Inilah Alasan Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Digunaakan



Shopee PayLater adalah sebuah fitur yang disediakan Shopee untuk para pelanggan terpilih agar bisa melakukan transaksi pembelanjaan namun membayarnya belakangan dengan sistem cicilan. Cicilan yang tersedia adalah 3 hingga 12 bulan.

Limit yang diberikan pada tiap pelanggan berbeda sesuai kebijakan Shopee tapi selama limitnya masih ada, pembelanjaan dengan sistem pembayaran PayLater masih bisa dilakukan. Makin sering bertransaksi menggunakan PayLater dan memiliki riwayat pelunasan yang baik, limit ini bisa bertambah.

Penyebab PayLater Tidak Bisa Digunakan

Tapi kenapa Shopee PayLater tidak bisa digunakan kadang-kadang? Memang terkadang ada saja kendala yang terjadi sehingga fitur PayLater ini tidak dapat digunakan. Ada beberapa penyebab kendala seperti ini terjadi, simaklah pembahasannya berikut ini:

1. Gangguan Jaringan

Hal ini bisa terjadi karena terkadang jaringan Shopee sedang menjalankan perawatan (maintenance) sistem sehingga tidak bisa memfasilitasi transaksi yang dilakukan. Penyebab lain barangkali jaringan Internet sedang tidak stabil.

2. Saldo Tidak Cukup

Untuk setiap transaksi Shopee akan menghitung total pembayaran secara keseluruhan yaitu harga barang, biaya cicilan, bunga dan biaya penanganan termasuk biaya ongkos kirim. Jika totalnya melebihi saldo limit yang tersedia, maka transaksi tersebut gagal.

3. Salah PIN

Untuk keamanan Shopee akan meminta pengguna untuk memasukkan 6 angka nomor PIN sebagai verifikasi untuk setiap transaksi yang dilakukan. Jika pengguna salah memasukkan nomor PIN maka transaksi dinyatakan gagal.

Berhati-hatilah agar tidak sampai 3x memasukkan nomor yang salah karena akun pengguna akan diblokir.

4. Merchant Tidak Melayani Shopee PayLater

Selain untuk berbelanja melalui aplikasi Shopee, pengguna juga bisa menggunakan fitur PayLater untuk berbelanja di merchant lain yang bekerja sama dengan Shopee. Jika transaksi dilakukan pada merchant yang tidak melayani cara pembayaran seperti ini, fitur ini jadi tidak bisa digunakan.

5. Kekeliruan Penggunaan Voucher

Shopee sering mengadakan acara promosi dan memberikan voucher untuk berbelanja namun perhatikanlah karena tidak semuanya mendukung pembayaran dengan PayLater. Jika ini terjadi maka fitur ini jadi tidak berfungsi.

6. Fitur Belum Upgrade

Seperti umumnya semua aplikasi, Shopee juga perlu di upgrade aplikasinya ke Shopee PayLater Plus. Jika belum mengikuti upgrade terbarunya, terkadang fitur ini jadi tidak bisa digunakan. Cobalah rutin melakukan upgrade agar bisa menikmati kemudahannya.

7. Smartphone Bermasalah

Terkadang smartphone yang sarat aplikasi menjadi sering error. Langkah pertama adalah membuang aplikasi yang sudah lama tidak digunakan agar tidak memberatkan memori. Bersihkan juga dari chache-nya agar semua sampah bisa dibuang.

Cara Mengatasi PayLater yang Tidak Bisa Digunakan

Setelah mengetahui berbagai kendala penyebab kenapa Shopee PayLater tidak bisa digunakan, berikut ini adalah pembahasan mengenai cara mengatasinya:

1. Memastikan Saldo Cukup

Sebelum melakukan proses pembelian barang, ada baiknya memastikan dulu agar saldo limit yang tersedia pada fitur PayLater masih lebih dari harga barang yang dibeli. Ini untuk memberikan toleransi atas aneka biaya yang dikenakan atas pembelian dan penggunaan metode pembayaran PayLater.

2. Pelunasan Cicilan

Jika pengguna masih memiliki cicilan yang belum selesai dan jumlahnya ternyata cukup besar, mungkin sisa saldo limit jadi tidak mencukupi untuk transaksi berikutnya. Karena itu lunasi atau bayar cicilan yang berjalan untuk memenuhi kembali limit yang diberikan.

3. Jaringan yang Stabil

Umumnya jika transaksi dilakukan pada waktu orang umum berkegiatan, jaringan Shopee tetap baik. Maintenance atau perawatan jaringan biasanya dilakukan saat tengah malam agar tidak mengganggu kegiatan transaksi. Jadi sebaiknya lakukanlah transaksi pada jam yang umum.

Atau juga saat sedang dalam masa promosi Shopee sehingga banyak transaksi yang memanfaatkan diskon besar dan aneka kemudahan tambahan yang diberikan. Jaringan Shopee bisa sangat sibuk sehingga bisa mengganggu transaksi yang dilakukan.

Selain jaringan internal Shopee, pastikan juga jaringan Internet pengguna cukup stabil untuk melakukan transaksi di Shopee. Agar tidak mengacaukan transaksi PayLater-nya nanti.

4. PIN

Berhati-hatilah dengan nomor PIN yang digunakan karena jika salah memasukkan PIN sebanyak 3x, akun pengguna akan diblokir oleh Shopee untuk tujuan keamanan. Jika memang sama sekali tidak bisa mengingatnya dan tidak menyimpan catatan rahasia, lebih baik hubungi Customer Service.

Customer Service Shopee bisa dihubungi di 1500702 atau di 021-39500300. Lakukanlah pembuatan PIN yang baru agar akun pengguna tidak diblokir.

5. Cek Merchant

Sebelum berbelanja di merchant yang dituju, tanyakanlah dulu apa merchant tersebut menerima pembayaran dan bekerja sama dengan Shopee PayLater. Karena jika tidak bisa, maka pembelian yang dilakukan di tempat itu tidak bisa dibayar dengan PayLater tapi harus dengan cara lain.

6. Smartphone atau Aplikasi Bermasalah

Seperti dibahas sebelumnya, smartphone sarat aplikasi bisa membuat perangkat menjadi error. Bersihkan dulu aplikasi yang tidak lagi digunakan, bersihkan cache lalu re-start. Biasanya aplikasi yang masih ada akan meminta upgrade, lakukan saja agar selalu mendukung aneka kebutuhan.

Selain smartphone, kadang aplikasi itu sendiri yang bermasalah. Jika aplikasi Shopee masih versi yang lama, segeralah upgrade ke Shopee PayLater Plus. Sehingga tidak akan mendapatkan kendala saat melakukan transaksi.

7. Hubungi Call Center

Jika semua telah dilakukan tapi fitur PayLater masih tidak bisa digunakan, hubungi segera Customer Service Shopee di 1500702 atau di 021-39500300. Agar bisa dibantu untuk menyelesaikannya.

Demikianlah penjelasan kenapa Shopee PayLater tidak bisa digunakan saat pengguna membutuhkannya. Selalu periksa dulu aneka kendala yang terjadi secara internal sebelum menghubungi Call Center untuk memastikan karena biasanya CS akan menanyakan hal yang sama.



0 Comments

Posting Komentar