Inilah Penyebab serta Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaikita secara Cepat!


Halo, Sobat Quena! Tentu sudah sering mendengar tentang Tunaikita, bukan? Salah satu platform pinjaman online terbaik ini memiliki proses yang cepat dan mudah dalam pengajuannya. Proses yang sudah di komputerisasi membuat sedikit kesalahan data akan terdeteksi. Apabila hal tersebut terjadi, apakah ada cara membatalkan pinjaman di Tunaikita tersebut?

Jawabannya, tentu saja ada! Ketika ingin membatalkan sebuah pinjaman, pasti terdapat penyebab atau alasan yang mendasari untuk melakukannya. Kira-kira, apa saja penyebab atau alasan tersebut? Dan bagaimanakah cara agar pinjaman di Tunaikita bisa dibatalkan? Berikut ulasan lengkapnya:

Penyebab Melakukan Pembatalan Pinjaman

Banyak sekali alasan yang bisa dijadikan penyebab seseorang membatalkan pinjaman online di sebuah platform. Tidak hanya kendala finansial, ternyata terdapat alasan-alasan lain untuk mengajukan pembatalan. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

1. Bunga Pinjaman yang Tinggi

Tak dipungkiri bahwa bunga yang diberikan pinjaman online cukup tinggi dibandingkan Bank. Hal ini yang sering menjadi penyebab seseorang membatalkan pinjamannya. Ketika pertama kali membaca, mungkin tidak terlalu memahami berapa besaran bunga dan jumlah dana yang diterima. Kemudian saat memahami kembali, ternyata bunga yang diberikan terlalu tinggi hingga orang tersebut merasa keberatan dan membatalkan pengajuannya.

2. Terjadi Kesalahan Saat Mengajukan Limit Pinjaman

Karena terlalu terburu-buru dan tidak berhati-hati dalam membaca, calon nasabah pinjaman online sering mengalami kesalahan dalam memasukkan limit pinjaman. Hal ini tentu akan berpengaruh pada manfaat dan besarnya cicilan atas pinjaman tersebut. Tidak hanya salah memilih limit yang terlalu besar, memilih limit yang terlalu kecil juga sering terjadi sehingga pinjaman tersebut tidak bisa menutupi kebutuhannya.

3. Sudah Mendapatkan Pinjaman dari Platform Lain

Penyebab lain yang membuat calon nasabah membatalkan pinjamannya yaitu telah mendapatkan dana dari platform pinjaman online lain. Walau pencairan di Tunaikita terbilang cepat, namun ada saja nasabah yang membutuhkan dana lebih cepat untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga nasabah tersebut memilih platform lain dan dananya cair lebih cepat, menyebabkan nasabah tersebut mengajukan untuk pembatalan pinjaman di Tunaikita.

Cara untuk Membatalkan Pinjaman di Tunaikita dengan Cepat dan Mudah

Setelah mengetahui penyebab pembatalan pinjaman, tentu calon nasabah juga ingin mengetahui bagaimana cara membatalkan pinjaman di Tunaikita dengan mudah dan cepat. Sebelum melakukan pembatalan, pastikan bahwa dana yang diajukan belum diterima atau masuk ke rekening. Karena jika itu terjadi, maka pinjaman tidak bisa dibatalkan. Berikut adalah tata cara untuk membatalkannya:

1. Menghubungi Call Center Tunaikita

Tata cara membatalkan pinjaman di Tunaikita yang pertama adalah dengan menghubungi call center Tunaikita. Karena pembatalan pinjaman tidak bisa melalui aplikasi secara langsung, maka satu-satunya jalan adalah dengan menghubungi call center secara langsung. Nasabah yang ingin membatalkan pinjamannya bisa menghubungi nomor (021) 4000-5859 atau mengirimkan Email ke tanya@amarbank.co.id.

Ketika menghubungi call center melalui telepon tentu terdapat biaya yang dikeluarkan, tergantung berapa lama nasabah menghubungi call center tersebut. Dalam pembatalan biasanya butuh waktu yang cukup lama untuk menelpon karena terdapat beberapa pertanyaan soal data yang harus dijawab oleh nasabah. Untuk itu sebaiknya sediakan pulsa yang cukup banyak agar telepon tidak tiba-tiba terputus.

2. Memberi Tahu Jumlah Limit yang Dipilih

Setelah berhasil tersambung petugas call center Tunaiku, nasabah akan diminta untuk menyebutkan data diri yang didaftarkan ke dalam sistem. Selanjutnya, akan diperiksa oleh petugas apakah datanya sudah benar atau belum. Nasabah juga akan ditanya tentang berapa jumlah limit yang akan diajukan. Jika sudah sesuai, maka petugas akan masuk ke proses selanjutnya.

3. Memberikan Alasan Pembatalan Pengajuan

Setelah seluruh data diberikan, tata cara membatalkan pinjaman di Tunaikita selanjutnya adalah petugas akan menanyakan alasan pembatalan pengajuan pinjaman. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa terdapat alasan-alasan yang menjadi penyebab seseorang membatalkan pengajuan pinjamannya. Alasan tersebut bisa digunakan agar pinjaman bisa dibatalkan dengan lancar dan disetujui oleh pihak Tunaikita.

4. Menunggu Proses Pembatalan

Jika seluruh proses dan pertanyaan sudah dijawab, maka nasabah hanya tinggal menunggu proses pembatalan pinjaman. Proses pembatalan akan dilakukan oleh sistem yang bisa memakan waktu antara 2 sampai 20 menit. Jika sudah menunggu di kurun waktu tersebut, nasabah bisa mengeceknya kembali di aplikasi apakah pinjaman sudah berhasil dibatalkan.

Mengunjungi Kantor Cabang Tunaiku

Selain melalui telepon dan Email, pengajuan pembatalan pinjaman di Tunaiku juga bisa dilakukan secara offline dengan mengunjungi kantor cabang terdekat secara langsung. Jika lokasi tempat tinggal nasabah dekat dengan kantor Tunaiku, cara ini cukup efektif dan patut untuk dicoba sebagai alternatif lain untuk membatalkan pinjaman di Tunaiku.

Lalu, apa sajakah yang harus dipersiapkan jika ingin mengunjungi kantor cabang Tunaiku? Dalam pengajuan pembatalan tentu nasabah perlu mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP dan dokumen pendukung lainnya. Jika sudah lengkap, nasabah bisa mengunjungi customer service dan pembatalan pun akan diproses. Biasanya nasabah akan dihubungi kembali untuk mencocokkan data yang telah diberikan.

Apakah Ada Penalti atau Biaya Tambahan Jika Membatalkan Pinjaman di Tunaiku?

Saat ingin melakukan pembatalan sebuah pinjaman tentu akan timbul pertanyaan apakah akan terkena penalti atau tidak? Di Tunaiku, nasabah tidak perlu khawatir karena tidak terdapat biaya penalty atau biaya tambahan jika mengajukan pembatalan. Nasabah hanya perlu menyiapkan pulsa yang cukup jika menghubungi Tunaiku melalui telepon. Pulsa yang disiapkan sebaiknya minimal Rp25.000 agar telepon tidak terputus.

Itulah penyebab dan tata cara membatalkan pinjaman di Tunaikita dengan cepat. Sobat Quena tidak perlu khawatir lagi jika melakukan kesalahan seperti memasukkan jumlah limit karena proses pembatalan di Tunaikita sangat mudah. Untuk menghindari kesalahan seperti itu, sebaiknya isi data secara teliti dan mengeceknya kembali. Karena apabila pinjaman sudah cair, pembatalan pun akan sulit dilakukan.



0 Comments

Posting Komentar