• Selasa, 26 September 2023

Ceritakan Bagaimana Anda Selama Ini Mengumpulkan Data Tambahan Untuk Digunakan Sebagai Pertimbangan

- Kamis, 17 November 2022 | 19:28 WIB
Ceritakan Bagaimana Anda Selama Ini Mengumpulkan Data Tambahan untuk Digunakan sebagai Pertimbangan (Pexels.com / Andrea Piacquadio)
Ceritakan Bagaimana Anda Selama Ini Mengumpulkan Data Tambahan untuk Digunakan sebagai Pertimbangan (Pexels.com / Andrea Piacquadio)

Quena.id - Pada ulasan kali ini, tenaga pendidik diminta untuk ceritakan bagaimana Anda selama ini mengumpulkan data tambahan untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat perencanaan program!

Membuat perencanaan program merupakan hal yang tidak mudah dilakukan karena harus melalui beragam proses yang membutuhkan waktu cukup lama, mulai dari memikirkan ide dan mengumpulkan materi serta bahan-bahan sebagai data.

Baca Juga: Selama Ini Pelaksanaan Asesmen Cenderung Berfokus Pada Asesmen Sumatif, Berikut Penjelasannya

Pertama-tama, para tenaga pendidik perlu memahami bagaimana alur dan ketentuan dari proses penyusunan kurikulum operasional yang berlaku di satuan pendidikan di mana mereka mengabdikan diri sebagai pengajar.

Alur-alur yang dilalui dalam proses penyusunan kurikulum operasional di antaranya adalah menganalisis karakteristik tertentu, menentukan visi dan misi program, mengorganisasikan proses pembelajaran, menyusun rencana program pembelajaran, dan melakukan evaluasi program.

Di bawah ini merupakan tahapan-tahapan dalam mengumpulkan data-data tambahan sebagaimana persoalan mengenai ceritakan bagaimana Anda selama ini mengumpulkan data tambahan untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat perencanaan program!

6 Tahap Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Perencanaan Program

Proses pengumpulan data tambahan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan program dapat dilakukan dengan berpandu pada 6 tahapan pembelajaran berbasis proyek yang dicetuskan oleh H. J. Sriyanto. Berikut ini merupakan tahapan-tahapannya:

1. Menentukan Proyek

Pada tahap awal, tenaga pendidik harus menentukan terlebih dahulu proyek-proyek apa yang perlu ditetapkan di dalam pemberian tugas agar dapat diperoleh data-data tambahan yang berkaitan dengan pengamatan kemampuan peserta didik.

2. Merencanakan Proyek

Tahap perencanaan proyek dilakukan dengan skema di mana peserta didik mendesain rencana proyek dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan oleh tenaga pendidik, serta mampu menyelesaikan permasalahan yang sudah dipilih.

Baca Juga: Manakah Pilihan Di Bawah Ini yang Merupakan Tindakan Restitusi yang Tepat? Berikut Penjelasannya

Dalam merencanakan proyek ini, tenaga pendidik wajib bisa menjelaskan bagaimana gambaran besar dari proyek, mulai dari tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, penyusunan laporan, hingga tahap dilakukannya evaluasi proyek.

3. Menyusun Jadwal Proyek

Setelah perencanaan proyek dilakukan, tahap selanjutnya adalah tenaga pendidik melakukan pembimbingan terhadap peserta didik.

Hal ini untuk mendapatkan data-data tambahan melalui alokasi waktu di dalam penetapan proyek yang akan dilaksanakan.

4. Melaksanakan Proyek

Tahapan selanjutnya yaitu peserta didik bisa melaksanakan proyek yang telah dirancang pada tahap-tahap sebelumnya.

Halaman:

Editor: Septyna Feby Nurmala

Sumber: temanggung.pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X