Syarat dan Cara Membatalkan Pinjaman Rupiah Cepat


Rupiah Cepat merupakan platform pinjaman online yang berbasis pada smartphone android dan dibuat langsung oleh Kredit Utama Fintech Indonesia. Namanya cukup populer karena kecepatan dan kemudahan dalam memberikan dana. Tapi ternyata, ada beberapa ketentuan yang dirasa kurang dan membuat nasabah mencari cara membatalkan pinjaman Rupiah Cepat. Apakah ada metode khusus?

Jika mau meneliti lagi, sebenarnya tidak ada cara khusus yang disajikan oleh Rupiah Cepat untuk pembatalan pinjaman yang sudah dibuat. Fitur tersebut juga tidak terdapat di dalam aplikasi. Namun karena beberapa alasan, nasabah tidak mau melanjutkan lagi pinjamannya bagaimana pun caranya. Penjelasan berikut mungkin bisa menjadi panduan dari proses ini.

Syarat Membatalkan Pinjaman

Rupiah Cepat adalah pinjol yang mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan dan menawarkan kemudahan dalam pengajuan. Bahkan pengguna bisa mencairkan dananya tidak lebih dari 24 jam. Kecepatan respon inilah yang membuat beberapa orang tidak sempat berpikir dan tiba-tiba ingin membatalkan pinjamannya saja. Terlebih lagi jika belum membaca ketentuannya secara mendetail.

Sebenarnya pengguna tidak diizinkan untuk melakukan pembatalan pinjaman yang telah diajukan. Meskipun tidak disediakan fiturnya dalam aplikasi, tapi masih ada metode lain untuk dicoba. Tentu ada syarat yang harus diperhatikan oleh peminjam. Pastikan bahwa sistem milik Rupiah Cepat belum merekam permintaan pinjaman tersebut.

Umumnya, sistem Rupiah Cepat memproses pengajuan dari peminjam dalam waktu lima hingga lima belas menit. Jadi dalam masa ini, pengguna masih bisa berubah pikiran dan memilih untuk membatalkannya. Tentu tidak dapat dilakukan langsung dalam aplikasi. Jadi cobalah cara membatalkan pinjaman Rupiah Cepat yang diuraikan di bawah.

Cara Membatalkan Pinjaman

Membatalkan pinjaman di Rupiah Cepat tergolong rumit dan belum tentu diterima pengaduannya, terlebih jika permintaan pengguna sudah diterima. Namun bagi Sobat Quena yang sangat membutuhkan cara ini, bisa coba melakukan salah satu metode antara online dan offline. Berikut penjelasannya:

1. Cara Pembatalan Secara Online

Cara membatalkan pinjaman Rupiah Cepat pertama kali yang dapat dilakukan adalah menempuh metode online. Pengguna bisa menghubungi customer service yang dimiliki oleh platform ini. Berdasarkan situs resminya, Rupiah Cepat memiliki beberapa kontak di bawah yang mungkin bisa dihubungi:

  • Telepon dan pesan singkat: 0804 1909 999.
  • Situs resmi: https://www.rupiahcepat.co.id.
  • Email resmi: cs@rupiahcepat.co.id.
  • Akun Instagram: rupiah.cepat.
  • LINE: csrupiahcepat.
  • Akun Facebook: Rupiah Cepat Official.

Pengguna dapat menghubungi salah satu dari customer service tersebut. Tapi biasanya yang memberikan respon cepat yaitu melalui call center atau mengirim pesan ke email resminya. Selanjutnya tinggal sampaikan kepada pihak Rupiah Cepat mengenai keluhan dan alasan ingin melakukan pembatalan pinjaman. Pastikan menggunakan kalimat yang bisa meyakinkan agar permintaan ditanggapi.

Biasanya pihak Rupiah Cepat akan melakukan verifikasi dan menelepon pengguna kembali jika pengajuan pembatalan diterima. Setelahnya tinggal mengikuti semua prosedur yang diarahkan. Selain itu, pengguna juga harus rutin mengecek aplikasinya, apakah prosesnya sudah selesai. Apabila sewaktu-waktu mengalami kendala, segeralah melakukan respon cepat dengan menghubungi customer service lagi.

2. Cara Pembatalan Secara Offline

Lalu bagaimana jika metode sebelumnya tidak mendapatkan respon sama sekali? Cobalah untuk melakukan cara membatalkan pinjaman Rupiah Cepat dengan langkah offline. Namun metode ini efektif dilakukan hanya bagi pelanggan yang dekat dengan lokasi perusahaan Kredit Utama Fintech Indonesia.

Bisa juga dengan mengunjungi kantor cabangnya yang ada di beberapa wilayah. Dilihat pada laman resminya, perusahaan ini berlokasi di:

  • Kantor pusat berada di Komplek Puri Mutiara Blok B, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
  • Kantor operasionalnya terletak di dua tempat, yakni Kemayoran, Jakarta Pusat dan Pademangan, Jakarta Utara.

Sebelum datang ke kantornya, sebaiknya siapkan dokumen sebagai persyaratan. Paling utama adalah membawa identitas diri berupa e-KTP. Lalu sampaikan keluhan kepada customer service yang ada di kantor dan katakan bahwa ingin membatalkan pinjaman yang sudah dibuat. Pengguna biasanya diminta mengisi formulir dan melampirkan dokumennya juga.

Permintaan pembatalan ini tidak langsung diterima. Sebab pihak Rupiah Cepat akan melakukan pengecekan dan proses verifikasi. Pengguna harus bersabar menunggu. Apabila diterima, akan mendapatkan telepon atau pesan melalui email. Namun sekali lagi, membatalkan pinjaman tergolong rumit. Jadi sebelum meminjam sebaiknya berpikirlah yang matang.

Mengapa Pengguna Membatalkan Pinjaman?

Ada beberapa alasan yang membuat pengguna ingin membatalkan pinjamannya. Entah itu disebabkan karena kesalahan pribadi atau ketentuan dari Rupiah Cepat yang dirasa memberatkan. Berikut sudah dirangkum tiga alasan mengapa pengguna melakukan pembatalan:

1. Suku Bunga Terlalu Tinggi

Pilihan periode pembayaran yang diberikan oleh Rupiah Cepat ada tiga macam, yakni 65, 75, dan 90 hari. Dalam masa tenor tersebut, pengguna mendapatkan beban bunga yang akan bertambah 0,54% setiap harinya. Angka ini dinilai terlalu tinggi dan tidak sebanding dengan dana yang diterima.

2. Plafon Terlalu Sedikit

Bagi pelanggan yang ingin mendapatkan dana pinjaman besar, Rupiah Cepat tidak disarankan. Karena platform ini hanya menyediakan plafon yang rendah, mulai Rp400.000 hingga maksimal Rp5.000.000. Kurang telitinya pengguna dalam membaca ketentuan membuatnya ingin membatalkan pinjaman sebab nantinya uang yang diterima sedikit, tapi pembayarannya tinggi.

3. Berubah Pikiran

Pinjaman online biasanya dipilih saat seseorang berada di kondisi mendesak dan tidak dapat berpikir jernih. Sehingga tanpa membaca review dan ketentuan langsung mengajukan pinjaman. Setelah mendapatkannya, malah merasa rugi karena nantinya tidak memiliki kemampuan finansial untuk mengembalikan sesuai tenggat.

Demikian penjelasan dari cara membatalkan pinjaman Rupiah Cepat dan alasan yang sering mendasari pengguna. Proses pembatalan tergolong rumit, apalagi belum tentu diterima. Terlebih lagi jika sistem sudah merekam pengajuan pinjaman. Jadi, sebaiknya pengguna berpikir dahulu sebelum mengambil plafon. Selain itu harus membaca seluruh ketentuannya, termasuk suku bunga.



0 Comments

Posting Komentar