• Rabu, 30 November 2022

Cara Mengubah Bahasa di Google Classroom dengan Mudah dan Cepat Tanpa Aplikasi

- Minggu, 25 September 2022 | 10:10 WIB
Cara Mengubah Bahasa di Google Classroom dengan Mudah dan Cepat Tanpa Aplikasi (juliamcameron/pexels.com)
Cara Mengubah Bahasa di Google Classroom dengan Mudah dan Cepat Tanpa Aplikasi (juliamcameron/pexels.com)

Quena.ID - Siapa yang tidak tahu mengenai aplikasi Google Classroom, aplikasi online yang sering digunakan oleh guru dan murid saat terjadinya pandemi. Adapun cara mengubah bahasa di Google Classroom melalui PC ataupun Hp.

Hal ini dapat dilakukan jika murid kesulitan saat memakai aplikasi karena bahasa yang digunakan. Pasalnya pengaturan bahasa yang biasanya digunakan pada aplikasi ini yaitu bahasa Inggris, sehingga beberapa murid kesulitan karena tidak terlalu fasih.

Pengguna tidak perlu khawatir dan bingung untuk mengubah bahasa yang digunakan, inilah beberapa cara untuk mengubah bahasa di Google Classroom melalui PC dan Hp.

Mengubah Bahasa di Google Classroom dengan Akun Google

Cara ini bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengubah bahasa yang digunakan. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan PC ataupun Hp.

Baca Juga: Inilah 4 Penyebab Kenapa Tidak Bisa Mengirim Tugas di Google Classroom dan Solusi untuk Mengatasinya

Tentunya pengguna harus memperhatikan setiap cara agar bahasa pada Google Classroom berhasil diubah. Berikut langkah untuk mengubah bahasa di Google Classroom melalui Akun Google:

  • Buka Akun Google. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan membuka akun Google. Hal ini dilakukan karena aplikasi Google Classroom pastinya terhubung dengan akun Google yang ada, karena seluruh pengaturan termasuk pengaturan bahasa menjadi satu.
  • Klik menu data dan personalisation. Jika sudah masuk pada akun Google, cara kedua yang bisa dilakukan oleh pengguna yaitu klik menu Data dan Personalisation. Dari menu tersebut pengguna akan menemukan semua pengaturan yang berkaitan dengan akun pengguna.
  • Klik panel general preference for the web. Setelah pengguna memilih menu Data dan Personalisation, scroll sampai bawah sampai menemukan panel General preference for the web. Di sini pengguna akan menemukan beberapa opsi yang bisa dipilih.
  • Pilih edit. Dalam hal ini pengguna akan melihat bahasa Inggris yang menjadi bahasa utama pada akun Google. Lalu klik simbol edit yang berada di sebelah kanan tulisan English.
  • Pilih bahasa dari kotak yang tersedia. Selanjutnya tampilan akan berubah dan menampilkan beberapa bahasa dari berbagai negara. Pengguna dapat memilih bahasa yang ingin digunakan sebagai bahasa utama pada akun Google.

Baca Juga: 5 Cara Mengubah Nama Link Google Form agar Mudah Diingat dengan Situs

  • Pilih Indonesia. Karena pengguna akan menggunakan bahasa Indonesia, carilah ‘Indonesia’ lalu klik bahasa tersebut untuk bisa digunakan. Semua aplikasi yang terhubung dengan Akun Gmail akan memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam sistem.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan pengguna untuk mengubah bahasa di Google Classroom dengan Akun Google.

Tentunya cara ini bisa dicoba melalui PC ataupun Hp, sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna untuk membuka aplikasi. Hanya saja untuk Hp ada beberapa cara tambahan yang bisa dilakukan.

Mengubah Bahasa di Google Classroom Melalui Pengaturan Hp

Selain dengan menggunakan Akun Google, cara mengubah bahasa di Google Classroom juga dapat dilakukan melalui pengaturan pada Hp.

Halaman:

Editor: Septyna Feby Nurmala

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X