Pengaruh Keberagaman Masyarakat di Indonesia Terhadap Pola Perilaku Bangsa Indonesia

- Rabu, 1 Februari 2023 | 13:25 WIB
Pengaruh Keberagaman Masyarakat di Indonesia Terhadap Pola Perilaku Bangsa Indonesia (Pexels.com / Nuh Rizqi)
Pengaruh Keberagaman Masyarakat di Indonesia Terhadap Pola Perilaku Bangsa Indonesia (Pexels.com / Nuh Rizqi)

Quena.id - Indonesia memang di penuhi dengan keberagaman masyarakat. Pengaruh keberagaman masyarakat di Indonesia terhadap pola perilaku bangsa Indonesia itu ternyata benar adanya loh, sobat Quena. 

Sebagai masyarakat Indonesia, pasti sobat Quena memiliki saudara, teman, atau bahkan rekan di kantor yang berasal dari daerah yang jauh dari daerah sobat Quena berasal.

Perbedaan daerah tempat tinggal juga pasti mempengaruhi keberagaman akan kebudayaan yang mereka dapatkan.

Oleh karena masing-masing daerah memiliki pola perilaku yang berbeda dan pada akhirnya mempengaruhi pola perilaku bangsa Indonesia.

Baca Juga: Ketahui 3 Tips Lancar Ngomong Bahasa Inggris Berikut Ini

Nah, ternyata keberagaman masyarakat ini bukan hanya menyangkut keberagaman budaya aja loh sobat Quena.

Maksud dari keberagaman masyarakat di Indonesia ini juga meliputi keberagaman agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia.

Seperti yang sobat Quena ketahui, bahwa hal-hal yang menyangkut SARA (suku, ras, agama) merupakan hal yang sangat sensitif dan menjadi perdebatan panjang di Indonesia.

Oleh karena itu terdapatnya keberagaman masyarakat di Indonesia mempengaruhi pola perilaku masyarakat menjadi lebih mudah untuk terpecah belah, dan membentuk kelompok-kelompok lain yang lebih kecil.

Jika hal ini terjadi, masyarakat Indonesia juga akan mudah membentuk suatu pertikaian yang bersangkutan dengan isu suku, ras, agama (SARA) maupun bangsa.

Kenapa demikian?

Ternyata faktanya, masyarakat Indonesia yang begitu beragam ini belum bisa secara keseluruhan lepas dari sifat etnosentrisme.

Sifat etnosentrisme adalah sifat dimana seseorang penilai kebudayaan orang lain dengan standar kebudayaan mereka berasal.

Hal ini menjadikan orang-orang etnosentrisme menilai orang lain secara relatif dari budaya/kelompok nya sendiri. 

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X