Cara Mengatasi Pinjaman Online yang Menumpuk dengan Cepat dan Mudah

cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk


Sobat Quena tahu tidak, ternyata banyak orang yang mencari cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk loh ! Salah satu penyebab menumpuknya kredit secara online , karena kurangnya perhitungan manajemen keuangan dalam mengajukan kredit. Kebanyakan orang menggunakan berbagai macam aplikasi kredit online untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Untuk menghindari pinjaman online yang menumpuk, dapat melakukan suatu hal. Yaitu membuat catatan mengenai peminjaman yang telah dilakukan. Selain membuat catatan, beberapa cara di bawah ini dapat diterapkan untuk mengurangi kredit online yang menumpuk:

1. Ajukan Keringanan Suku Bunga

Merasa kesulitan dalam membayar tagihan kredit online ? Sobat Quena bisa diatasi dengan cara mengajukan keringanan suku bunga loh !. Tidak hanya pembayaran cicilan hingga 12 bulan saja. Biasanya aplikasi kredit online yang dimonitor langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga menawarkan sistem negosiasi.

Sistem negosiasi ini dilakukan agar suku bunga yang ditawarkan bisa lebih rendah dari biasanya. Namun untuk melakukan negosiasi ini, peminjam harus menyiapkan beberapa dokumen yang diminta oleh pihak perusahaan pinjam online . Nantinya perusahaan tersebut akan mempelajari, apakah Anda berhak mendapat keringanan suku bunga atau tidak.

2. Memiliki Pekerjaan Sampingan

Cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk selanjutnya yaitu, dengan melakukan pekerjaan sampingan. kadang-kadang terhambat dalam membayar hutang pada pinjaman online dengan alasan gaji yang pas-pasan. Alasan lainnya yang digunakan yaitu kebutuhan sehari-hari yang semakin naik. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, tidak perlu kebingungan dalam membayar hutangnya.

Banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu dengan menjual berbagai barang maupun makanan melalui sistem online ( onlineshop ). Keahlian dalam berbagai bidang seperti fotografi, menjahit, dan memasak juga bisa dijadikan alternatif dalam melakukan pekerjaan sampingan. Memang penghasilan yang didapat ketika melakukan pekerjaan sampingan belum seberapa. Namun coba hitung, bagaimana jika penghasilan tersebut didapatkan selama 3 bulan berturut-turut? Menggiurkan bukan?.

3. Menjual Aset yang Dimiliki

Uang yang dipinjamkan secara online , biasanya membutuhkan waktu kurang lebih hingga tiga hari untuk menerimanya. Padahal uang yang akan dipinjamkan juga merupakan kebutuhan mendesak. Tidak perlu khawatir apabila peristiwa seperti ini terjadi. Opsi yang dapat dilakukan oleh peminjam yaitu menjual beberapa aset yang dimiliki. Ini juga bisa jadi cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk dengan cepat.

Kebanyakan orang memilih tanah, emas, kendaraan, serta rumah untuk dijadikan sebagai aset berkembang. Nantinya aset ini dapat dijual ketika si pemilik membutuhkan dana yang bersifat mendesak. Dengan memiliki aset, pemilik tidak perlu meminjam uang untuk hutangnya. Selain menjual aset, peminjam juga dapat menggadaikan barangnya untuk dijadikan jaminan. Dengan begitu, pembayaran hutang akan sangat mudah dilakukan.

4. Promo yang Tersedia

Bagi para pelaku kredit online, tentunya tidak asing dengan berbagai macam promo yang ditawarkan oleh jasa kredit online . Ya, aplikasi kredit online saat ini sering menawarkan berbagai fasilitas unik dan menarik untuk para penggunanya. Salah satunya yaitu melalui promo-promo menarik yang dapat dicoba oleh peminjam online. Promo menarik ini biasanya berupa cashback maupun voucher belanja yang dapat dinikmati oleh penggunanya.

Tidak hanya itu, bahkan beberapa aplikasi kredit online juga menawarkan potongan potongan kredit hingga lima puluh ribu rupiah. Nah untuk menikmati fasilitas ini, pengguna harus melakukan peminjaman uang terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna dapat memilih voucher yang tersedia sesuai kebutuhan. Biasanya, voucher - voucher yang ditawarkan juga muncul pada saat atau hari tertentu. Jadi jangan lupa untuk selalu mengecek ya!.

5. Pinjaman Tanpa Bunga Juga Bisa Jadi Alternatif

Meminjam uang, tapi nggak ada bunga? Kok bisa?. Bisa dong, sobat Quena bisa meminjam uang tanpa harus membayar bunganya. Caranya, dengan melakukan kredit uang kepada saudara, keluarga maupun teman. Walaupun memiliki hubungan baik, pastikan bahwa uang yang dipinjam dapat segera dilunasi. 

Jika belum dapat memberikan pinjaman secara cepat, diskusikan permasalahan tersebut kepada kerabat. Diharapkan agar nantinya tidak terjadi antar kedua belah pihak. Peminjam juga bisa memberikan suatu barang ketika akan membayar hutangnya. Hal ini dilakukan sebagai ucapan terima kasih kepada si peminjam karena telah bersedia membantunya.

6. Membayar Hutang Dengan Tenor Singkat

Cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk selanjutnya, yaitu dengan cara membayar tagihan kredit online dengan jangka waktu terlebih dahulu. Peminjam harus memprioritaskan kewajiban untuk mengaktifkan hutang yang memiliki jangka waktu. Selain itu, peminjam juga bisa memprioritaskan pembayaran hutang bunga yang besar terlebih dahulu.

Cara ini dianggap cukup efektif karena secara tidak langsung, pengunjung tidak akan direpotkan oleh jumlah bunga yang semakin hari semakin bertambah. Selain itu, dengan cara ini akan terhindar dari denda jatuh tempo pembayaran hutang.

7. Menggunakan Uang Tabungan yang Ada

Menabung dilakukan untuk berjaga-jaga dikemudian hari apabila ada kebutuhan yang sangat mendesak. Biasanya uang yang akan ditabung, dialokasikan terlebih dahulu dalam berbagai kebutuhan nantinya. Untuk menghindari pinjaman online yang menumpuk, tidak ada salahnya jika meminjam menggunakan uang tabungan terlebih dahulu untuk melunasi hutang. Setelah hutang terbayar lunas, peminjam bisa mengumpulkan pundi-pundi uang untuk selanjutnya ditabung kembali.

8. Kerabat Turut Andil Dalam Melunasi Hutang

Biasanya, seseorang meminjam uang tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari saja. Kebutuhan pekerjaan juga bisa menjadi salah satu alasan untuk meminjam uang secara online . Cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk kedelapan, yaitu dengan membagi hutang yang telah dipinjam. Ajaklah kerabat yang terlibat dalam peminjaman hutang ini untuk iuran. Dengan begitu, hutang yang dipinjam tidak hanya dipikul seorang saja.

9. Membayar Hutang dengan Biaya Minim

Aplikasi pinjaman online biasanya menawarkan beberapa opsi agar pembayaran cicilan hutang. Sehingga, jumlah uang yang dibutuhkan setiap bulannya minimal dengan tenggat waktu sesuai dengan yang telah ditetapkan. Dengan adanya opsi ini, diharapkan peminjam tidak kesulitan dalam membayar pinjamannya.

10. Bunga Pinjaman yang Ringan

Cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk terakhir, yaitu dengan mengajukan kredit yang memiliki suku bunga lunak. Untuk mendapatkan suku bunga yang lunak, peminjam harus meminjam uang di bank atau koperasi sekitar tempat tinggal.

Sebelum melakukan kredit, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Tujuan dari survei ini, untuk membandingkan bunga yang tersedia. Setelah melakukan survei, kemudian pilih bank atau koperasi yang memiliki bunga rendah. Setelah itu, pilih tenor pembayaran satu tahun atau lebih. Jangan lupa untuk memastikan sumber dana untuk pembayaran cicilan tersedia.

Dari sepuluh cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk, makanah yang menurut para sobat Quena paling efektif? Nah, sfektif atau tidak, itu tergantung pada peminjaman. Serta peminjam dapat memilih beberapa cara yang dianggap paling efektif dalam mengatasi kredit online yang menumpuk. Yang terpenting, lakukan pinjaman online hanya untuk kepentingan mendesak saja, ya. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan uang secara bijak dan hati-hati!.

0 Comments

Posting Komentar