Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul di Metode Pembayaran & Cara Mengatasinya



Banyak alasan mengapa Shopee PayLater tidak muncul di metode pembayaran saat ingin menyelesaikan transaksi. Penyebabnya bisa karena kondisi akun, pemilik kurang aktif atau karena akun tertangguhkan akibat berbagai alasan. Semuanya bisa dicek agar bisa dicarikan solusi untuk mengatasinya.

Fitur PayLater hanya diberikan kepada pemilik akun yang disetujui permohonannya oleh Shopee setelah dilakukan proses verifikasi, yang kemudian mendapatkan limit dana tertentu untuk dipakai berbelanja secara kredit. Sistem ini sangat membantu untuk membeli barang yang dibutuhkan tapi membayarnya secara kredit.

Alasan SPayLater Tidak Muncul

Tampilan yang terlihat saat fitur PayLater tidak dapat digunakan adalah tombol SPayLater tampilannya menjadi abu-abu dan tidak bisa dipilih atau tampil tulisan “Aktifkan Sekarang.” Ingatlah bahwa fitur ini tidak diberikan kepada semua pengguna Shopee jadi harus melalui pengajuan dan verifikasi.

Jadi mungkin saja akun pengguna belum memiliki fasilitas tersebut atau memang sedang terjadi kendala. Berikut ini akan dibahas berbagai alasan tidak munculnya metode PayLater dan upaya penyelesaiannya agar aktif kembali. Sobat Quena bisa menyimak bahasan lengkapnya di bawah ini:

1. Akun Masih Baru

Fitur SPayLater diberikan hanya pada akun yang sudah aktif minimal 3 bulan dan sudah diverifikasi oleh Shopee, pemilik akun aktif berbelanja dan membayarnya dengan baik. Jika telah memenuhi persyaratan tersebut, pengguna bisa mengajukan permohonan pengaktifan fitur ini kepada Shopee.

Proses pengajuan akan melalui proses verifikasi skor kredit dan riwayat keaktifan sebelumnya, jadi pengguna harus memiliki kredibilitas yang baik untuk mendapatkannya. Akun yang masih baru akan sulit mendapatkan fasilitas kredit ini, jadi tidak mungkin fitur ini muncul sebagai metode pembayaran.

2. Belum Memiliki Riwayat Aktif

Salah satu alasan mengapa Shopee PayLater tidak muncul di metode pembayaran adalah karena selama ini akun tidak aktif digunakan atau jarang melakukan transaksi. Padahal agar masuk ke dalam kriteria “Pengguna Terpilih” untuk mendapatkan fasilitas kredit, pengguna harus memiliki riwayat aktif.

Riwayat aktif atau sering melakukan transaksi juga dibarengi dengan cara pembayaran yang langsung bukan dengan sistem cicilan misalnya melalui Shopee Pinjam, Akulaku atau Kredivo. Dengan pembayaran langsung lunas, Shopee akan bisa melihat kredibilitas pembayaran pengguna selama ini.

3. Akun Belum Verifikasi Identitas

Sebagai kelengkapan pengajuan pengaktifan fitur SPayLater pengguna akan diminta mengisi data lengkap identitas pribadi yang kemudian akan diverifikasi oleh Shopee. Data pribadi yang harus diberikan pada Shopee berupa Nama, Nomor NIK, Kartu Identitas dan melakukan Foto Selfie sambil memegang KTP.

Data tersebut akan diverifikasi keabsahan dan skor kreditnya ke SLIK OJK dan jika semuanya terbukti baik, barulah fitur ini bisa diberikan. Jika pengguna belum melakukan verifikasi berarti ada kemungkinan fitur ini tidak aktif dan belum bisa digunakan sebagai alternatif pembayaran.

4. Akun Terkena Pembatasan

Pembatasan dikenakan pada akun yang dianggap Shopee telah melakukan banyak pelanggaran dengan total 15 poin yang dianggap merugikan. Pembatasan ini bisa membuat akun memiliki akses terbatas hingga 30 hari dan harus dilakukan peninjauan ulang untuk mengaktifkannya lagi.

Beberapa alasan yang dianggap pelanggaran adalah sering membatalkan pesanan tanpa konfirmasi kepada penjual atau sering melakukan pemesanan palsu (fake order). Bisa juga karena melakukan login dari beberapa perangkat berbeda sekaligus. Saat pembatasan diberlakukan pengguna tidak bisa menggunakan fitur SPayLater-nya.

5. Skor Kredit Yang Kurang Bagus

Fitur SPayLater adalah sistem pemberian kredit untuk kebutuhan transaksi belanja di Shopee yang artinya pembayaran dilakukan dengan cara mencicil dalam suatu periode tertentu. Jika sering terjadi keterlambatan pembayaran atau masih adanya tunggakan yang belum dilunasi, fitur ini bisa dinon-aktifkan.

Agar memiliki skor kredit yang bagus, hindarilah denda keterlambatan dengan membayar cicilan sebelum tanggal jatuh tempo juga jangan sampai berbelanja melewati batas kredit yang diberikan. Segera lunasi cicilan atau biaya yang belum terbayar agar fitur ini bisa diaktifkan kembali.

6. Belum Update Aplikasi Shopee

Penyebab Shopee PayLater tidak muncul di metode pembayaran juga bisa disebabkan karena versi aplikasi yang sudah lawas. Karena itu lakukanlah pemutakhiran (update) aplikasi secara rutin agar dapat menikmati kemudahan fitur yang dimiliki Shopee, khususnya SPayLater.

Untuk perangkat Android bisa mengunduh versi terbaru aplikasi Shopee dari Playstore sedangkan bagi para pengguna iOS bisa melakukannya melalui App Store. Versi lama terkadang sudah melambat dan sulit memfasilitasi tampilan fitur aktif seperti SPayLater jadi lakukanlah update secara rutin.

7. Cache Akun Sudah Overload

Cache adalah tempat penyimpanan sementara atas berbagai aktivitas yang dilakukan pengguna saat mengoperasikan aplikasi Shopee. Kalau tidak rutin dibersihkan, cache yang overload ini akan mengganggu kelancaran tampilan aneka fitur yang ada termasuk SPayLater sehingga tidak muncul dan aktif.

Cara membersihkan cache tidak sulit yaitu masuk ke “Setting” (pengaturan) lalu pilih aplikasi Shopee lanjutkan dengan “Clear Cache” (bersihkan cache). Setelah cache dibersihkan biasanya aplikasi akan berjalan lancar dan berfungsi seperti semula. Buatlah jadwal rutin untuk membersihkan cache sebelum overload.

Mintalah Bantuan Call Center Jika Dibutuhkan

Sobat Quena kini sudah memahami berbagai kendala yang bisa menyebabkan fitur SPayLater tidak muncul sebagai metode pembayaran serta upaya mengatasinya. Jika masih belum berhasil cobalah menghubungi Call Center 24 jam Shopee di 1500702 atau melalui email ke support@shopee.co.id agar dibantu.

Persoalan Shopee PayLater tidak muncul di metode pembayaran saat bertransaksi seringkali disebabkan karena masalah akun dan pemiliknya. Khususnya terkait dengan kredibilitas pembayaran atas kredit yang diberikan untuk bertransaksi. Jadi pertahankan terus kredit skor yang baik dan akun yang sehat.


0 Comments

Posting Komentar