• Rabu, 30 November 2022

Mudah dan Hemat! Begini Cara Menginstall Laptop Asus

- Minggu, 25 September 2022 | 11:31 WIB
Mudah dan Hemat! Begini Cara Menginstall Laptop Asus (pixabay/Monoar_CGI_Artist)
Mudah dan Hemat! Begini Cara Menginstall Laptop Asus (pixabay/Monoar_CGI_Artist)

Quena.ID - Siapa yang tak mengenal laptop Asus? Laptop yang satu ini adalah salah satu merk laptop yang terkenal tangguh dan diminati oleh banyak orang. Cara menginstall laptop Asus Windows 10 ini terbilang mudah. Tak perlu memakan banyak biaya, menginstall laptop dapat dilakukan sendiri di rumah.

Banyak orang yang mengira bahwa menginstall laptop harus dilakukan di tempat jasa install. Namun ternyata tidak. Ada cara-cara yang dapat dilakukan sendiri untuk menginstall laptop Asus Windows 10, yaitu dengan menggunakan flashdisk atau menggunakan CD.

Baca Juga: Berikut 5 Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Android dengan Mudah dan Cepat

Bagaimana langkah-langkahnya? Simak penjelasan berikut!

Dengan Menggunakan Flashdisk

Cara menginstall laptop Asus Windows 10 yang pertama adalah dengan menggunakan flashdisk. Sediakan flashdisk yang mempunyai kapasitas lumayan besar, minimal 4 GB. Langkah awal, buatlah media instalasi di flashdisk dengan mencari file ISO Windows 10 dan memanfaatkan aplikasi Rufus sebagai media instalasi.

Tahap Pertama

Jika Windows 10 sudah berada di dalam flashdisk, kini saatnya menginstall Windows 10. Berikut langkah-langkah tahap pertama:

Baca Juga: Semua Pasti Bisa! Ini Dia Cara Membuat Barcode di Word, Tidak Rumit dan Mudah Dipraktekkan

  • Masukkan flashdisk ke soket USB pada laptop Asus
  • Kemudian, mulailah menyalakan laptop yang akan diinstall. Ketika layar laptop menyala, segera tekan tombol ESC. Namun, laptop Asus memiliki beberapa cara lain untuk masuk ke BIOS. Untuk alternatif lain, cobalah untuk menekan F1 atau F2.
  • Setelah masuk ke BIOS, arahkan ke menu Boot. Ubah lah urutan pertama dalam daftar pada BIOS ke USB atau Removable Devices karena menginstall menggunakan flashdisk. 
  • Lalu simpan perubahan dan tutup BIOS dengan menekan tombol F10. Maka laptop akan restart otomatis.

Tahap Kedua

Kini saatnya memasuki langkah tahap kedua yaitu melakukan instalasi Windows 10. Pastikan flashdisk masih terpasang di laptop Asus. Ketika layar mulai menyala, tekan tombol apa pun.

Lalu lakukan langkah-langkah berikut:

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X