Sangat Mudah! Inilah Cara Bayar Kredivo Lewat ATM BRI Sekaligus Ketentuannya



Hingga saat ini masih banyak yang bingung dan menanyakan bagaimana cara bayar Kredivo lewat ATM BRI yang benar.  Keadaan itu tidak mengherankan karena memang dari awal pembayaran telah ditetapkan oleh pihak Kredivo. 

Yakni hanya dapat dilakukan pada beberapa ATM bank yang sudah ditunjuk saja dan Bank BRI tidak termasuk di dalamnya.

Beberapa default bank yang ditetapkan untuk digunakan sebagai saluran pembayaran Kredivo adalah Bank BCA, Bank CIMB, Bank Mandiri dan Bank Permata. Lalu bagaimana cara bayar Kredivo lewat ATM BRI jika user Kredivo adalah seorang nasabah BRI? Yuk, silahkan simak ulasan ini sampai tuntas untuk mengetahui jawabannya.

Bagaimana, Sih Cara Bayar Kredivo Lewat ATM BRI?

Tidak sesulit yang dibayangkan, ternyata cara bayar Kredivo melalui ATM itu mudah saja, sama persis seperti transfer antar bank pada umumnya. Untuk langkah-langkahnya, silahkan sobat Quena ikuti tahapannya sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi Kredivo

Yang pertama adalah melakukan pengunduhan perangkat lunak gratis yang bernama Kredivo. Setelah aplikasi Kredivo berhasil diunduh, lakukan pendaftaran dengan mengisi data pribadi pada form yang sudah disediakan. 

Kemudian selanjutnya ikutilah cara bayar Kredivo lewat ATM BRI melalui beberapa langkah mudah di uraian berikut ini:

  • Masuk ke dalam aplikasi Kredivo. Di halaman utama carilah menu Transaksi kemudian pilih. Setelah itu akan muncul di layar, sejumlah angka yang merupakan nilai dari tagihan yang harus dibayar, sekaligus tanggal jatuh tempo tagihan Kredivo.
  • Jika sudah, pilihlah menu Bayar yang terletak pada bagian paling bawah yang ada di sebelah kanan.
  • Pada layar akan ditampilkan beberapa jenis tagihan yang harus dibayar. Jenis tagihan ini bisa dicentang semua jika ingin melakukan pembayaran tagihan secara bersamaan. Namun jika tidak, lakukan centang hanya pada tagihan yang akan dilakukan pembayaran saja.
  • Kemudian lakukan proses pembayaran dengan memilih menu bayar. Pada tahap ini nantinya akan muncul sejumlah alternatif pembayaran. Bisa menggunakan default Bank seperti yang telah disebutkan di atas, atau memilih untuk menggunakan ATM bank lain, BRI misalkan.
  • Kemudian pada kolom “Transfer ke virtual account ini” akan terlihat deretan angka berjumlah hingga 16 digits. Nah salinlah angka tersebut dengan benar. Simpan baik-baik untuk digunakan sebagai nomor tujuan pembayaran di ATM BRI nanti.

2. Datang dan Bayar Melalui ATM BRI Terdekat

Meski secara resmi Bank BRI bukan salah satu bank tempat pembayaran tagihan Kredivo, namun proses bayar tetap bisa dilakukan di sini. Untuk langkah cara bayar Kredivo lewat ATM BRI bisa mengikuti panduan sebagai berikut:

  • Datanglah ke Anjungan Tunai Mandiri milik Bank BRI di lokasi terdekat. Jangan lupa untuk membawa serta jumlah tagihan serta nomor virtual account yang sudah didapatkan dari aplikasi Kredivo sebelumnya
  • Insert kartu ATM ke dalam slot kartu yang tersedia.
  • Di layar pertama akan muncul alternatif bahasa yang akan digunakan, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Tentukan pilihan bahasa mana yang akan dipakai.
  • Selanjutnya di layar kemudian akan muncul arahan untuk memasukkan nomor PIN. Lakukan dengan seksama dan teliti agar tidak terjadi kesalahan.
  • Langkah berikutnya adalah pilih menu “Transaksi Lain“, kemudian setelah di layar muncul menu transfer, pilih menu bank lain.
  • Berikutnya masukkan nomor kode milik bank BRI yaitu 002, kemudian masukkan juga nomor virtual account yang berisi angka sebanyak 16 digit yang sudah dicatat sebelumnya, kemudian tekan pilihan BENAR. 
  • Lalu berikutnya ketikkan jumlah tagihan yang akan dibayar sesuai dengan jumlah yang tertera di aplikasi Kredivo tadi. Pastikan sekali lagi nilainya tepat, lalu tekan tanda BENAR.
  • Selanjutnya di layar akan ditampilkan informasi tentang pembayaran yang sedang dilakukan. Pastikan semua data yang diisi adalah benar kemudian tekan tombol OK.
  • Setelah proses selesai maka di layar ATM akan tertera tulisan “TRANSAKSI ANDA BERHASIL“. Ini artinya adalah proses pembayaran tagihan Kredivo telah tuntas dan berhasil dilaksanakan. Selanjutnya akan keluar struk, simpanlah struk ini sebagai bukti pembayaran kepada pihak Kredivo.
  • Sekarang sebagai langkah paling akhir, buka kembali aplikasi Kredivo untuk melakukan pengecekan. Di layar utama biasanya akan muncul pemberitahuan jika tagihan yang sudah dibayarkan telah sukses dieksekusi.

Ketentuan Cara Bayar Kredivo Lewat ATM BRI

Nah, sekarang saatnya bagi sobat Quena untuk memahami beberapa ketentuan mengenai cara bayar Kredivo melalui ATM BNI. Perhatikan baik-baik poin penting yang ada di bawah ini agar tidak terjadi kesalahpahaman masalah pembiayaan nantinya, serta demi menghindari berbagai masalah lain.

Sama seperti aplikasi kredit online lainnya, Kredivo memberikan jangka waktu tertentu kepada para pemakai jasanya dalam melakukan pembayaran. Jangka waktu ini bersifat mengikat pihak pengguna Kredivo. 

Jadi bila ketentuan ini dilanggar, maka tentu saja akan ada sanksi yang akan dikenakan, yaitu denda sebesar 6%, bahkan bisa jadi sampai dilakukan pemblokiran akun.

Sebagai kompensasi atas penggunaan fasilitas ATM, maka pada setiap transaksi BRI akan mengenakan biaya. Biaya ini adalah sebuah handling fee karena adanya proses transfer antar bank untuk melakukan proses pembayaran. Biaya yang dikenakan yaitu sebesar Rp. 6.500,-.

Itulah cara bayar Kredivo lewat ATM BRI yang sobat Quena bisa ikuti. Semua informasi telah diuraikan secara singkat dan komplit, termasuk handling fee dan beragam biaya lain, berikut denda jika mengalami keterlambatan pembayaran.

 Untuk itu perlu ditekankan sekali lagi bayarlah tagihan Kredivo tepat pada waktu yang sudah disepakati. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


0 Comments

Posting Komentar