• Rabu, 30 November 2022

Anti Ribet! Ini Cara Menyambungkan Laptop ke Printer 2022

- Minggu, 25 September 2022 | 10:26 WIB
Anti Ribet! Ini Cara Menyambungkan Laptop ke Printer 2022 (cottonbro/pexels.com)
Anti Ribet! Ini Cara Menyambungkan Laptop ke Printer 2022 (cottonbro/pexels.com)

Quena.ID - Cara menyambungkan laptop ke printer masih ada beberapa orang yang belum mengetahuinya. Padahal jika sudah tau, maka proses penyambungannya akan sangat mudah.

Saat ini printer sudah masuk kedalam teknologi yang selalu dicari. Bahkan printer tergolong barang elektronik yang penting bagi manusia di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Hampir setiap aktivitas masih memerlukan data secara fisik.

Itu berarti penggunaan printer masih terbilang tinggi apalagi jika menyangkut urusan administrasi. Demi memudahkan kegiatan administrasi pengguna dapat melakukan cara untuk menyambungkan laptop ke printer.

Printer tidak hanya bisa mencetak file-file saja, tetapi juga dapat mencetak foto atau gambar dengan berbagai ukuran. Biasanya orang-orang akan pergi ke tempat fotocopy untuk mencetak dokumennya.

Baca Juga: Kenali Keunggulan Dan Cara Menginstal Printer Canon iP2770 Ke Laptop Tanpa CD!

Demi menghemat biaya pengguna dapat membeli printer dan menyambungkannya ke laptop sesuai dengan langkah-langkah berikut:

1. Cara Tanpa Kabel (Wireless)

Dulu printer selalu menggunakan kabel sebagai konektor antara laptop dan printer. Namun, saat ini sudah banyak beredar printer yang tidak lagi menggunakan kabel untuk menyambungkan laptop ke printer.

Jika pengguna memiliki printer wireless maka dapat mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

  • Klik menu start atau windows. Pengguna bisa memilihnya di keyboard atau yang ada di layar laptop.
  • Pilih “Device and Printer” di pengaturan laptop.
  • Klik “Add Printer” untuk menambahkan printer. Jangan lupa nyalakan printer terlebih dahulu agar printer dapat terdeteksi di laptop.
  • Klik “Add a Network” kemudian pengguna dapat memilih “Wireless Printer” atau “Bluetooth Printer” untuk menyambungkan printer ke laptop.
  • Install driver sesuai dengan tipe printer di laptop. Driver digunakan untuk menghubungkan antara printer dengan laptop. Jika driver tidak diinstall maka printer tidak bisa digunakan.
  • Konfigurasi printer dengan sinyal Wifi yang ada di rumah di bagian “Control Panel” agar printer dapat digunakan.

2. Cara Menyambungkan Laptop dengan Printer Menggunakan CD

Menghubungkan laptop dengan printer juga dapat menggunakan CD. Namun, cara ini dikhususkan bagi pengguna yang laptopnya memiliki port CD Drive.

Baca Juga: Cek Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Lampu Berkedip Hingga Tinta Macet

Halaman:

Editor: Septyna Feby Nurmala

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X