7 Alasan Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan Padahal Saldo Cukup



Apakah Sobat Quena kadang bertanya kenapa Shopee PayLater tidak bisa digunakan padahal saldo cukup? Ada banyak faktor yang menyebabkan keadaan seperti ini namun selalu ada solusi untuk mengatasinya. Karena terkadang Shopee sedang mengalami kendala atau perangkat yang digunakan sedang bermasalah.

Alasan Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan

Berikut ini akan dibahas berbagai kendala yang dapat menyebabkan Shopee PayLater tidak bisa digunakan dan solusi untuk mengatasinya. Kendala bisa dari pihak pemilik akun atau bisa dari Shopee sendiri. Simaklah penjelasannya di bawah ini:

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa apakah jaringan dan koneksi internet stabil saat melakukan transaksi. Terkadang cuaca buruk atau lonjakan pemakaian membuat koneksi menjadi tidak stabil yang bisa mempengaruhi akses ke aneka fitur yang ada di Shopee.

Terkadang koneksi yang tidak stabil juga bisa mengacaukan proses berjalannya transaksi sehingga ada resiko pembelian ganda atau kesalahan pembayaran. Jadi saat ingin melakukan aneka transaksi pastikanlah koneksi internet yang stabil untuk mencegah kesalahan yang tidak diinginkan.

2. Belum Update Aplikasi Shopee

Setelah yakin koneksi internet aman, berikutnya adalah memeriksa apakah aplikasi Shopee yang digunakan sudah hasil update versi terbaru. Karena versi lama seringkali lambat dan beberapa fiturnya jadi sulit diakses, jadi harus rutin melakukan update agar semua fitur bekerja baik.

Untuk melihat versi yang digunakan sekarang cukup dengan melihatnya di bawah tombol Log Out (untuk Android) atau di opsi “Tentang” (untuk iOS). Versi terbaru untuk perangkat Android bisa didapatkan di Playstore dan untuk perangkat iOS dapat dicari di App Store.

3. Cache Shopee Overload

Hal ini seharusnya dilakukan secara rutin agar tidak menjadi terlalu penuh hingga sulit ‘loading’. Cara membersihkan cache tidak sulit yaitu masuk ke “Setting” (pengaturan) lalu pilih aplikasi Shopee lanjutkan dengan “Clear Cache” (bersihkan cache).

Setelah cache bersih biasanya semua fitur akan berfungsi kembali seperti semula. Toko juga bisa kembali menerima pembayaran PayLater setelah cache dibersihkan. Biasakanlah membersihkan cache secara rutin agar tidak ada fitur yang terganggu.

4. Akun Sedang Dalam Penangguhan

Alasan lain kenapa Shopee PayLater tidak bisa digunakan padahal saldo cukup adalah karena akun sedang ditangguhkan karena berbagai alasan. Misalnya terlambat melakukan pembayaran cicilan atau melakukan banyak pelanggaran peraturan (total 15 poin penalti) dan penangguhan bisa berlangsung selama 28 hari.

Shopee bisa melakukan penangguhan jika merasa transaksi yang dibuat dirasa tidak wajar, misalnya mendeteksi pembeli dan penjual adalah orang yang sama. Status akun ditangguhkan akan terlihat pada saat login atau check-out dengan munculnya pesan pop-up.

5. Ada Tagihan Tersisa

Meskipun sisa limit di fitur PayLater masih cukup untuk transaksi yang akan dilakukan, jika pemilik akun masih memiliki tagihan tersisa yang belum dibayar. Hal ini bisa menyebabkan fitur PayLater jadi tidak bisa digunakan.

Karena itu periksalah apakah ada sisa pembayaran yang belum selesai dan segera melunasinya agar fitur PayLater bisa digunakan kembali seperti biasanya. Karena terkadang ada biaya tambahan yang belum terbayar seperti denda atau lainnya.

6. Melakukan Transaksi Yang Tidak Menyediakan PayLater

Sistem pembayaran PayLater digunakan untuk mendanai transaksi pembelian nyata yaitu pembelian berbentuk barang. Misalnya produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, aneka produk fashion, makanan dan jenis barang lainnya.

PayLater tidak melayani pembayaran untuk transaksi seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan dan sejenisnya. Karena itu saat ingin melakukan pembayaran untuk transaksi non-barang, pilihan pembayaran tidak menampilkan opsi PayLater.

7. Kendala di Halaman Shopee PayLater

Terkadang Shopee sendiri mengalami kendala teknis di jaringannya sehingga transaksi yang dilakukan oleh pengguna menjadi tidak berhasil. Misalnya sedang mengadakan perawatan (maintenance) atau kendala Server. Jika hal di atas terjadi, cobalah tunggu beberapa saat dan ulangi lagi transaksinya.

Khususnya jika awalnya transaksi dilakukan di tengah malam, seringkali jaringan atau server sedang mengadakan perawatan hingga tidak bisa memproses transaksi. Beberapa kendala yang sering dialami oleh para pengguna PayLater adalah:

  • Tidak bisa masuk ke halaman PayLater.
  • “Metode Pembayaran” tidak memberikan pilihan saat ingin memilih cara pembayaran (Virtual Account, Indomaret atau ShoppePay).
  • Opsi “Bayar” tidak berfungsi saat ingin membayar tagihan PayLater.
  • Tombol PayLater berubah menjadi warna abu-abu sehingga tidak bisa dipilih dan diminta aktifkan sekarang.
  • Setelah memilih metode pembayaran ternyata Kode Pembayaran tidak muncul.

Informasi Mengenai Poin Penalti Penyebab Penangguhan Akun

Poin Penalti bisa dikenakan baik pada pembeli maupun penjual jika Shopee menganggap telah terjadi tindakan di bawah standar atau transaksi yang dirasa tidak wajar atau mencurigakan. Berikut adalah contohnya:

  • Pembeli yang sering membatalkan transaksi, ada tunggakan PayLater yang belum dilunasi, cara membayar yang tidak bagus sehingga mengurangi poin, fitur PayLater diaktifkan tapi jarang atau tidak pernah dipakai.
  • Penjual yang memberikan produk dengan mutu di bawah standar, pengiriman terlambat, barang yang dilarang, mengubah daftar jenis barang, memberikan diskon yang menyesatkan, membuat barang palsu atau membuat reproduksi dari barang asli tanpa ijin pemilik aslinya, kata kunci tidak relevan dengan produk sebenarnya.

Daftar pelanggaran yang terkena poin dapat dilihat dari pusat informasi Shopee di https://seller.shopee.co.id. Jika total pelanggaran telah mencapai 15 poin, masa pembatasan atau penangguhan yang dikenakan Shopee bisa mencapai 28 hari.

Poin penalti akan diatur kembali agar menjadi 0 (nol) setiap 3 bulan setelah mendapatkan pinalti. Pemilik akun juga bisa mengajukan banding dalam waktu maksimum 3 hari dan Shopee akan memeriksa buktinya dalam waktu 24 jam.

Nah Sobat Quena, demikian tadi pembahasan tentang kenapa Shopee PayLater tidak bisa digunakan padahal saldo cukup. Jika semua cara di atas tidak berhasil, hubungilah Call Center Shopee 24 Jam di nomor 1500702 atau email ke support@shopee.co.id.


0 Comments

Posting Komentar