Perhatikanlah Cara Pinjaman Uang di Bank BCA Supaya Disetujui



Siapa yang tidak kenal Bank BCA? Bank satu ini punya kantor cabang di seluruh Indonesia dan mesin ATM-nya tersebar hingga daerah pinggiran desa. Untuk melayani kebutuhan para nasabahnya, BCA memiliki segudang layanan dan salah satunya adalah pinjaman dana tunai tanpa jaminan.

BCA Personal Loan adalah pinjaman tanpa jaminan (KTA) yang menerapkan pembayaran cicilan bulanan sesuai waktu dan kemampuan membayar masing-masing nasabah. Jenis pinjaman ini dikhususkan bagi para karyawan yang sistem penggajiannya (payroll) bekerja sama dengan BCA.

Cara pinjaman uang di Bank BCA tidak sulit asalkan bisa memenuhi kriteria yang disyaratkan dan melakukan seluruh proses sesuai ketentuan yang berlaku di BCA. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Jenis Pinjaman KTA BCA

KTA BCA terdiri dari dua jenis produk yaitu KTA Personal Loan dan KTA Payroll Loan yang keduanya memberikan pinjaman dana tunai tanpa jaminan dengan cara pembayaran yang berbeda. Berikut ini penjelasannya:

1. KTA Personal Loan

Pinjaman pertama ini bisa diajukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi misalnya biaya pendidikan, liburan, pernikahan dan aneka kebutuhan lainnya. Pinjaman dari produk ini memiliki sistem pembayaran dengan cicilan bulanan sesuai kesepakatan yang dibuat sejak awal pengajuan.

2. KTA Payroll Loan

Pinjaman kedua ini sama pengajuannya tapi cara pembayarannya menggunakan sistem debet langsung dari rekening nasabah setelah pembayaran gajinya masuk ke rekening BCA. Ini dimungkinkan karena perusahaan tempat nasabah bekerja menggunakan sistem penggajian atau payroll BCA.

Persyaratan yang Wajib Dipenuhi

Persyaratan yang diwajibkan oleh BCA tidaklah sulit karena hampir sama seperti persyaratan umum pengajuan pinjaman lainnya. Berikut ini adalah dokumen yang wajib dipersiapkan:

  • WNI dengan batasan usia 21 hingga 55 tahun saat pelunasan.
  • Memiliki rekening BCA.
  • Melampirkan fotokopi KTP dan NPWP.
  • Menyertakan bukti penghasilan bulan terakhir untuk karyawan dengan minimum penghasilan bulanan Rp. 2,5000,000.
  • Memberikan fotokopi mutasi rekening Bank 3 bulan terakhir.
  • Mengisi lengkap formulir pengajuan pinjaman.
  • Persyaratan tambahan bagi Profesional: Melampirkan fotokopi Surat Ijin Profesi.
  • Persyaratan tambahan bagi Pengusaha: Melampirkan fotokopi SIUP, TDP, Domisili dan Akta Pendirian.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Agar Pinjaman Disetujui

Selain persyaratan dokumen, perhatikanlah hal penting berikut jika ingin pinjaman yang diajukan mendapatkan persetujuan. Hal penting tersebut adalah:

Rasio kredit maksimum besarnya adalah 4x nominal penghasilan setiap bulan. Jadi ajukanlah nilai yang tidak melebihi rasio tersebut.

Nominal pembayaran cicilan per bulan maksimum 30% dari penghasilan. Jadi pilihlah komposisi pinjaman dan jangka waktu yang tepat sehingga nominal cicilan bulanan tidak melebihi standar tersebut.

Memiliki rekam jejak riwayat kredit yang baik sehingga saat verifikasi data di SLIK OJK nasabah tidak masuk daftar hitam atau kredit macet.

Biaya yang Harus Diperhatikan

Saat melakukan pengajuan pinjaman nasabah akan mempelajari simulasi kredit yang akan memperlihatkan jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman dan cicilan pembayaran per bulan. Nantinya nasabah akan menentukan komposisi mana yang paling sesuai dengan kemampuannya membayar dan inilah yang akan disepakati.

Tapi diluar besaran pinjaman masih ada beberapa biaya lain yang terkait yang akan dibebankan pada nasabah saat pengajuan pinjamannya disetujui. Biaya tersebut adalah sebagai berikut:

Biaya Provisi. Biaya ini adalah biaya jasa atas persetujuan pengajuan pinjaman yang besarnya 1% dari total jumlah pinjaman (minimum Rp.100.000).

Biaya Pelunasan Lebih Awal. Jika nasabah ingin melunasi pinjamannya sebelum jangka waktunya berakhir maka akan dikenakan biaya pelunasan sebesar Rp. 200.000 bila sebelumnya telah 6x membayar cicilan.

Denda Keterlambatan. Biaya ini akan dikenakan jika nasabah terlambat membayar cicilan bulanannya dengan perhitungan 0,28% per hari keterlambatan. Karena itu usahakanlah agar jangan sampai terlambat membayar.

Suku Bunga KTA BCA

Setiap pinjaman dana tunai tidak akan terlepas dari masalah besaran bunga yang dikenakan sesuai jangka waktu berbeda. Untuk KTA BCA berikut adalah besarannya:

  • Jangka waktu 1 tahun dikenakan bunga tetap sebesar 1,00%.
  • Jangka waktu 2 tahun dikenakan bunga tetap sebesar 1,03%.
  • Jangka waktu 3 tahun dikenakan bunga tetap sebesar 1,07%.

Cara Pengajuan Pinjaman KTA BCA

Cara pinjaman uang di Bank BCA bisa dilakukan melalui beberapa cara agar nasabah bisa memilih yang mana lebih memudahkan secara pribadi. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Pengajuan Melalui Kantor Cabang BCA

Jika ingin mengajukan pinjaman melalui kantor cabang BCA carilah yang terdekat dengan tempat tinggal atau tempat kerja nasabah. Maksudnya adalah untuk memudahkan pengajuan dan proses tindak lanjutnya jika dibutuhkan. Cara pengajuannya adalah sebagai berikut:

  • Bawalah semua dokumen persyaratan yang sudah disiapkan.
  • Isilah formulir pengajuan pinjaman KTA.
  • Diskusikanlah simulasi kredit yang paling tepat untuk nasabah sesuai jumlah yang dibutuhkan.
  • Setelah membuat kesepakatan, proses verifikasi akan dimulai dan proses ini akan membutuhkan waktu maksimum 14 hari kerja.
  • Jika pengajuan disetujui maka BCA akan menghubungi nasabah secara langsung.

2. Pengajuan Melalui Aplikasi M-Banking

Cara pinjaman uang di Bank BCA bisa dipermudah dengan melakukannya melalui aplikasi M-Banking BCA jika nasabah tidak ingin pergi ke kantor cabang. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengajukannya:

  • Masuk ke aplikasi M-Banking BCA dan pilih menu “Info BCA”.
  • Lalu pilih opsi “Produk” lanjutkan dengan memilih opsi “Pinjaman Individual.”
  • Pilih pinjaman sesuai yang dibutuhkan dari tampilan opsi Kredit Sepeda Motor atau Kredit Kendaraan Bermotor atau Kredit Pemilikan Rumah.
  • Klik tombol “Ajukan Sekarang.”
  • Isilah formulir pengajuan pinjaman yang berisi data diri lalu klik tombol “Kirim” dan ceklis bagian Captcha.
  • Tunggu hingga selesai maka pengajuan pinjaman nasabah akan memulai prosesnya.
  • BCA akan memberikan jawaban setelah proses verifikasi selesai dilakukan.

Demikianlah pembahasan cara pinjaman uang di Bank BCA secara lengkap. Perhatikanlah bahasan di atas sebelum mengajukan pinjaman agar bisa memperlancar proses pengajuan dan nantinya tidak memberatkan nasabah dalam pembayaran cicilan bulanan. Dengan begitu nasabah memiliki rekam jejak yang baik.



 

0 Comments

Posting Komentar