Limit Akulaku Tidak Bisa Digunakan? Ini Penyebab dan Solusinya



Saat melakukan registrasi di Akulaku dan mengajukan limit kredit biasanya Akulaku memberikan limit kredit awal hingga Rp. 1,5 juta. Limit ini bisa meningkat dengan seringnya digunakan. Namun terkadang timbul kendala limit Akulaku tidak bisa digunakan saat bertransaksi.

Banyak penyebab sehingga limit ini tidak bisa digunakan dan semuanya memiliki solusi untuk memperbaikinya agar berfungsi kembali. Penyebab paling umum adalah karena adanya tunggakan pembayaran namun ada penyebab lainnya juga. Simaklah bahasan lengkap dan penyelesaiannya di bawah ini:

Penyebab Limit Tidak Bisa Digunakan

Ada beberapa penyebab yang membuat limit Akulaku tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian. Penyebab utamanya adalah penggunaan limit yang tidak sesuai aturan yang berlaku atau memang karena limit yang tidak cukup untuk bertransaksi seperti dijelaskan di bawah ini:

1. Ada Cicilan Tertunggak

Ini adalah penyebab utama sehingga limit tidak bisa digunakan walaupun masih cukup untuk melakukan transaksi. Karena untuk melakukan transaksi baru, pemilik akun harus menyelesaikan dulu pembayaran atau cicilan pelunasan yang sebelumnya. Walaupun mungkin sisa limit masih cukup untuk transaksi baru.

Berhati-hatilah agar selalu tepat waktu dalam melakukan pembayaran cicilan agar tidak terkena denda dan selalu mempertahankan skor kredit yang baik. Dengan begitu limit bisa bertambah dan menghindari masalah gagal bayar. Karena hal ini mempengaruhi penilaian Akulaku untuk penambahan limit.

2. Melakukan Pembelian Melebihi Limit

Penyebab berikutnya adalah karena melakukan pembelian yang harganya melebihi limit yang diberikan. Nilai nominal transaksi seharusnya berada di bawah atau maksimum sama dengan limit yang dimiliki. Ingatlah bahwa nominal transaksi juga dihitung termasuk biaya ongkos kirim dan biaya lainnya.

Jika limit tidak mencukupi biasanya akan diberikan pilihan apakah akan menggunakan uang muka agar sebagian beban harganya bisa dikurangi. Namun ini berarti pemilik akun harus menyediakan dana awal sebagai uang muka lalu sisanya dibayar secara kredit dengan limit Akulaku.

3. Kredit Point Tidak Cukup

Jika pemilik akun tidak memiliki masalah seperti dua hal yang disebutkan di atas, maka kemungkinan penyebabnya adalah karena jumlah kredit point-nya tidak cukup. Akulaku menetapkan batas minimal kredit point untuk bisa menggunakan limit kredit adalah sebesar 700 point.

Karena itu pemilik akun harus bisa menaikkan kredit point-nya agar bisa menggunakan limit kredit yang diberikan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan point misalnya dengan seringnya melakukan transaksi atau cara lain yang bisa diketahui dari aplikasinya.

Solusi Penyelesaian Penggunaan Limit

Setelah mengetahui berbagai alasan limit Akulaku tidak bisa digunakan kini dibahas cara mengatasinya agar bisa berfungsi kembali. Ingatlah bahwa adanya limit kredit bisa membantu mencukupi kebutuhan jadi usahakan agar tetap aktif dengan cara seperti yang dijelaskan ini:

1. Bayarlah Cicilan Tepat Waktu

Seperti yang dibahas sebelumnya pembayaran yang tepat waktu akan bisa menaikkan kredit point dan membuat riwayat pembayaran yang baik. Dengan begitu limit kredit selalu tersedia untuk melakukan transaksi kapan saja saat dibutuhkan dan bisa dipertimbangkan penambahan limit.

Selain itu harus diingat bahwa dengan adanya keterlambatan apalagi gagal bayar ada resiko biaya tambahan yang harus ditanggung. Denda sebesar 2 persen mulai hari ke-7 akan meningkat menjadi 4 persen di hari ke-14 dan terlambat sebulan bisa mencapai 10 persen.

2. Lakukan Transaksi Tunai

Sebelum melakukan transaksi dengan menggunakan kredit limit sebagai metode pembayaran, lakukanlah pembayaran secara tunai sebesar Rp. 200 ribu lebih dulu. Transaksi ini bisa dilakukan misalnya dengan membeli pulsa atau membayar tagihan seperti listrik melalui Akulaku.

Melakukan transaksi tunai juga bisa meningkatkan kredit point karena dinilai aktif bertransaksi tanpa adanya tunggakan. Khususnya bagi pengguna baru yang belum memiliki riwayat kredit yang bisa dilihat oleh Akulaku.

3. Tingkatkan Kredit Point

Limit kredit yang diberikan Akulaku pada pemilik akun tidak bisa digunakan jika kredit point-nya belum mencapai 700 point sebagai persyaratan minimal. Point bisa didapatkan dengan aktif menggunakan Akulaku untuk berbagai transaksi tunai atau dengan mengunggah beberapa dokumen penting.

Dokumen yang bisa membantu meningkatkan point kredit adalah menyertakan slip gaji, mengisi data diri lebih lengkap. Bisa juga dengan menghubungkan Akulaku dengan akun pribadi lainnya seperti akun e-commerce, akun BPJSTKU atau dengan mengajak kenalan menggunakan Akulaku juga.

4. Lakukan Pinjaman KTA Asetku

KTA Asetku adalah pinjaman dana tunai yang dimiliki oleh cabang Akulaku. Pinjaman ini memiliki limit maksimal sebesar Rp. 3 juta. Pengajuan dapat dilakukan melalui aplikasi Akulaku dengan waktu pengembalian paling lama 30 hari. Proses pencairannya cepat dan persyaratan dokumen mudah.

5. Hubungi Customer Service Akulaku

Jika cara diatas tidak membuahkan hasil maka Sobat Quena lebih baik menghubungi Customer Service Akulaku agar bisa dicarikan solusi penyelesaiannya. Call Center bisa dihubungi jam 08.00-21.00 di 1500920 atau kirim email ke cs.id@akulaku.com. Juga Whatsapp di nomor 0811.1350.8161.

Informasi Mengenai Kredit Point Akulaku

Seperti yang telah dibahas di atas, kredit point memiliki pengaruh penting bagi sebuah akun di Akulaku. Karena bisa membuka limit kredit untuk transaksi belanja, meningkatkan nilai limit dan memberikan skor kredit yang baik bagi pemilik akun. Cara mendapatkan point antara lain:

  • Memiliki riwayat penggunaan aplikasi yang aktif.
  • Pembayaran cicilan yang tepat waktu.
  • Memasukkan dokumen tambahan.
  • Menghubungkan Akulaku dengan akun pribadi lain.

Untuk melihat skor kredit point yang sudah dimiliki hingga saat ini pemilik akun bisa melihatnya di aplikasi Akulaku setelah sebelumnya mengunduh aplikasi Akulaku Finance di https://www.Akulakufinance.co.id. Dari aplikasi ini pemilik akun bisa melihat skor kredit, limit kredit dan saldo.

Demikianlah Sobat Quena pembahasan mengenai limit Akulaku tidak bisa digunakan dan cara penyelesaiannya. Manfaatkanlah kegunaan limit secara optimal dan seringlah bertransaksi sehingga mendapatkan point yang bagus dan limit yang tetap aktif agar tersedia saat dibutuhkan.



0 Comments

Posting Komentar