18 Pinjaman Online Terpercaya dan Aman untuk Kebutuhan Mendesak


Pinjaman online sudah sangat menjamur belakangan ini namun tidak semuanya bisa dipercaya. Banyak yang menjanjikan kemudahan di awal tapi kemudian jadi menyusahkan pada akhirnya. Dari begitu banyak perusahaan financial technology (fintech), manakah yang bisa disebut pinjaman online terpercaya dan aman bagi nasabahnya?

Hal Penting Dalam Memilih Penyedia Pinjaman Online

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah perusahaan tersebut harus menjadi pinjaman online yang terdaftar di OJK. Dengan demikian peminjam tidak rentan penipuan atau terkena penyalahgunaan identitas pribadi. Karena diawasi dan semua datanya terdaftar di OJK, termasuk rekam jejak kredit yang dijalani selama ini.

Lalu hal apalagi yang harus diperhatikan dalam memilih penyedia pinjaman online yang terpercaya dan aman? Simaklah penjelasannya berikut ini:
  • Sistem dan layanan. Hal ini berkaitan dengan cara pemberian kredit, perhitungan cicilan, pengenaan bunga dan cara pembayarannya. Karena banyak yang memberikan promosi sangat bagus untuk menarik nasabah tapi ternyata perhitungan bunga terlalu tinggi hingga cicilan menjadi gagal bayar.
  • Bunga. Setiap pinjaman online memiliki daftar simulasi kredit berbeda, pelajarilah dulu sebelum mengajukan pinjaman karena dari simulasi tersebut terlihat besarnya bunga yang dikenakan atas pinjaman tersebut. Hal itu akan berpengaruh pada besarnya cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.
  • Denda. Selain bunga juga harus diperhatikan besarnya denda keterlambatan karena jika jangka waktu pengembalian yang diambil tidak panjang, biaya dendanya justru lebih besar. Khususnya yang jangka waktu atau tenornya kurang dari tiga bulan, seringkali terkena denda per hari.
  • Tenor. Jangka waktu pembayaran pinjaman online sangatlah bervariasi mulai dari hitungan hari hingga hitungan tahun dengan tenggat terpanjang selama 30 bulan. Hal ini mempengaruhi nominal cicilan dan perhitungan bunga atas pinjaman yang disetujui. Makin lama jangka waktu pengembalian pinjaman maka perhitungan bunganya makin kecil namun terkadang kurang disukai karena seperti pembayaran tidak kunjung selesai.
  • Persayratan. Persyaratan mudah adalah keunikan pinjaman online, terkadang menyatakan memberikan pinjaman online tanpa KTP sehingga menarik bagi calon debitur. Yang tidak disadari adalah tidak mungkin terjadi peminjaman dana tanpa identitas diri yang bisa dipertanggung jawabkan. Jadi biasanya penyedia pinjaman online tersebut meminta data lain seperti SIM atau KK atau BPJS.
Penyedia pinjaman online tidak hanya perusahaan yang berbasis teknologi finansial tapi juga sudah merambah ke institusi resmi seperti Bank sebagai alternatif layanan bagi para nasabahnya. 

Ini terkadang menjadi pilihan karena Bank adalah institusi resmi yang bisa dipertanggungjawabkan walaupun persyaratan yang diberikan tidak sederhana.

Rekomendasi Pinjaman Online Terpercaya

Berikut ini adalah daftar 20 perusahaan pinjaman online resmi yang bisa dimanfaatkan untuk pendanaan tanpa khawatir karena sudah masuk dalam daftar perusahaan pembiayaan yang terdaftar di daftar OJK tahun 2022:

1. Kredivo – www.kredivo.id

Perusahaan Kredivo sudah terkenal sebagai pinjaman online yang sering digunakan untuk melakukan pembiayaan pembelian barang melalui e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan sejenisnya. 

Kredivo dapat disebut penyedia pinjaman online bunga rendah karena untuk pinjaman dana tunai dengan jangka waktu pengembalian 30 hari tidak dikenakan bunga.

Pinjaman yang diajukan dimulai dengan nominal Rp. 1,5 juta dan maksimum Rp. 30 juta, bunga 2,60% dan cicilan sampai dua belas bulan. Denda jika terlambat sekitar 4-6 persen per 30 hari dari jumlah tagihan yang tertunda.

2. Tunaiku – www.tunaiku.com

Tunaiku merupakan pinjaman online produk dari AmarBank yang dikenal memiliki pinjaman online tenor panjang hingga 20 bulan. Batasan dana yang ditawarkan minimum Rp. 2 juta dan Rp. 20 juta sebagai batas maksimumnya dan bunga per bulan sebesar 3-4 persen. Lalu ada biaya admin Rp. 540 ribu yang dipotong langsung saat dana dicairkan.

Usahakanlah jangan terlambat membayar cicilan karena denda yang dikenakan adalah Rp. 150 ribu per bulan. Sebagai salah satu pinjaman online terpercaya, Tunaiku memberikan persyaratan cukup dengan e-KTP dengan proses hanya hitungan menit dan jika disetujui dana tunainya akan ditransfer ke rekening peminjam dalam waktu maksimum 7 hari kerja.

3. Easy Cash – https://indo.geteasycash.asia

Easy Cash juga sudah menjadi nama yang dipercaya untuk melakukan pinjaman online cepat dan mudah. Persyaratan juga hanya e-KTP dan mengisi informasi data diri dan jika pinjaman disetujui dana tunainya akan ditransfer dalam waktu 24 jam. Batas pinjaman dari Rp. 600 ribu hingga batas Rp. 20 juta.

Masa cicilan mulai 93 sampai 180 hari dengan pengenaan bunga maksimum sebesar 24% per tahun. Misalnya pinjaman Rp. 1 juta dikali (24%/365) dikali tenor 93 hari = Rp. 61.150 bunga yang harus dibayar selain pinjaman pokoknya.

Berhati-hatilah dengan pembayaran terlambat karena sistem perhitungan denda Easy Cash cukup besar yaitu Rp. 40 ribu + 2% x pokok pinjaman untuk keterlambatan 1-2 hari. Sedangkan untuk hari ke-3 dan selanjutnya besar denda adalah 2% x pokok pinjaman.

4. ShopeePayLater – www.lenteradana.co.id/lender/

ShopeePayLater melayani pinjaman online untuk pembelian barang melalui e-commerce sehingga pengguna bisa membeli barang yang diinginkan dan membayarnya secara mencicil setelahnya. ShopeePayLater menyediakan pinjaman online cicilan 12 bulan agar tidak memberatnya dengan bunga minimum 2,95%.

Bagi pengguna baru Shopee memberikan batas Rp. 750 ribu minimum dengan limit maksimal hingga lebih dari Rp. 10 juta. Bagi pengguna yang sering bertransaksi di Shopee, batas pinjaman bisa lebih besar. Denda keterlambatan sebesar 5% per bulan jadi usahakanlah jangan terlambat membayar.

5. Indodana – https://www.indodana.id

Indodana juga salah satu pinjaman online terpercaya yang cukup cepat pencairan dananya jika disetujui. Persyaratan umum hanyalah e-KTP dan nomor handphone yang aktif, memberikan batas pinjaman mulai Rp. 1 juta – 12 juta dengan pilihan jangka waktu tiga hingga sembilan bulan.

Suku bunga antara 0.53% hingga 0.75% per hari dan dikenakan biaya provisi 1% yang dipotong di awal saat dana dicairkan. Denda keterlambatan maksimum adalah 10% per bulan dari jumlah cicilan.

6. Kredito – https://kredito.id

Kredito juga merupakan salah satu perusahaan penyedia pinjaman online yang cepat pencairan dananya jika disetujui. Batas pinjaman mencapai Rp. 10 juta dengan pilihan tenor pembayaran mulai tiga hingga dua belas bulan. Bunga yang dikenakan adalah 2,4% per bulan.

Persyaratan yang diminta Kredito cukup unik karena memberikan pinjaman online tanpa KTP walaupun tetap harus disertakan identitas diri yang lainnya seperti SIM atau KK atau BPJS. 

Khusus untuk program pinjaman angsuran usaha Kredito bisa memberikan batas pinjaman maksimum Rp. 2 miliar dengan pengenaan bunga 15-60% per tahun dengan tenor maksimum 12 bulan.

Untuk program khusus karyawan limit yang diberikan mencapai Rp. 3 juta dengan cicilan hingga tiga bulan. Denda keterlambatan sebesar 0,8% per hari ini cukup tinggi jadi usahakanlah jangan terlambat membayar cicilan.

7. KoinWorks – www.koinworks.com

KoinWorks seringkali digunakan sebagai tempat melakukan pinjaman online untuk keperluan dana pendidikan dan keperluan pribadi. Program KoinGaji untuk karyawan bisa memberikan batas pinjaman hingga 80% dari total gaji per bulan. Bunga yang dikenakan 0,75% hingga 1,67 % per bulan.

Untuk dana pendidikan, program KoinPintar bisa menyesuaikan dengan besarnya biaya yang dikenakan universitas yang dituju dengan pengembalian maksimum dua belas bulan untuk pendidikan non-formal sedangkan Pendidikan formal diijinkan sampai sepuluh tahun.

Sedangkan untuk program KoinBisnis bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp. 2 milyar dengan jangka waktu pengembalian hingga dua tahun. Denda keterlambatan pembayaran cicilan akan dikenakan sebesar 6% dari jumlah cicilan.

8. Kredit Pintar – www.kreditpintar.com

Kredit Pintar adalah pinjaman online yang pencairannya cepat jika disetujui dan Peminjam juga dilindungi dengan asuransi dari FWD Life. Alternatif pinjaman antara Rp. 600 ribu hingga batas Rp. 1,8 juta untuk pinjaman pertama kali.

Jika memiliki skor kredit yang bagus, Kredit Pintar bisa memberikan limit pinjaman Rp. 20 juta , bunga tahunan 11% dan jangka waktu yang dapat dipilih antara 91 hari sampai dengan 360 hari. Ada biaya layanan 10-15% dari total pinjaman. Keterlambatan dikenai denda 1,35 – 1,37% tergantung jangka waktu pinjaman.

9. Akulaku – www.akulaku.com

Akulaku juga merupakan perusahaan penyedia dana tunai yang cepat cair.Dengan plafon pinjaman bisa mencapai Rp 15 juta dengan jangka waktu pengembalian maksimum 15 bulan sehingga disebut pinjaman yang tenornya cukup panjang. Bunga yang dikenakan adalah 1,5% atas nominal pokok pinjaman.

Ada biaya administrasi yang dikenakan per bulan sebesar satu persen di luar bunga yang dikenakan pada pokok pinjaman tadi. Denda yang dikenakan berkisar antara 2-10 persen dari total angsuran.

10. DanaBijak – https://danabijak.com

DanaBijak memberikan pinjaman dana tunai secara online yang meminta persyaratan e-KTP, rekening tabungan tiga bulan terakhir dan minimum penghasilan Rp. 2,5 juta per bulan. 

Pinjaman yang ditawarkan adalah Rp. 1 juta dan maksimum Rp. 6 juta dengan masa cicilan 1-4 bulan. Denda keterlambatan adalah 5% dari cicilan yang terlambat atau maksimum Rp. 180 ribu.

Keunikan DanaBijak adalah sistem poin yang diberikan jika peminjam memiliki rekam jejak yang baik dan nantinya poin ini bisa membantu memberikan limit pinjaman lebih tinggi dengan bunga lebih rendah hingga 0,4%.

11. AdaKami – www.adakami.id

AdaKami merupakan penyedia pinjaman online dengan proses mudah dan cepat, hanya membutuhkan e-KTP dengan persetujuan maksimum 48 jam. Batas pinjaman antara Rp. 3 juta sampai batas Rp. 10 juta dengan masa pengembalian mulai tiga hingga 12 bulan.

Bunga yang dikenakan per bulan adalah sebesar 3% dengan tambahan biaya layanan sebesar 1,42% dari pokok pinjaman. Namun saat pertama kali mengajukan pinjaman biasanya diberikan maksimum Rp. 3 juta dengan tenor hingga 28 hari. Denda keterlambatan sebesar 0,4% per hari.

12. PinjamanGo – www.pinjamango.co.id

PinjamanGo ini adalah salah satu produk dari Sinar Mas dalam bentuk layanan pembiayaan online yang memberikan persyaratan mudah, pencairan cepat. Batas pinjaman hingga Rp. 6 juta untuk 14 hari dengan bunga 0,8 % per hari. Denda keterlambatan sebesar 0,5% per hari.

Jika disetujui maka dana akan dicairkan dalam waktu maksimum 24 jam. Setelah pinjaman pertama selesai dilunasi, PinjamanGo akan memberikan kemudahan untuk melakukan pinjaman berikutnya dengan persetujuan dan pencairan lebih cepat.

13. Julo – www.julo.co.id

Julo bisa disebut pinjaman online bunga rendah karena pinjaman yang diberikan dibebaskan dari bunga (bunga 0%) pada bulan pertama. Bunga sebesar 4-9% baru dikenakan pada bulan kedua dan seterusnya.

Batas pinjaman mencapai Rp. 15 juta dengan waktu pengembalian maksimum 9 bulan. Proses pencairan maksimum 2 hari setelah pengajuan disetujui.

Jika terjadi keterlambatan pembayaran Julo memberikan tenggang waktu selama 4 hari, denda baru dihitung mulai hari kelima dengan besaran 5% dari total pinjaman. Untuk program Julo Cicil nominal denda terbesar adalah Rp. 55 ribu.

14. Finmas – www.finmas.co.id

Finmas termasuk perusahaan penyedia dana tunai online yang cepat cair karena maksimum hanya 24 jam selain itu persyaratannya hanya verifikasi KTP. Jika disetujui dana akan langsung cair di rekening yang dituju. Batas dana maksimum Rp. 5 juta dengan masa cicilan antara 91 hari hingga 6 bulan.

Bunga yang dikenakan antara 0.23% hingga 0.39% per hari dan ada biaya administrasi sebesar Rp. 330 ribu. Komponen bunga, biaya administrasi dan pokok pinjaman akan dijumlahkan dan hasilnya dibagi jangka waktu yang dipilih. 

Disitulah terlihat nominal cicilan bulanan yang harus dibayar. Denda keterlambatan sebesar 1% per hari.

15. Pohon Dana – https://pohondana.id

Pohon Dana juga salah satu perusahaan penyedia dana tunai tanpa agunan yang berbasis online dengan proses cepat karena menggunakan proses verifikasi teknologi Intelegensia Buatan dalam melihat skor kredit dan kualifikasi. 

Pohon Dana menyediakan empat jenis pinjaman yaitu pinjaman khusus karyawan, pinjaman Kesehatan yang bekerjasama dengan RS Mayapada, pinjaman modal UKM dan pinjaman Pendidikan.

Jumlah pinjaman bisa mencapai Rp. 15 juta dan bisa disebut pinjaman online tenor panjang dengan jangka waktu pengembalian hingga 24 bulan. Bunga pinjaman sebesar 1,5 hingga 5 persen tanpa tambahan biaya lain. 

Proses membutuhkan waktu paling lama 3 hari dan setelah disetujui dana akan dicairkan paling lambat dua jam kemudian. Denda keterlambatan 4,5% per bulan.

16. Danamas – https://danamas.co.id

Danamas adalah perusahaan dibawah Sinarmas Financial Service yang melayani pembiayaan modal usaha mikro. Pinjaman ini meminta calon peminjam memiliki rekening di Bank Sinarmas dan handphone Android agar bisa mengunduh aplikasinya di Playstore.

Dana tunai yang tersedia sebesar Rp. 7,5 juta dengan masa cicilan 90 hari sampai setahun dan Pelaku usaha bisa menyesuaikan bunga pinjaman dengan pendapatannya. Jika permohonan disetujui maka dana akan segera dicairkan di rekening maksimum 24 jam. Denda keterlambatan 1% per hari, maksimum 14 hari.

17. Digibank KTA Instan – www.dbs.id

Penyedia layanan pinjaman online lainnya adalah Bank DBS yang dengan mudah diajukan melalui aplikasi di smartphone. Keunggulan Digibank KTA Instan ini adalah persetujuan yang bisa didapatkan dalam hitungan menit setelah semua data yang diminta telah dipenuhi. Perlu diketahui bahwa masih ada tambahan biaya administrasi untuk pinjaman ini.

Batas pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp. 30 juta dengan bunga kisaran 0,95% sampai 2,99% per bulan. KTA Instan ini bisa disebut pinjaman online tenor panjang karena jangka waktu maksimum adalah 30 bulan. 

Biaya keterlambatan pembayaran cukup besar yaitu Rp. 150 – 250 ribu karena itu usahakanlah agar jangan terlambat.

18. PINANG BRI Agro – https://getpinang.com

Pinang (pinjam tenang, red.) adalah produk pinjaman online terpercaya yang ditawarkan oleh Bank BRI yang jika pengajuannya disetujui dana bisa ditransfer ke rekening BRI miliknya dalam waktu 15 menit. Jumlah pinjaman mulai nominal Rp. 500 ribu sampai batas Rp. 20 juta.

Masa cicilan maksimum 12 bulan dengan pengenaan bunga sebesar 1,24% per bulan dan tidak dikenakan biaya administrasi tambahan. Denda keterlambatan sebesar 50% dari bunga yang dikenakan pada pinjaman. Persyaratan yang dibutuhkan juga hanya e-KTP dan handphone Android agar bisa mengoperasikan aplikasi BRI Mobile.

Demikianlah pembahasan tentang pinjaman online terpercaya yang paling populer digunakan oleh masyarakat umum yang membutuhkan pendanaan atau pembiayaan cepat secara online untuk kebutuhan mendesak. 

Umumnya persyaratan yang diberikan sangat sederhana tapi berhati-hatilah memperhatikan bunga dan jangka waktu pengembalian agar tidak terlibat kredit macet.

0 Comments

Posting Komentar