Cara Mengaktifkan Shopee PayLater Untuk Penjual Agar Tambah Untung



Sistem Pembayaran Shopee PayLater makin banyak dinikmati oleh para pembeli karena kemudahan yang diberikan. Tidak seperti pembeli, PayLater khusus penjual tidak bisa diaktifkan manual, tapi harus diberikan khusus oleh Shopee. Bagaimana cara mengaktifkan ShopeePayLater untuk Penjual agar diberikan kemudahan ini?

Dengan memiliki kemudahan ini pembeli akan lebih mudah membeli barang dari penjual sehingga bisa meningkatkan hasil penjualan. Ada persyaratan yang harus dipenuhi sebelum agar penjual bisa mendapatkan kemudahan ini dari Shopee. Simak pembahasannya berikut ini:

Cara Memeriksa Status PayLater Untuk Penjual

Karena sistem PayLater ini hanya bisa diaktifkan oleh Shopee maka toko harus memeriksa apakah sudah mendapatkan kemudahan ini atau belum. Berikut ini adalah dua cara memeriksanya:

  • Melihat cara pembayaran pembeli. Cara pertama untuk memeriksa apakah toko telah memiliki sistem PayLater adalah dengan melihat cara pembayaran yang dipilih pembeli saat berbelanja. Jika ada yang menggunakan sistem pembayaran PayLater untuk berbelanja di toko penjual berarti sistem ini sudah diaktifkan oleh Shopee.
  • Melihat dari akun lain sebagai pembeli. Cara kedua adalah menggunakan akun lain sebagai pembeli yang telah memiliki kemudahan PayLater. Lakukan pembelian barang di toko penjual seperti biasa layaknya pembeli umum lalu lihatlah alternatif cara pembayaran yang tersedia. Jika ada sistem PayLater berarti kemudahan toko telah diaktifkan.

Persyaratan Penjual Mengaktifkan PayLater

Dear Sobat Quena, agar peluang toko otomatis diaktifkan atau mendapatkan kemudahan sistem pembayaran PayLater, performa toko harus ditingkatkan menjadi Shopee Star Seller atau “Star+ Seller.” Yaitu dengan memenuhi persyaratan berikut:

  • Akun penjual harus beroperasi minimum 6 bulan hingga 1 tahun. Dengan begitu dianggap sudah memiliki banyak pelanggan.
  • Selalu aktif menjawab atau memberi respon atas pertanyaan dari pembeli.
  • Pengiriman barang sesegera mungkin sebelum batas waktu yang diberikan.
  • Tingkat kepuasan pelanggan selalu baik.

Cara Mengaktifkan PayLater Penjual

Seperti disebutkan sebelumnya aktivasi sistem pembayaran PayLater hanya bisa dilakukan oleh Shopee setelah melihat performa toko dan memenuhi persyaratan di atas. Tapi jika setelah diperiksa status pembayaran PayLater masih belum aktif, ada beberapa cara untuk melakukannya yaitu:

1. Mengajukan Permohonan ke Shopee

Cara mengaktifkan Shopee PayLater untuk penjual bisa dilakukan dengan masuk ke metode pembayaran yang dipilih penjual sejak awal, yang bisa dilihat oleh pembeli untuk dipilih. Jika PayLater masih belum aktif, tekanlah tombol “Ajukan Ulang” yang ada di daftar cara pembayaran.

Dengan begitu Shopee bisa melihat bahwa toko mengajukan permohonan untuk pengaktifan PayLater sebagai salah satu cara pembayaran di toko. Jangan lupa untuk memenuhi persyaratan yang diminta Shopee.

2. Mengaktifkan PayLater Di Aplikasi

Cara berikutnya adalah melakukan langkah yang sama dengan yang dilakukan calon pembeli saat mengajukan sistem PayLater ke Shopee. Tentu saja harus dilakukan melalui aplikasi Shopee secara langsung dengan langkah berikut:

  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke akun.
  • Klik menu “Saya” dan temukan opsi pembayaran SPayLater.
  • Tekan tombol “Aktifkan Sekarang” dan akan diarahkan ke menu OTP.
  • Isilah kode OTP sesuai yang dikirimkan melalui SMS ke handphone dan klik “Lanjut.”
  • Nanti akan diminta untuk mengunggah foto kartu identitas diri sesuai bingkai yang disediakan.
  • Lanjutkan dengan memasukkan Nama dan NIK sesuai KTP dan klik “OK.”
  • Kemudian akan diminta melakukan verifikasi wajah, lakukan dengan pencahayaan yang baik agar wajah terlihat jelas. Lalu klik lagi “Konfirmasi.”
  • Jika semua langkah selesai dilakukan, tunggu hingga mendapatkan pemberitahuan bahwa permohonan sedang diproses.
  • Proses verifikasi akan membutuhkan waktu maksimum 2 hari kerja setelah itu akan diberikan notifikasi bahwa SPayLater telah diaktifkan.

3. Menghubungi Call Center

Jika cara di atas tidak berhasil, cobalah mengajukan permohonannya melalui Call Center Shopee di nomor 1500702 agar dibahas bagaimana caranya agar bisa disetujui. Berikan data yang ditanya dan diskusikan agar bisa mendapatkan kemudahan ini.

Keuntungan Memiliki PayLater Bagi Penjual

Penggunaan sistem pembayaran PayLater oleh pembeli sangat menguntungkan bagi penjual karena rendah resiko dan promosi lebih mudah. Simaklah bahasannya berikut ini:

  • Rendah resiko karena pembayaran kredit ditanggung oleh penyedia dana. Jadi Shopee tetap membayar secara penuh kepada penjual. Jika ada resiko gagal bayar atau sejenisnya resiko tersebut ditanggung oleh penyedia dana, bukan penjual.
  • Promosi lebih mudah karena pembeli melihat kemudahan pembayaran yang disediakan secara kredit. Jadi bisa tetap berbelanja tapi pembayaran secara mencicil.

Nah Sobat Quena, cara mengaktifkan Shopee PayLater untuk penjual memang tidak sulit dan jadi memacu penjual untuk memiliki performa yang baik. Keuntungan yang diberikan juga banyak sehingga tidak ada ruginya memiliki sistem ini sebagai alternatif pembayaran bagi pembeli.



 

0 Comments

Posting Komentar