Kenali Penyebab Akun Kredivo Terblokir Sementara dan Solusinya



Terkadang ada kondisi dimana akun Kredivo terblokir sementara sehingga tidak bisa digunakan. Sobat Quena tentu ingin tahu apa penyebab akun terblokir dan bagaimana mengatasinya agar bisa difungsikan kembali. Supaya bisa menghindari kejadian serupa dan tetap memiliki akun Kredivo yang aktif.

Kredivo memiliki kebijakan dan peraturannya sendiri untuk operasional pemberian pinjaman dan jika dilanggar maka akun menghadapi resiko pemblokiran sementara hingga penyebabnya teratasi. Penyebab paling umum adalah berkaitan dengan masalah pembayaran. Simaklah bahasan di bawah ini mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Akun Terblokir Sementara

Ada beberapa alasan mengapa Kredivo mengenakan pemblokiran sementara pada sebuah akun, biasanya terkait dengan pembayaran atau karena penyebab lain yang dianggap mencurigakan. Simaklah penjelasannya satu persatu di bawah ini:

1. Masalah Keterlambatan Pembayaran

Penyebab utama pemblokiran memang karena terjadi keterlambatan pembayaran cicilan secara berulang. Jika Kredivo merasa bahwa kecenderungan ini bisa berulang lagi, akun bisa diblokir sementara agar tidak bisa menggunakan sisa limit yang mungkin masih tersedia.

Jadi jika sudah memiliki jadwal pembayaran cicilan usahakanlah pembayaran tepat waktu untuk menghindari pemblokiran. Karena hal ini bisa menjadi poin tersendiri untuk pertimbangan apakah bisa diberikan pinjaman lagi atau kenaikan limit yang diberikan atau malah dikenakan pemblokiran permanen.

2. Adanya Aktivitas yang Dianggap Mencurigakan

Aktivitas yang dianggap mencurigakan misalnya “jual beli” akun dimana seseorang menggunakan akun orang lain untuk melakukan peminjaman. Sebenarnya resiko berada pada orang yang memiliki akun karena namanya yang akan terlihat buruk tapi kejadian ini telah terjadi beberapa kali di Kredivo.

Hal lain adalah kecurigaan adanya “skimming” dengan pencurian data pribadi atau PIN dan sejenisnya. Sehingga limit pada akun tersebut dimanfaatkan oleh pihak lain yang bukan pemilik akun. Demi mencegah hal ini maka Kredivo akan mengenakan pemblokiran pada aku demi keamanan.

3. Penyalahgunaan Layanan Melalui API

API adalah interface pemrograman aplikasi yang melayani permintaan dari pemohon kredit ke Kredivo. Jika ada permintaan terus menerus dan masuk dari alamat yang tidak biasa, sistem keamanan Kredivo akan menganggap hal ini mencurigakan sehingga mengenakan pemblokiran sementara.

Jadi jika ingin mengajukan permohonan pinjaman, berilah jeda waktu yang cukup antara satu transaksi dengan transaksi lainnya. Lakukan dari perangkat atau alamat yang biasa dan wajar hingga Kredivo bisa menelusuri keberadaannya.

4. Login Dari Dua Perangkat Berbeda

Tindakan seperti ini juga dianggap melakukan pelanggaran oleh sistem keamanan Kredivo karena jadi bersifat mencurigakan. Karena bisa dianggap login dilakukan oleh dua orang yang berbeda, bukan oleh pemilik akun itu sendiri dan kemungkinan ini memang bisa terjadi.

Karenanya jika ingin login ke akun Kredivo, lakukanlah dari perangkat yang sudah terdaftar di Kredivo saat pertama kali mengajukan permohonan. Dengan demikian sistem Kredivo tidak akan menjadi curiga sehingga menyebabkan pemblokiran akun sebagai tindakan pengamanan.

5. Melanggar Ketentuan Penggunaan Kredivo

Setiap layanan tentu memiliki syarat ketentuan yang harus dipatuhi saat melakukan transaksi sejak awal dan biasanya ketentuan tersebut tercantum dalam perjanjian. Masalahnya tidak semua orang membacanya dengan teliti dan jelas tidak akan dengan sengaja membuat pelanggaran.

Pelanggaran yang sering terjadi adalah melakukan pembelian barang yang tidak diijinkan oleh Kredivo seperti pembelian emas, saldo dompet digital, voucher atau melakukan gesek tunai. Jika ini terjadi Kredivo memberlakukan pemblokiran sementara dan pemilik akun harus menghubungi CS untuk meluruskan masalahnya.

Cara Mengatasi Akun yang Terblokir Sementara

Setelah mengetahui berbagai penyebab pemberlakukan pemblokiran sementara kini akan dibahas mengenai cara akun Kredivo terblokir sementara ini bisa diaktifkan kembali. Solusi atas penyebab tertentu sudah dibahas di atas sesuai penyebabnya tapi secara umum simak bahasannya seperti berikut:

1. Lunasi Pembayaran Tertunggak

Jika memang masih memiliki cicilan yang tertunggak, segeralah melakukan pelunasan agar pemblokiran bisa segera dibuka. Usahakanlah membayar cicilan sebelum waktunya untuk menghindari denda. Karena meski akun terblokir, jika lama tidak melakukan pembayaran, Debt Collector bisa datang menagih.

Jika sampai terjadi penagihan lapangan, biasanya akun malah akan dikenakan pemblokiran permanen sehingga akun tidak bisa lagi digunakan sama sekali. Selain itu dikhawatirkan terbuatnya laporan skor kredit buruk di SLIK OJK dan ini akan menyulitkan permohonan kredit di tempat lain.

2. Tunggulah Beberapa Hari

Jika pemilik akun tidak merasa memiliki tunggakan dan melakukan pelanggaran tapi akunnya diblokir, sebenarnya ada kemungkinan kesalahan terjadi di pihak Kredivo. Tunggulah beberapa hari dengan begitu memberi waktu untuk perbaikan kesalahan sistem. Namun jika masih berlanjut, laporkan ke CS.

Hal ini bisa terjadi karena sistem komputer atau server Kredivo yang kelebihan beban atau berbagai kendala lainnya sehingga data yang dimiliki menjadi kacau. Asalkan bukan karena kesalahan pemilik akun, pemblokiran ini bisa segera dihentikan.

3. Laporkan ke Customer Service

Jika bukan karena masalah tagihan tertunggak dan tidak tahu penyebab akun diblokir sementara, sebaiknya segera menghubungi Customer Service dan mendiskusikannya. Atau datang langsung ke Kantor Pusat Kredivo di Gedung FinAccel di Tomang Jakarta Barat untuk menemui CS-nya agar dibantu penyelesaiannya.

Customer Service Kredivo bisa dihubungi di 021-2205-5677 atau bisa juga dengan mengirimkan email ke pusat bantuan di hello@kredivo.com. Berikan data pribadi dan status akun lalu tanyakan penyebab pemberlakuan blokir sementaranya agar bisa mendapatkan solusi supaya akun bisa aktif kembali.

Dari beberapa kasus yang dianggap pelanggaran berat oleh Kredivo, terkadang akun bukan hanya diblokir sementara tapi juga dikenakan pemblokiran permanen sehingga bisa disebut akun tidak lagi bisa digunakan. Sementara tagihan yang tertunggak tetap harus dilunasi agar tidak terjadi penagihan lapangan.

Sobat Quena, akun Kredivo terblokir sementara sebenarnya bukan tidak mungkin diaktifkan kembali tapi seringkali waktunya tidak bisa diprediksi. Karena itu hindarilah pemblokiran dengan kelancaran pembayaran cicilan dan tidak melakukan hal-hal yang dianggap pelanggaran, jadi akun bisa tetap aktif digunakan.


0 Comments

Posting Komentar