Cara Membatalkan Pinjaman Online Kredit Pintar Beserta Berbagai Alasan yang Dapat Digunakan

cara membatalkan pinjaman online kredit pintar


Berbagai pertanyaan mengenai aplikasi Kredit Pintar sangat sering ditemukan. Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan, yaitu bagaimana cara membatalkan pinjaman online Kredit Pintar. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para peminjam ketika akan melakukan pembatalan pinjaman online. Salah satunya yaitu, peminjam harus memiliki alasan yang logis dan jelas ketika dalam melakukan pembatalan pinjaman.

Seperti diketahui, belakangan aplikasi pinjaman online mulai digemari oleh masyarakat untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun terkadang, peminjam harus membatalkan pinjaman online yang sedang berlangsung karena berbagai alasan tertentu.  Berikut merupakan cara membatalkan pinjaman online Kredit Pintar beserta dengan alasan logis yang bisa digunakan:

Kenali Dulu Apa Itu Kredit Pintar

Sebelum mengetahui cara membatalkan pinjaman online Kredit Pintar, ada baiknya mengetahui apa  itu aplikasi Kredit Pintar. Hal ini dikarenakan belum semua orang mengetahui tentang aplikasi satu ini. Kredit Pintar adalah satu aplikasi yang sudah terbukti legal digunakan di Indonesia adalah Kredit Pintar. 

Untuk membuktikan pernyataan tersebut, peminjam bisa melakukan pengecekan secara langsung pada laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi yang didirikan oleh Wisely Wijaya pada tahun 2018 ini, sudah mendapatkan penghargaan bergengsi, baik dalam ranah nasional maupun internasional.

Penghargaan yang telah diraih oleh Kredit Pintar, salah satunya penghargaan yang diberikan dalam acara Asia-Pasific Stevie yang dilaksanakan di Singapura. Penghargaan ini diberikan pada tahun 2019 lalu. Adapun kategori penghargaan yang diraih oleh Kredit Pintar yaitu pada sistem analisis yang dimiliki. 

Nantinya, sistem ini akan bekerja secara otomatis untuk melakukan scanning kepada para nasabah yang akan mengajukan pinjaman online. Analisis ini dapat membantu memudahkan para karyawan Kredit Pintar tanpa harus terjun ke lapangan langsung untuk melihat kondisi yang sebenarnya.

Cara Mengajukan Pembatalan Pinjaman Online di Aplikasi Kredit Pintar

Sebelum melakukan pembatalan, sebaiknya peminjam memikirkan betul-betul, apakah  pembatalan ini benar-benar akan dilakukan atau tidak. Setelah selesai dipikir kembali, peminjam dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membatalkan pinjaman online kredit pintar:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan oleh peminjam, yaitu menghubungi call center aplikasi Kredit Pintar. Peminjam bisa menghubungi call center melalui nomor (021) 50598882 pada saat jam kerja berlangsung. Pastikan nomor yang digunakan untuk menghubungi memiliki jaringan dan pulsa yang cukup.
  • Setelah terhubung, sampaikan permohonan untuk melakukan pembatalan pinjaman. Sampaikan permohonan ini dengan pemilihan kata yang sopan dan tidak bertele-tele agar customer service segan.
  • Kemudian lakukan beberapa instruksi yang disampaikan oleh customer service.
  • Jangan takut untuk menanyakan penjelasan yang kurang bisa dimengerti dan dipahami.

Apabila pengajuan pembatalan telah disetujui, maka notifikasi persetujuan pada aplikasi Kredit Pintar akan muncul. Dibutuhkan waktu kurang lebih 1x24 jam untuk proses pembatalan ini. Apabila belum ada notifikasi masuk, silahkan hubungi call center kembali untuk menanyakan keputusan dari pembatalan yang telah diajukan.

Apabila pembatalan ini dilakukan ketika dana sudah dicairkan, maka peminjam akan dikenai denda sebesar sepuluh ribu rupiah. Dari informasi yang didapatkan, hanya peminjam baru yang dapat membatalkan pinjaman online ini.

Apabila peminjam tersebut sebelumnya telah mendapatkan pinjaman, maka dapat dipastikan tidak dapat membatalkan pinjaman ini.Tentunya persetujuan pembatalan ini harus memenuhi ketentuan yang berlaku. Maka dari itu, peminjam harus memiliki alasan tepat mengapa pinjaman tersebut harus dibatalkan sebelum digunakan.

Gunakan Alasan yang Masuk Akal Untuk Membatalkan Pinjaman Online

Setelah mengajukan pembatalan, sobat Quena masih belum menerima notifikasi? Mungkin salah satu faktornya, karena alasan yang kurang jelas. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan alasan yang diajukan dapat diterima oleh customer service Kredit Pintar. Tentunya alasan tersebut harus logis, masuk akal, dan tidak dibuat-buat. Dibawah ini beberapa alasan yang bisa dijadikan referensi untuk mengajukan pembatalan:

  • Suku bunga yang besar. Alasan yang sering digunakan untuk mengajukan pembatalan pinjaman online, yaitu suku bunga yang dinilai cukup besar. Para peminjam yang mengajukan pembatalan biasanya belum menghitung suku bunga dan nilai dari total kredit yang dipinjam. Untuk mengatasi ini, sebaiknya peminjam menghitung terlebih dahulu total keseluruhan yang harus dibayar.
  • Adanya kesalahan dalam memilih plafon dan tenor angsuran. Alasan kedua yang sering muncul pada kasus pembatalan pinjaman online adalah pemilihan plafon yang tidak sesuai. Tidak hanya pemilihan plafon, terkadang peminjam juga keliru dalam memilih angsuran. Dalam kasus ini, biasanya peminjam kurang fokus dalam membaca fitur-fitur yang telah ditawarkan.
  • Sudah memiliki pinjaman lain. Alasan selanjutnya yang diajukan ketika akan membatalkan peminjaman, yaitu sudah memiliki pinjaman dari pihak lain. Biasanya alasan ini diutarakan karena pencairan dana di pinjaman online lumayan lama. Sedangkan pinjaman online diajukan karena kebutuhan yang terdesak.
  • Akun Kredit Pintar digunakan orang lain. Terkadang, pemilik akun tidak mengetahui bahwa akun Kredit Pintarnya telah diretas oleh orang lain tanpa sepengetahuan. Biasanya notifikasi peminjaman akan muncul tiba-tiba. Apabila permasalahan seperti ini terjadi, peminjam dapat melaporkan permasalahan ini kepada customer service.

Di atas merupakan cara membatalkan pinjaman online Kredit Pintar yang bisa dicoba oleh para peminjam yang berniat membatalkan pinjaman. Namun sebelum pembatalan pinjaman dilakukan, sebaiknya peminjam Kredit Pintar memikirkan ulang terlebih dahulu. Apabila pinjaman tersebut dilakukan untuk kepentingan yang tidak mendesak, maka sebaiknya pinjaman tersebut lebih baik tidak dilakukan.

0 Comments

Posting Komentar