Penting! Ini Kerugian Menggunakan Kredivo Sebagai Layanan Pendanaan



Sebagai salah satu penyedia layanan peminjaman dana tunai tanpa jaminan Kredivo sudah terkenal karena proses cepat dan pilihan bentuk pinjamannya beragam. Namun selain keuntungan yang diberikan, ada beberapa kerugian menggunakan Kredivo yang juga perlu dijadikan pertimbangan jika ingin mengajukan pinjaman.

Kredivo menyediakan beberapa alternatif pendanaan dengan limit berbeda dan jangka waktu cicilan yang bervariasi dan masing-masing bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemohon. Tapi perhatikan juga bunga dan biaya lain yang menyertainya agar tidak salah pilih. Sekarang simak bahasannya di bawah ini:

Kerugian Menggunakan Kredivo Sebagai Layanan Pendanaan

Sebagai layanan pendanaan tentu harus mendapatkan keuntungan dari memberikan pinjaman dan bentuknya tentu bunga atas pinjaman tersebut. Bunga yang dikenakan cukup besar apalagi jika terjadi keterlambatan, biayanya membengkak akibat denda yang besar. Lihat bahasan kerugian lainnya di bawah ini:

1. Bunga yang Cukup Tinggi

Bunga sebesar 2,6 persen per bulan atau 31.2 persen setahun jadi dapat dihitung untuk dijadikan pertimbangan akan mengambil skema cicilan berapa bulan untuk melunasi pinjaman. Pertimbangkan dengan kemampuan membayar setiap bulannya agar bisa menghindari denda keterlambatan dan beban lainnya.

Bunga akan tetap dihitung dari nominal pinjaman yang diberikan walaupun kenyataannya dana yang diterima langsung terpotong biaya administrasi sebesar 6 persen sejak awal. Untuk jangka waktu cicilan tertentu masih dikenakan biaya layanan dan biaya tambahan pada setiap transaksi.

2. Beban Biaya Lain yang Cukup Besar

Salah satu kerugian menggunakan Kredivo adalah adanya berbagai biaya lain yang dikenakan atas pinjaman yang dibuat, tergantung dari tenor yang disepakati. Tenor tiga hingga enam bulan terkena biaya administrasi 6 persen dari nominal pinjaman yang disetujui dan dipotong di muka.

Jika Kredivo digunakan untuk pembayaran transaksi belanja maka ada biaya layanan sebesar 2 persen untuk pembayaran 30 hari. Kemudian ada biaya tambahan yang dikenakan per transaksi sebesar 1 persen atau minimum Rp. 1000. Cukup lumayan jika dihitung ke nominal pinjaman.

3. Tenor Pinjaman yang Singkat

Jangka waktu cicilan yang diberikan oleh Kredivo bisa dibilang cukup singkat karena tenor terpanjang hanya 12 bulan. Alternatif lain adalah 30 hari, tiga bulan dan enam bulan dengan skema bunga dan biaya yang masing-masing berbeda.

Dengan jangka waktu yang singkat si peminjam harus bijak dalam menggunakan dana yang diterimanya agar tidak kesulitan saat harus membayar cicilannya. Apalagi jika mengambil jangka waktu yang pendek padahal nominal pinjamannya besar, ini bisa memberatkan jika dana pengembaliannya belum siap.

4. Sulit Menahan Keinginan Konsumtif

Untuk pinjaman dana tunai, uang yang diterima terkadang membuat peminjam menjadi konsumtif sehingga akhirnya tidak digunakan sesuai tujuan peminjaman. Padahal nantinya bisa menyulitkan saat kebutuhan pentingnya membutuhkan dana. Belum lagi bunga dan biaya lainnya menjadi beban saat membayar.

Lain lagi dengan limit kredit untuk belanja yang bisa membuat lupa diri dan berbelanja sesuai keinginan bukan kebutuhan sehingga limit terpakai secara kurang bijak. Dikhawatirkan jika saat membutuhkan sesuatu yang penting malah sudah kehabisan limit.

5. Harga Barang Menjadi Lebih Mahal

Memiliki limit kredit untuk berbelanja memang memudahkan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Namun jika dihitung dengan biaya layanan, biaya administrasi dan biaya bunga yang dikenakan atas pinjaman, harga barang tersebut menjadi lebih mahal.

Jika dibandingkan dengan membeli langsung setelah dana cukup, perbandingannya jadi terlihat cukup lumayan. Kecuali barang yang dibeli memang cukup mendesak dan tidak ada pilihan lain selain menggunakan Kredivo.

6. Resiko Skor Kredit Buruk di SLIK OJK

Jika terjadi keterlambatan apalagi berulang kali kemudian sampai gagal bayar, resiko kredibilitas bisa terganggu dengan pelaporan ke SLIK OJK. Sehingga jika ingin mengajukan permohonan pinjaman untuk urusan lain di tempat lain, bisa menyulitkan untuk mendapatkan kredit.

Karena semua data pemohon pinjaman akan tercatat riwayatnya dan mendapatkan skor kredit yang bisa dijadikan acuan bagi para pemilik dana. Apakah akan diberikan pinjaman, dengan limit berapa, apakah resikonya tinggi terjadi gagal bayar, dan berbagai pertimbangan lainnya.

7. Data Kontak Bisa Disalahgunakan

Saat pertama mengajukan pinjaman pemohon akan diminta memberikan ijin akses handphone pada Kredivo untuk pengecekan lokasi dan lainnya. Arsip data kontak bisa diperoleh dari akses yang diberikan ini sehingga rentan terjadinya penyalahgunaan data.

Jika terjadi tunggakan berulang, bukan tidak mungkin data kontak diakses lalu diberikan pesan agar membantu pembayaran tunggakan si peminjam. Sehingga semua nama di data kontak jadi tahu masalah yang dihadapi dan bisa mengakibatkan si peminjam kehilangan pekerjaannya.

Informasi Alternatif Jenis Pinjaman Kredivo

Sobat Quena perlu mengetahui jenis layanan pinjaman apa saja yang ditawarkan oleh Kredivo sebelum memutuskan untuk membuat permohonan pendanaan. Perhatikan jangka waktu dan berbagai beban yang termasuk di dalamnya seperti yang terlihat seperti berikut:

1. “Paylater Bayar dalam 30 Hari”

Transaksi pembelanjaan tanpa bunga beli langsung tapi dibayar dalam 30 hari tanpa bunga. Limitnya tiga juta rupiah dengan biaya layanan 1 persen atau minimum Rp. 1000. Denda 6 persen dan bunga keterlambatan 4 persen per 30 hari dihitung dari nominal transaksi.

2. “Cicilan Hingga 12 Bulan”

Skema cicilan 12 bulan yang limitnya hingga Rp. 30 juta dengan transaksi minimum Rp. 1 juta. Bunga 2,6 persen per bulan dan tanpa biaya administrasi. Denda 6 persen dan bunga keterlambatan 4 persen per 30 hari dihitung dari nominal transaksi.

3. “Pinjaman Mini”

Pinjaman dana tunai tanpa agunan dengan jangka waktu 30 hari yang limitnya Rp. 500 ribu. Bunga 2,6 hingga 4 persen tergantung jenis akun dengan biaya administrasi 6 persen, denda keterlambatan 3 persen dan bunga keterlambatan 2,95 persen.

4. “Pinjaman Jumbo”

Pinjaman dana tunai tanpa agunan ini limitnya mencapai Rp. 30 juta dengan tenor tiga hingga enam bulan. Biaya administrasi 6 persen dengan bunga 2,6 persen. Jika terlambat membayar maka akan terkena bunga keterlambatan 2,95 persen dan denda keterlambatan 3 persen.

Sobat Quena telah melihat kerugian menggunakan Kredivo walaupun barangkali bisa membantu di saat mendesak karena pencairan yang cepat. Perhitungkanlah semua hal penting termasuk biaya yang harus ditanggung saat membayar cicilan agar tidak memberatkan kemampuan.




0 Comments

Posting Komentar