Cara Mengajukan Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah Agar Berhasil



Jika Sobat Quena membutuhkan dana untuk berbagai urusan apalagi untuk digunakan sebagai modal usaha, pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah dapat menjadi solusinya. Persyaratannya tidak sulit dipenuhi dan kredit yang diberikan juga sepadan dengan jaminan yang diberikan.

Tersedia beberapa jenis pinjaman yang disediakan tinggal menyesuaikan mana yang paling cocok. Kemudian tinggal mengajukan permohonan setelah semuanya dilengkapi. Simaklah berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai pinjaman Bank BRI ini:

Persyaratan Pengajuan Pinjaman

Syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon sebenarnya cukup banyak karena terbagi menjadi persyaratan umum dan khusus. Persyaratan umum adalah data pribadi dan kelengkapannya, sedangkan persyaratan khusus adalah yang terkait dengan sumber penghasilan atau usaha, simak detail penjelasannya di bawah ini:

  • Pemohon adalah WNI dan dibuktikan dengan copy KTP dan KK.
  • Usia minimum 21 tahun dan usia maksimum saat kredit selesai adalah 60 tahun.
  • Copy NPWP dan Surat Nikah.
  • Pas foto ukuran 4x6 – 2 buah.
  • Sediakan copy Sertifikat Rumah yang akan dijadikan jaminan (SHM atau SHGB).
  • Tidak memiliki kredit bermasalah, sesuai dengan hasil pemeriksaan di SLIK OJK.
  • Belum memiliki fasilitas pinjaman perbankan selain BRI.
  • Melampirkan copy buku tabungan atau rekening koran.
  • Memberikan copy buku tabungan BRI.
  • Memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap atau sudah menjalankan usaha minimum 1 tahun.
  • Untuk karyawan harus melampirkan bukti penghasilan atau surat keterangan dari tempat bekerja.
  • Bagi wirausahawan melampirkan copy SKU atau SIUP atau NIB.
  • Jika pemohon profesional bisa melampirkan copy surat ijin praktek.

Jenis Pinjaman Bank BRI

Setelah semua persyaratan di atas dilengkapi, langkah berikutnya dalam pengajuan pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah adalah menentukan pinjaman yang sesuai. BRI menyediakan 3 jenis pinjaman berbeda yang dapat dipilih yaitu:

1. Kredit Usaha Rakyat

Disebut juga KUR kecil atau retail BRI ini memberikan besaran pinjaman sampai Rp. 500 juta dengan masa pengembalian maksimum lima tahun. Namun untuk mengajukan kredit ini pemohon harus memenuhi persyaratan tambahan yaitu memiliki usaha kecil dan menengah atau UMKM.

Bunga yang dikenakan atas pinjaman ini sebesar 6 persen per tahun. Tidak dikenakan biaya lain seperti administrasi dan biaya provisi. Pinjaman ini juga tidak membutuhkan uang muka.

2. Kredit Umum Pedesaan

Kredit ini diberikan bagi warga masyarakat di daerah pedesaan yang memiliki usaha atau memiliki pekerjaan misalnya sebagai petani. Besaran kredit yang disediakan bisa mencapai Rp. 250 juta dengan jangka waktu pengembalian maksimum lima tahun.

Untuk kredit ini bunga yang dikenakan adalah 5 persen per tahun dengan biaya tambahan sebagai biaya administrasi sebesar Rp. 100 ribu. Namun tidak dikenakan biaya provisi dan tidak membutuhkan uang muka.

3. Kredit Kepemilikan Rumah

Jenis kredit ini memang dikhususkan untuk tujuan pembelian rumah atau tempat tinggal atau jika ingin melakukan renovasi atau perbaikan tempat tinggal. Biasanya pengajuan pinjaman menggunakan jaminan sertifikat rumah untuk kredit jenis ini akan lebih mudah disetujui.

Berbeda dengan kedua jenis kredit di atas, bunga yang dikenakan atas pinjaman ini adalah 0,9 – 1,2 persen per bulan dengan tambahan biaya administrasi sebesar 1 persen dan biaya provisi 0,1 persen. Juga mensyaratkan adanya uang muka minimal 10 persen.

Cara Pengajuan Pinjaman

Berbeda dengan KTA BRI yang pengajuannya bisa dilakukan secara online, untuk pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah harus dilakukan langsung di cabang Bank BRI terdekat. Alasannya adalah karena Bank BRI harus memeriksa seluruh dokumen khususnya sertifikat rumah yang dijaminkan.

Pastikan seluruh persyaratan yang dibutuhkan sudah terpenuhi seperti yang disebutkan di atas dan telah memilih jenis kredit yang diinginkan. Lalu datanglah ke cabang Bank BRI terdekat dengan membawa seluruh persyaratan dan lakukan langkah berikutnya:

1. Temui Customer Service

Sesuai dengan aturannya, ambil nomor antrian dan temui CS untuk menyatakan keinginan mengajukan permohonan pinjaman. Nanti CS akan membantu memberitahukan syarat dan ketentuan yang berlaku lalu akan meminta pemohon untuk mengisi formulir pengajuan pinjaman.

Isilah formulir pengajuan secara lengkap dan benar sesuai dengan data persyaratan yang sudah disiapkan. Lampirkan seluruh persyaratan yang dibawa setelah formulir lengkap diisi. Setelah semuanya diperiksa lengkap oleh CS, pengajuan akan mulai diproses.

2. Tunggu Proses Validasi dan Verifikasi

Bank BRI nanti akan memulai proses pengajuan pinjaman dengan melakukan validasi data diri serta kelengkapan pribadi lainnya. Kemudian memverifikasi semua persyaratan lengkap yang diberikan, misalnya skor kredit di SLIK OJK, status pekerjaan atau usaha dan pemeriksaan rumah yang dijaminkan.

Perlu diketahui bahwa besaran pinjaman yang diberikan tidak akan melebihi nilai taksiran rumah yang dijaminkan, biasanya sekitar 80 persen saja. Ada persyaratan standar yang harus dipenuhi agar rumah tersebut dianggap memenuhi syarat untuk dijadikan jaminan dan pertimbangan kredit.

3. Kembali ke Bank BRI

Jika permohonan disetujui maka pemohon harus kembali ke cabang pengajuan untuk melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman. Sebelum menandatangani semua berkasnya bacalah dulu dengan seksama karena banyak point penting yang harus diperhatikan.

Perhatikan lagi nominal pinjaman yang diberikan, berapa besar bunga yang dikenakan, biaya tambahan lain jika ada. Kemudian berapa nominal cicilan per bulan dan tanggal jatuh tempo pembayaran cicilannya. Diskusikanlah nominal yang sesuai dengan kemampuan membayar bulanan agar tidak menyulitkan.

4. Terima Transfer Dana

Setelah berkas perjanjian pinjaman selesai disepakati dan ditanda-tangani, pemohon tinggal menunggu dana dicairkan ke rekening pribadi. Biasanya proses ini tidak memakan waktu lama, selalu dilakukan di hari yang sama setelah penanda-tanganan.

Nah Sobat Quena kini sudah memahami cara dan persyaratan pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah jika ingin mengajukan permohonan. Sebagai informasi, Call Center BRI bisa dihubungi dengan telepon ke 14017 atau 1500017 juga dengan mengirimkan email ke callbri@bri.co.id.



0 Comments

Posting Komentar