• Rabu, 30 November 2022

Untuk Pengguna Baru iPhone, Ini Dia 2 Cara Memindah Data iPhone ke Laptop dengan Mudah

- Minggu, 25 September 2022 | 11:37 WIB
Untuk Pengguna Baru iPhone, Ini Dia 2 Cara Memindah Data iPhone ke Laptop dengan Mudah (callumhilton/pexels.com)
Untuk Pengguna Baru iPhone, Ini Dia 2 Cara Memindah Data iPhone ke Laptop dengan Mudah (callumhilton/pexels.com)

Quena.ID - Karena ekosistemnya yang berbeda dengan Android, tidak sedikit orang yang kebingungan ketika pertama kali menggunakan perangkat iPhone. Salah satu hal yang membuat pengguna iPhone bingung adalah bagaimana cara memindah data iPhone ke laptop.

Sebab, iPhone memiliki fitur-fitur yang sangat berbeda dengan Android. Tidak seperti Android, iPhone memang tidak bisa langsung memindahkan data hanya bermodalkan kabel data.

Namun, sebenarnya tidak sulit memindahkan data dari iPhone ke laptop. Pengguna bisa melakukannya dengan dua cara yang mudah. Apa saja caranya? Yuk simak pembahasannya!

iTunes, Aplikasi yang Membantu Pemindahan Data Melalui Kabel Data

Biasanya, orang-orang mengenal iTunes sebagai aplikasi di iPhone yang bisa digunakan untuk memutar musik dan video. Selain itu, iTunes bisa digunakan untuk mengunduh lagu, membeli musik, acara TV, audiobook, atau podcast.

Baca Juga: Inilah Cara Mengirim Foto Lewat Dokumen di iPhone yang Tidak Ribet

Tetapi, banyak orang yang belum mengetahui satu lagi fungsi dari iTunes. Ternyata, iTunes bisa digunakan untuk membantu penggunanya memindahkan data dari iPhone ke laptopnya yang non-Apple.

Cara memindah data iPhone ke laptop ini pun mudah dan hanya membutuhkan bantuan kabel data iPhone saja. Lantas bagaimana caranya? Begini langkah-langkahnya:

  • Kunjungi website resmi dari Apple melalui browser laptop, pengguna bisa mengetik https://www.apple.com/id/itunes/. Pastikan laptop pengguna memenuhi persyaratan untuk sistem Windows sebelum mengunduh aplikasi.
  • Install iTunes di laptop yang akan digunakan untuk tempat memindahkan data. Kemudian jalankan aplikasinya.
  • Hubungkan iPhone ke laptop menggunakan kabel data. Biasanya perangkat iPhone akan langsung terdeteksi di iTunes.
  • Pada bagian kiri atas dialog box iTunes, klik tombol ‘Perangkat’. Kemudian, klik tab ‘Berbagi File’.
  • Di bagian tab ‘App’, pilih jenis file yang ingin dipindahkan. Biasanya iTunes akan langsung mendeteksi file yang bisa dipindahkan. Jika file yang akan dipindahkan sudah ditemukan, klik file tersebut, lalu klik ‘Simpan Ke’.
  • Tentukan folder dimana file data akan disimpan. Setelah itu klik ‘Save’. Data sudah selesai dipindahkan.

Google Drive, Cara Memindah Data iPhone ke Laptop Secara Wireless

Pengguna laptop pasti sudah tidak asing dengan Google Drive. Aplikasi ini merupakan layanan Google yang memiliki fungsi untuk menyimpan serta mem-backup file, dan untuk mengedit file yang dibagikan oleh pengguna lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Minta Akses Google Drive, Mudah dan Praktis

Kapasitasnya yang sebesar 15 GB cukup untuk memungkinkan penggunanya berbagi file-file berukuran besar.  Aplikasi Google Drive ini bisa digunakan untuk mengirimkan data dari iPhone ke laptop.

Halaman:

Editor: Septyna Feby Nurmala

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X