• Minggu, 4 Desember 2022

Berapa Denda Guru Memotong Rambut Siswa? Guru Wajib Tahu Soal Ini!

- Sabtu, 5 November 2022 | 00:31 WIB
Berapa Denda Guru Memotong Rambut Siswa (Pexels.com / RODNAE Productions)
Berapa Denda Guru Memotong Rambut Siswa (Pexels.com / RODNAE Productions)

Quena.id - Penting diketahui oleh guru bahwa saat ini tidak bisa sembarangan memotong rambut siswa. Kini memotong rambut siswa bisa dipidana dan kena denda. Berapa denda guru memotong rambut siswa?

Pasalnya, memotong rambut ternyata bisa dikategorikan sebagai bentuk kekerasan dan bentuk diskriminasi terhadap siswa. Deskriminasi ini bisa berujung pidana.

Baca Juga: Soal Post Test Pihak yang Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Adalah Kemdikbudristek

Dalam undang-undang kekerasan anak pada pasal 77 huruf a UU Perlindungan anak jelas menyatakan bahwa:

Setiap orang yang dengan sengaja melakukan tindakan diskriminasi terhadap anak yang mengakibatkan anak mengalami kerugian baik materil maupun moril sehingga menghambat fungsi sosialnya dipidana dengan penjara paling lama 5 tahun dan atau denda paling banyak Rp 100 juta.

Selain pasal itu, terdapat pasal 80 ayat 1 UU Perlindungan anak yang berbunyi:

Setiap orang yang melakukan kekejaman, kekerasan atau ancaman kekerasan atau penganiyaan terhadap anak, dipidana paling lama 3 tahun 6 bulan dan denda paling banyak Rp 72 juta.

Lalu apakah mencukur rambus siswa bisa dipidana? Ya bisa. Jika orang tua murid merasa keberatan terhadap perlakuan guru terhadap murid, maka bisa dilaporkan dengan pasal di atas.

Ada alternatif cara yang bisa dilakukan guru untuk menghukum murid yang memang tidak disiplin dengan aturan sekolah. Bisa dengan melakukan teguran atau peringatan terlebih dahulu terhadap murid.

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: kpai.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulasan Soal Penyebab Runtuhnya Bani Umayyah Adalah?

Sabtu, 3 Desember 2022 | 22:35 WIB
X