Ketahuilah Cara Melunasi Shopee PayLater Sekaligus Agar Limit Tetap Besar



Shopee PayLater adalah sistem pembayaran yang dibuat oleh Shopee agar penggunanya bisa membayar pembelian barang dengan limit kredit yang diberikan. Agar fitur ini bisa terus digunakan, pembayaran harus lancar. Ada cara melunasi Shopee PayLater sekaligus agar limit bertransaksi tetap tersedia.

Dengan begitu fitur PayLater bisa berfungsi lancar dan tidak terkena denda keterlambatan juga memiliki kemungkinan kenaikan limit karena rekam jejak pembayaran yang bagus. Simaklah pembahasannya berikut ini.

Cara Mendaftar Shopee PayLater

Agar bisa menikmati kemudahan Paylater pengguna harus memiliki akun yang terdaftar dan terverifikasi dan sudah berusia minimum 3 bulan dan aktif digunakan bertransaksi di Shopee. Jika persyaratan tersebut terpenuhi maka lakukan pendaftaran melalui aplikasinya. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee lalu pilihlah menu PayLater dan ajukan pendaftaran.
  • Isilah data identitas diri, nomor handphone yang aktif dan data lain yang diminta.
  • Setelah lengkap Shopee akan melakukan verifikasi. Waktu yang dibutuhkan maksimum 2 hari.
  • Setelah pengajuan disetujui maka pengguna akan mendapatkan notifikasi.
  • Nanti akan diperlihatkan berapa limit PayLater yang diberikan untuk pengguna. Umumnya pengguna baru akan diberikan limit Rp. 750 ribu.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Setelah mendapatkan persetujuan maka Sobat Quena dapat segera mengaktifkan fitur PayLater agar bisa digunakan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuklah ke aplikasi Shopee di handphone menggunakan akun yang terdaftar.
  • Tekan tombol “Saya” yang berada di bagian bawah layar.
  • Lalu pilih opsi “SPayLater.”
  • Tunggulah OTP yang dikirimkan oleh Shopee melalui SMS.
  • Input kode OTP tersebut lalu tekan “Lanjut.”
  • Pengguna akan diminta melakukan verifikasi dengan mengunggah foto KTP pada kotak yang disediakan.
  • Lalu lengkapi dengan nama lengkap dan NIK lalu pilih opsi “Konfirmasi.”
  • Kemudian Shopee akan meminta verifikasi wajah.
  • Ikuti Langkah berikutnya untuk menyelesaikan aktivasi.
  • Setelah selesai diaktifkan maka Shopee PayLater sudah bisa digunakan.

Cara Menggunakan PayLater

Cara menggunakan fitur PayLater tidak sulit karena prinsipnya serupa melakukan langkah pembelian seperti biasa, hanya saja pembayarannya akan menggunakan sistem PayLater (bayar belakangan). Ikuti langkahnya berikut ini:

  • Cari produk yang diinginkan lalu klik “Beli.”
  • Masukkan detail pesanan.
  • Untuk metode pembayaran pilih “Shopee PayLater.”
  • Pilihlah cicilan yang sesuai dengan kemampuan.
  • Cek ulang sekali lagi semua pesanan dan sistem pembayarannya.
  • Masukkan kode OTP atau kata sandi ShopeePay.
  • Transaksi selesai.

Sobat Quena harus tahu bahwa fitur PayLater tidak bisa digunakan untuk pembelian voucher, pulsa, pembayaran tagihan dan pembelian tiket moda transportasi. Jadi murni untuk melakukan transaksi pembelanjaan saja.

Sistem Pembayaran PayLater

Pada dasarnya sistem PayLater memungkinkan penggunanya membayar pembelanjaan yang mereka lakukan dengan cara kredit atau cicilan. Jangka waktu yang tersedia adalah 3 hingga 12 bulan dengan waktu jatuh tempo setiap tanggal 5 di bulan berikutnya.

Nominal cicilan per bulan dapat diketahui saat memilih alternatif jangka waktu di atas, jadi pengguna bisa mengukur kemampuannya membayar cicilan setiap bulan. Pastikan agar telah membayar cicilan sebelum tanggal jatuh tempo karena denda yang diberikan cukup besar.

Limit awal yang biasanya diberikan kepada pengguna baru adalah Rp. 750 ribu tapi limit ini bisa meningkat dengan seringnya melakukan transaksi dengan PayLater dan memiliki Riwayat pelunasan yang baik. Limit terbesar adalah Rp. 5 juta saat ini.

Sebagai informasi, setiap pembelanjaan yang menggunakan fitur PayLater akan dikenakan bunga sebesar 2,95 persen dengan tambahan biaya penanganan 1 persen untuk setiap transaksi. Keterlambatan pembayaran cicilan dikenakan denda 5 persen dari total nominal penagihan yang terlihat di aplikasi.

Denda ini jumlahnya bisa makin bertambah besar jika tagihan tidak segera dibayar jadi berhati-hatilah menghindari hal ini. Selain denda, jika dalam waktu tertentu tagihan masih belum dibayar maka penagihan bisa dilakukan secara langsung melalui pihak ketiga (debt collector).

Mengenai Pelunasan Tagihan PayLater

Cara melunasi tagihan secara umum adalah dengan membayar sebelum tanggal jatuh tempo tanggal 5 setiap bulan. Bayarlah sesuai nominal cicilan yang telah diberikan sebelumnya dengan menggunakan aneka layanan pembayaran seperti transfer bank, gerai retail Alfamart dan Indomaret.

Sebagai informasi, sebenarnya Shopee tidak memberikan pilihan pelunasan sekaligus atas pembayaran cicilan yang dibuat sebelumnya, jadi memang harus dibayar sesuai kesepakatan jangka waktu saat memilih tenor cicilan. Ini tentu berkaitan dengan perhitungan bunga.

Tapi bagaimana jika Sobat Quena ingin melunasi tagihan lebih cepat daripada jangka waktu yang sudah disepakati sebelumnya? Bagaimana cara melunasi Shopee PayLater sekaligus agar mempersingkat waktu cicilan? Mari kita bahas beberapa caranya berikut ini:

1. Negosiasi dengan Call Center Shopee

Cobalah bernegosiasi dengan Customer Service melalui Call Center Shopee di 1500702 atau di 021-39500300. Kemukakan maksud untuk melunasi lebih cepat, berikan data seperti nama, nama akun, nomor handphone yang bisa dihubungi.

Kemudian lengkapi dengan data tagihan seperti nominal pembelian, jangka waktu cicilan dan nominal cicilan per bulan. Tanyakanlah kemungkinan mempercepat sesuai keinginan pengguna agar bisa dipertimbangkan. Permohonan mungkin belum tentu disetujui tapi tidak ada salahnya mencoba lebih dulu.

2. Membayar Dua Bulan Tagihan Sekaligus

Jika negosiasi dengan Call Center mengalami kegagalan, pengguna bisa menggunakan cara melunasi Shopee PayLater sekaligus dua bulan agar mempersingkat lamanya cicilan. Misalnya mengambil cicilan enam bulan, jadi bisa dilunasi dalam tiga bulan.

Cara Membayar Tagihan Dua Bulan Sekaligus

Sekali lagi sebenarnya Shopee tidak memberikan jalur pelunasan cepat jadi tidak bisa melunasi pembayaran dalam jumlah besar jika tidak sesuai dengan kesepakatan cicilan sebelumnya. Tapi jika bisa mempersingkat jangka waktu tentunya bisa sangat membantu.

Simaklah berikut ini cara melakukan pembayaran tagihan cicilan langsung untuk dua bulan, dengan begitu jangka waktu pembayaran akan dipersingkat. Seperti biasa lakukanlah dulu pembayaran bulan pertama seperti biasa. Kemudian ikutilah langkahnya berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi Shopee. Lalu pilih opsi “Saya”.
  • Pilih opsi “SPayLater” lalu “Bayar Sekarang.”
  • Pilih “Tagihan Bulan Ini” lalu akan ditampilkan rincian tagihan PayLater.
  • Pilih opsi “Tagihan Bulan Depan” lalu tekan opsi “Bayar Sekarang”
  • Kemudian pilih opsi “Metode Pembayaran.”
  • Tekan tombol “Konfirmasi.” Nanti akan diberikan nomor kode pembayaran untuk melakukan pembayaran di gerai retail atau dengan transfer bank.

Setelah pembayaran dilakukan berarti tagihan dua bulan telah dibayar dan bulan depan tidak perlu melakukan pembayaran lagi. Lakukan hal yang sama pada bulan berikutnya, dengan begitu jangka waktu cicilan bisa dipersingkat.

Demikianlah penjelasan mengenai cara melunasi Shopee payLater sekaligus agar jangka waktu cicilan bisa dipersingkat dan limit tetap besar. Jika memungkinkan memang lebih enak memilih jangka waktu cicilan yang tidak terlalu lama agar dengan melunasi langsung dua bulan, cicilan segera selesai.


0 Comments

Posting Komentar