• Rabu, 30 November 2022

Empat Elemen Penting dalam Inklusi Menurut UNESCO dan Tujuan Penerapannya Di Indonesia Menurut Kemdikbud

- Jumat, 25 November 2022 | 00:05 WIB
Empat Elemen Penting dalam Inklusi Menurut UNESCO dan Tujuan Penerapannya Di Indonesia Menurut Kemdikbud (fauxels)
Empat Elemen Penting dalam Inklusi Menurut UNESCO dan Tujuan Penerapannya Di Indonesia Menurut Kemdikbud (fauxels)

Quena.id - Pendidikan Inklusi merupakan sebuah istilah yang dipakai oleh untuk menumbuhkan suatu sistem yang ramah terhadap semua anak tanpa adanya sebuah diskriminasi.

Setidaknya ada empat elemen penting dalam inklusi menurut UNESCO yang harus dipahami.

Dalam “Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif” yang disusun Kemdikbud, pendidikan inklusif merupakan sistem yang mencoba memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pendidikan yang selayak mungkin.

Baca Juga: Asesmen Hanya Digunakan sebagai Salah Satu Bukti Atau Informasi Untuk Memahami Proses Pembelajaran yang Telah

Maka, pendidikan inklusif dianggap sebagai sistem yang tepat untuk diterapkan kepada peserta didik.

Empat elemen penting dalam inklusi menurut UNESCO dalam Ensuring Access to Education for All adalah sebagai berikut:

1. Inklusi merupakan sebuah proses

Proses diartikan sebagai pencarian untuk menemukan cara terbaik dalam menanggapi keberagaman. Setiap karakteristik individu memiliki perbedaan dalam sebuah proses belajar.

Pendidikan inklusi mencoba memberikan fasilitas dan arahan untuk menggapai tujuan pendidikan sesuai potensi setiap individu.

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: temanggung.pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X