Cek Simulasi Kredit Kredivo dan Dapatkan Manfaatnya



Simulasi kredit Kredivo merupakan estimasi biaya yang akan dibayarkan Sobat Quena saat proses pengembalian atau pembayaran cicilan. Biaya tersebut sudah termasuk bunga yang disesuaikan dengan masa pembayaran (tenor). 

Semua pengguna wajib mengetahui simulasi kreditnya agar dapat mengetahui kesanggupannya dalam melakukan peminjaman.

Pengguna juga bisa membuat perkiraan sendiri mengenai estimasi tersebut dengan melihat ketentuan yang diberikan Kredivo. Karena setiap tenor memiliki batas limit dan besar bunga yang berbeda. 

Selain itu, ternyata mengetahui simulasi kredit memberikan manfaat kepada pengguna sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman. Rincian dari masing-masing simulasi, dapat disimak pada penjelasan berikut.

Simulasi Kredit Berdasarkan Jenis Kredit

Saat membuat akun Kredivo pertama kali, pengguna akan dihadapkan pada dua pilihan, yakni memilih jenis Basic atau Premium. Keduanya menawarkan besaran kredit dan bunga yang berbeda. Lamanya tenor yang diberikan juga bermacam-macam. Jika ingin mengetahui simulasi kredit Kredivo masing-masing bisa melihat uraian di bawah:

1. Tenor 30 Hari

Nama Kredivo mungkin cukup populer sebagai aplikasi kredit secara online dan pemberi pinjaman. Pengguna yang ingin belanja di suatu e-commerce bisa menggunakan limit dari Kredivo dan menerapkan sistem bayar nanti. Kemudahan ini menjadi alasan tersendiri karena dapat melakukan cicilan tanpa kartu. Menariknya lagi, Kredivo sudah terhubung dengan 350 merchant.

Aplikasi ini memberikan pilihan tenor 30 hari khusus bagi pengguna Kredivo dengan jenis akun Basic. Keuntungannya adalah tidak ada bunga yang dibebankan setiap bulannya, alias besarnya 0%. Jadi ketika seseorang berbelanja sebanyak Rp2.000.000 dan menerapkan metode cicilan tanpa kartu, maka estimasi biaya yang harus dibayarkan juga Rp2.000.000.

2. Tenor 3 Bulan

Untuk akun Premium, ada tiga jenis tenor yang ditawarkan dan pertama adalah 3 bulan. Pengguna yang mengambil kredit dengan masa tersebut, juga tidak dikenakan bunga, sama seperti tenor 30 hari. Namun istimewanya, pengguna akun Premium bisa mengajukan kredit hingga Rp30.000.000.

Jika ingin melihat simulasi di masa tenor 3 bulan, coba misalkan dengan melakukan transaksi belanja di suatu e-commerce sebanyak Rp2.000.000. Maka setiap bulannya, pengguna harus membayar cicilan sebesar Rp 666.667. Karena disini tidak ada bunga, maka total pembayaran setelah tiga bulan tetap Rp2.000.000.

3. Tenor 6 Bulan

Berikutnya ini merupakan simulasi kredit Kredivo untuk jenis akun Premium dengan periode pembayaran selama 6 bulan. Bunga yang dibebankan untuk tenor tersebut adalah 2,6%. Misalkan seseorang menggunakan limit tersebut untuk berbelanja di merchant partner Kredivo sebesar Rp2.000.000, maka nominal bunganya yaitu Rp52.000.

Lalu selama masa 6 bulan tersebut, pengguna Kredivo harus membayar cicilan beserta bunganya estimasi Rp385.340. Hingga akhir periode pembayaran, total yang wajib diselesaikan yaitu Rp2.312.040. Beruntung untuk cicilan ini pengguna tidak diharuskan memberikan uang muka.

4. Tenor 12 Bulan

Periode pembayaran paling lama dari akun Premium adalah 12 bulan. Masa ini juga mempunyai besar bunga yang sama dengan tenor 6 bulan, yakni 2,6%. Jika sama-sama melakukan kredit Rp2.000.000, maka cicilan yang wajib disetorkan setiap bulan estimasi Rp 218.670. Ketika ditotal untuk masa satu tahun tersebut, nominalnya berada di kisaran Rp2.624.040.

Cek Simulasi Secara Otomatis

Jika ingin mendapatkan simulasi kredit Kredivo yang lebih akurat, sobat Quena bisa mengeceknya secara otomatis di menu Kalkulator Cicilan. Hasil yang ditampilkan sudah pasti 100% benar karena dicek langsung oleh sistem Kredivo. Sedangkan rincian yang ditampilkan meliputi besar kredit, suku bunga, cicilan setiap bulan, dan total pembayaran.

Pengecekan simulasi kredit ini dapat dilakukan di dalam aplikasi Kredivo. Jadi, langsung jalankan platformnya dan ikuti langkah-langkah berikut:
  • Setelah masuk di halaman muka aplikasi Kredivo, pilihlah menu Akun yang posisinya berada di sudut bawah sisi kanan.
  • Lalu lanjutkan dengan menekan opsi Kalkulator Cicilan.
  • Tulis total belanja di merchant partner Kredivo yang dibayar dengan sistem cicilan.
  • Terakhir, ketuk tombol Submit.
  • Lihat hasil yang tampil di layar dan cek masing-masing besar cicilan beserta suku bunga di semua tenor.

Manfaat Mengecek Simulasi Kredit

Mengapa pengguna harus cek simulasi kredit sebelum menentukan nominal harga saat proses belanja? Jawaban umumnya tentu untuk mengetahui estimasi biaya yang akan dicicil setiap bulannya. Namun di samping itu, ada tiga manfaat lain yang sangat berguna bagi pengguna. Rangkumannya ada pada keterangan berikut:

1. Mengontrol Pengeluaran

Apa hubungan simulasi kredit dengan kontrol pengeluaran? Jika seseorang tahu cicilan yang menjadi kewajibannya setiap bulan, tentu bisa berpikir ulang untuk berbelanja dengan sistem kredit dari Kredivo. Sehingga dapat membuat perencanaan sesuai dengan kemampuan finansialnya. Selain itu, tidak akan keliru lagi dalam pengambilan keputusan.

2. Mengetahui Cicilan Secara Akurat

Bukan hanya estimasi, jika pengguna mengecek simulasi kredit langsung melalui sistem Kredivo, akan memperoleh nilai yang 100% akurat. Jadi selama masa periode pembayaran cicilan tersebut, bisa mengatur keuangan untuk membayar kewajiban. Pengguna dapat menyisihkan pendapatannya agar cicilan dapat terbayarkan tepat waktu.

3. Membandingkan Harga di Setiap E-commerce

Pengguna pasti sering menemukan produk dengan model dan merek yang sama, tapi memiliki harga berbeda di setiap e-commerce. Momen itulah manfaat cek simulasi kredit akan dirasakan. Bagi orang-orang yang gemar belanja dengan metode pembayaran dari Kredivo, bisa melakukan perbandingan harga. Sehingga nantinya ditemukan nominal dengan besar cicilan paling rendah.

Demikian uraian mengenai simulasi kredit Kredivo untuk masing-masing tenor di dua jenis akun, yakni Basic dan Premium. Jika masih baru menggunakan platform ini, sebaiknya memilih Basic. Meskipun limitnya dibatasi Rp3.000.000 saja, tapi bunganya 0% untuk masa pembayaran 30 hari. Namun untuk keperluan yang lebih besar, dapat beralih ke jenis Premium.




0 Comments

Posting Komentar