dipahami secara mendalam, apakah aplikasi Kredit Pintar ilegal atau legal untuk digunakan. Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi pinjaman online sebijak mungkin. Selagi tidak ada keperluan mendesak, usahakan jangan meminjam ya!

0 Comments

Posting Komentar