Tips Melakukan Pinjaman Online Limit Besar Tenor Panjang dan Rekomendasi Aplikasinya!


Kebutuhan sehari-hari semakin meningkat setiap saat. Akan tetapi, meningkatnya kebutuhan tersebut tidak diikuti dengan pendapatan. Kehadiran pinjaman online bisa dijadikan pilihan yang bagus untuk menambahkan dana yang dimiliki, baik untuk memenuhi kebutuhan atau sebagai modal usaha. Berbagai platform pinjaman online menjamur saat ini. Mulai dari pinjaman limit kecil tenor pendek hingga pinjaman online limit besar tenor panjang.

Pinjaman dengan tenor yang panjang cocok bagi masyarakat yang ingin membuka sebuah usaha. Karena ketika ingin mengembalikan modal yang dikeluarkan butuh waktu yang cukup lama dan tidak instan. Ditambah jumlah pinjaman yang tidak kecil, panjangnya tenor dapat meringankan cicilan yang dilakukan oleh pelaku usaha.

Untuk keamanan, Sobat Quena tidak perlu khawatir karena sekarang pinjaman-pinjaman online sudah terawasi OJK. Jika sudah terawasi, peminjam akan lebih terlindungi dari kemungkinan praktik penipuan atau bunga yang mencekik. Sebelum memutuskan melakukan pinjaman, sebaiknya Sobat Quena mengetahui tips dalam mengajukan pinjaman serta rekomendasi platform pinjaman online yang aman. Yuk, simak ulasan berikut!

Tips dan Trik Melakukan Pinjaman Online dengan Aman

Sebelum melakukan pinjaman online, peminjam perlu memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan limit serta tenor. Karena jika tidak memperhitungkan segala aspek, pinjaman online dapat menyusahkan diri sendiri. Berikut adalah tips dan trik dalam memilih limit dan tenor pinjaman online yang aman:

1. Mengukur Kemampuan Bayar

Ketika melakukan peminjaman, tentu limit yang diajukan perlu dibayar di kemudian hari. Untuk itu, peminjam perlu mengetahui berapakah jumlah limit dan cicilan yang disanggupi untuk dibayar nanti. Mengetahui kemampuan tersebut bisa diukur dengan pendapatan yang didapatkannya setiap bulan. Jika cicilan per bulannya ternyata lebih tinggi dibanding dengan kemampuan bayar, tentu akan merepotkan diri peminjam sendiri.

Selain merepotkan diri sendiri, ketika melakukan pinjaman online tanpa melihat kemampuan bayar bisa berakibat pada buruknya catatan pinjaman pada sistem. Setiap pinjaman akan ter-record pada sebuah sistem bernama SLIK atau Informasi Debitur milik OJK. Jika seseorang menunggak, tentu akan terlihat di sistem tersebut dan bisa menyulitkan jika ingin melakukan pinjaman di kemudian hari.

2. Mempertimbangkan Menggunakan Asuransi Kredit

Saat melakukan pinjaman jangka panjang, seseorang tidak pernah tahu musibah atau kejadian apa yang mungkin akan menimpanya. Dalam jangka waktu tersebut, sangat mungkin apabila peminjam yang bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran mengalami kecelakaan, pemutusan kerja, atau bahkan meninggal. Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada pembayaran cicilan yang dilakukan.

Jika itu terjadi, pihak pinjaman online akan tetap melakukan penagihan atas hutang yang belum terbayar. Untuk menanggulangi resiko tersebut, peminjam bisa memanfaatkan asuransi kredit yang biasanya ditawarkan atau aktif secara otomatis ketika melakukan pinjaman. Penggunaan asuransi ini perlu dipertimbangkan agar jika terjadi sesuatu pada peminjam, tidak membebani keluarga atau orang terdekat yang ditinggalkan.

3. Memilih Limit dengan Perhitungan Keseluruhan yang Paling Ringan

Saat pertama kali melakukan pinjaman online, calon peminjam akan diminta untuk memasukkan pendapatan per bulannya. Hal ini dibutuhkan dalam perhitungan Annual Percentage Rate atau APR yang mencakup seluruh biaya untuk nantinya dibayarkan dalam cicilan. Dari hasil perhitungan tersebut, akan diketahui jumlah cicilan yang harus dibayar oleh peminjam. Sebaiknya pilihlah jumlah APR yang paling ringan.

Selain berdasarkan pendapatan, jumlah cicilan yang harus dibayar bisa terlihat dari limit yang dipilih. Pada aplikasi atau web pinjaman online akan disediakan kalkulator untuk menghitung estimasi total uang yang diterima beserta biaya dan cicilannya. Untuk itu, sebaiknya pilih limit dengan biaya paling ringan. Karena dapat menghindari kemungkinan hutang tidak bisa terbayar.

Rekomendasi Pinjaman Online yang Memiliki Limit Besar dan Tenor yang Panjang

Setelah mengetahui tips dan trik melakukan pinjaman online dengan aman, sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja pinjaman online limit besar tenor panjang yang sangat recommended. Platform pinjaman online yang akan direkomendasikan sudah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan sehingga aman untuk melakukan transaksi. Penasaran apa saja rekomendasinya? Berikut ulasannya!

1. Kredivo

Sudah sangat akrab dengan aplikasi Kredivo, bukan? Salah satu platform pinjaman online ini memungkinkan untuk memberikan limit pinjaman besar dan tenor yang panjang. Kredivo menyediakan berbagai tenor mulai dari 30 hari hingga 1 tahun. Limitnya pun beragam. Limit tertinggi yang ditawarkan aplikasi ini adalah Rp 30.000.000,-.

Untuk mengajukan pinjaman online limit besar tenor panjang melalui aplikasi ini sangatlah mudah. Calon peminjam hanya perlu memasukkan data seperti KTP dan NPWP. Setelah data di verifikasi, peminjam dapat memilih tenor dan limit sesuai dengan kebutuhan. Perlu menunggu beberapa saat hingga dana berhasil dicairkan.

2. ModalKu

Platform pinjaman online limit besar tenor panjang selanjutnya adalah ModalKu. Platform ini menargetkan produk pinjamannya untuk UMKM. Sehingga limit serta tenornya lebih besar dibandingkan pinjaman online lainnya. Limit yang ditawarkan ModalKu bisa mencapai Rp 2.000.000.000,-. Sedangkan tenornya paling panjang adalah sampai 2 tahun.

Dalam pengajuannya, calon peminjam perlu memberikan dokumen yang lengkap terkait perusahaan. Cara mengajukannya adalah dengan mengunjungi website atau unduh aplikasinya. Proses verifikasi akan berjalan selama maksimal 5 hari hingga dinyatakan berhasil. Hal tersebut dikarenakan limit yang sangat besar sehingga perlu pemeriksaan mendalam. Tidak hanya perorangan, perusahaan PT dan CV juga bisa mengajukan pinjaman di ModalKu.

3. Koinworks

Rekomendasi pinjaman online selanjutnya adalah Koinworks. Platform pinjaman online ini merupakan perusahaan P2P lending yang memungkinkan peminjam mendapatkan dana tanpa perantara bank. Model pendanaan seperti ini membuat peminjam lebih cepat dalam mendapatkan dana karena pinjaman diterima langsung dari pemilik dana. Saat ini perusahaan P2P lending sedang berkembang pesat di Indonesia.

Pengajuan pinjaman di Koinworks dapat melalui website atau aplikasi yg bisa digunakan pada sistem HP apapun, baik iOS maupun Android. Limit tertinggi pinjaman yang ditawarkan platform ini mencapai Rp 500.000.000,-. Sedangkan tenornya bisa mencapai 2 tahun. Untuk mengajukan pinjaman, peminjam hanya perlu memberikan KTP dan memiliki penghasilan tetap sebagai syaratnya.

4. Tunaiku 

Tunaiku merupakan salah satu pinjaman online limit besar tenor panjang yang patut direkomendasikan. Aplikasi yang masih di bawah naungan Amar Bank ini dapat dijadikan sumber pendanaan yang menjanjikan. Di Tunaiku, peminjam tidak harus memiliki slip gaji dan NPWP sehingga proses peminjamannya bisa lebih cepat di setujui.

Untuk limit sendiri, aplikasi Tunaiku memiliki limit tertinggi hingga Rp 20.000.000,-. Dan untuk pelunasannya, tenor terlama yang diberikan ada 20 bulan. Untuk persentase bunga, peminjam akan diberikan sebanyak 3 sampai 4 persen setiap bulannya. Selain itu juga terdapat biaya administrasi ya akan dipotong di muka sebesar Rp 540.0000,-.

5. KlikACC

Kemudian terdapat KlikACC sebagai rekomendasi pinjaman online dengan tenor dan limit yang besar. Sama seperti aplikasi lainnya, KlikACC menggunakan metode P2P lending sebagai metode peminjamannya. Platform pinjaman online ini dapat diakses melalui website resmi atau aplikasi yang tersedia, baik di Android maupun iOS.

KlikACC dapat memberikan limit pinjaman hingga Rp 2.000.000.000,-. Untuk tenor sendiri akan ditentukan sesuai dengan data yang sudah dimasukkan saat registrasi. Sedangkan pencairannya akan tersalurkan dalam 3 menit. Kemudahan yang diberikan merupakan bentuk dukungan terhadap Bank Indonesia dalam mewujudkan inklusi keuangan serta suatu upaya dalam memajukan UMKM di Indonesia.

6. Lumbung Dana

Adapun platform pinjaman online lainnya adalah Lumbung Dana. Platform ini tidak hanya menyediakan limit yang besar, tetapi juga memberikan tenor yang panjang. Bagi yang ingin mengajukan pinjaman, Lumbung Dana menyediakan dua cara yang sangat mudah, yaitu melalui website ataupun aplikasi yang tersedia di toko Google Play atau toko aplikasi Apple.

Pinjaman online ini menyediakan dana untuk berbagai keperluan, baik untuk pribadi maupun badan usaha. Untuk pribadi, Lumbung Dana menyediakan limit pinjaman paling tinggi sebesar Rp 50.000.000,-. Sedangkan untuk badan usaha, pinjaman yang bisa diajukan mencapai Rp 2.000.000.000,-. Kedua jenis pinjaman ini sama-sama diberikan tenor terlama yaitu 12 bulan dan terendah yaitu 3 bulan.

Kelebihan Menggunakan Pinjaman Online

Setelah mengetahui tips dan rekomendasi pinjaman online limit besar tenor panjang, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kelebihan ketika menggunakan jasa pinjaman online. Disamping resiko yang dimiliki pinjaman online, metode ini bisa dijadikan pilihan ketika membutuhkan dana cepat. Kira-kira, apa yg sajakah kelebihannya? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Kemudahan Dalam Pengajuan

Kelebihan pertama dari pinjaman online adalah proses pengajuannya. Sesuai dengan namanya, pinjaman ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun karena berbasis online. Seluruh proses pendaftaran hingga verifikasi data akan dilakukan melalui media yang disediakan oleh pihak terkait serta email peminjam. Sehingga tidak perlu repot lagi untuk datang langsung ke tempat penyedia layanan tersebut.

2. Kecepatan Pencairan Dana

Salah satu kelebihan lain dari pinjaman online adalah pencairan dana yang cepat. Proses ini bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit saja. Bahkan, ada penyedia pinjaman yang langsung mencairkan dana dalam hitungan detik selama tidak ada masalah dalam berkas yang diberikan. Tentu kecepatan ini sangat cocok bagi peminjam yang membutuhkan dana cepat.

3. Persyaratan yang Tidak Ribet

Dalam pinjaman online, persyaratan yang diberikan tidaklah sulit dan merepotkan. Calon peminjam hanya perlu menyediakan beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, dan slip gaji. Adapun dokumen tambahan jika mengajukan pinjaman dengan limit yang besar. Selain itu, dengan limit berapapun pinjaman online tetap tidak memerlukan agunan atau jaminan ketika melakukan pengajuan.

4. Pembayaran Cicilan yang Mudah

Sama seperti ketika melakukan pengajuan, pembayaran cicilan pada pinjaman online sangatlah mudah. Peminjam dapat membayar menggunakan berbagai internet banking yang bekerja sama bahkan bisa menggunakan E-Wallet. Jadi, tidak perlu khawatir lagi kesulitan membayar karena bisa melakukan pembayaran dimanapun dan kapanpun.

5. Tidak Memerlukan Jaminan

Dan kelebihan pinjaman online yang terakhir adalah tidak perlunya sebuah jaminan. Di pinjaman online seseorang tidak perlu memberikan jaminan ketika melakukan pengajuan kredit berapapun limitnya. Hal ini tentu akan memudahkan pengusaha-pengusaha kecil yang baru ingin membangun sebuah usaha. Untuk itu, pinjaman online sangat mengandalkan kevalidan data yang sudah didapat sebagai jaminan atas pinjaman yang telah diajukan.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi serta tips aman dalam menggunakan pinjaman online limit besar tenor panjang. Dengan adanya pinjaman online sangat membantu bagi masyarakat terutama pengusaha dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan kemudahan yang diberikan, pinjaman online bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan pencairan dana yang cepat.



0 Comments

Posting Komentar