• Rabu, 30 November 2022

Ini Dia 3 Cara Menampilkan Layar Laptop ke Proyektor

- Minggu, 25 September 2022 | 12:11 WIB
Ini Dia 3 Cara Menampilkan Layar Laptop ke Proyektor (pixabay/PublicDomainPictures)
Ini Dia 3 Cara Menampilkan Layar Laptop ke Proyektor (pixabay/PublicDomainPictures)

Quena.ID - Bagi sebagian orang, menampilkan layar laptop ke proyektor merupakan hal yang masih asing untuk dilakukan. Sehingga saat presentasi sidang akhir, banyak yang mencari cara menampilkan layar laptop ke proyektor, karena biasanya pada saat ini orang-orang akan mempersiapkan kebutuhannya sendiri.

Lantas, bagaimana caranya? Yuk simak pembahasannya!

1. Menggunakan Kabel untuk Laptop dengan Sistem Operasi Windows

Baik laptop keluaran lama ataupun baru, cara menampilkan layar laptop ke proyektor yang masih menjadi pilihan untuk digunakan adalah menggunakan kabel.

Baca Juga: Penyebab Chipset Laptop Rusak Serta Langkah-Langkah Memperbaikinya

Kabel yang digunakan biasanya ada tiga jenis, yakni VGA, HDMI, ataupun DVI, tetapi umumnya yang banyak digunakan adalah VGA dan HDMI. Begini cara memakainya:

  • Apabila laptop pengguna tidak memiliki kedua port untuk kedua kabel tersebut, belilah adaptor VGA atau HDMI di toko elektronik.
  • Nyalakan laptop dan proyektor. Tekan tombol power yang ada pada laptop dan proyektor. Berbeda laptop dan proyektor berbeda pula letak tombol powernya.
  • Sambungkan kabel VGA atau HDMI ini ke port yang tersedia di laptop dan proyektor. Amati dulu bentuk port-nya sebelum mencolokkan kabel ke port.
  • Tekan tombol berlogo Windows dan huruf P pada keyboard. Pengguna bisa memilih opsi yang ada di menu. Untuk menampilkan layar laptop ke proyektor, pengguna bisa memilih pilihan ‘Duplicate’. Pilihan ini akan menampilkan apa yang ada di layar laptop ke proyektor.

2. Menampilkan Layar Tanpa Kabel dengan Menggunakan Bluetooth

Cara menampilkan layar laptop ke proyektor selanjutnya adalah menggunakan Bluetooth. Apabila laptop pengguna dan proyektor sudah memiliki fitur Bluetooth ini, pengguna tidak memerlukan lagi kabel untuk menghubungkan laptop dengan proyektor.

Baca Juga: 5 Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Terhapus dengan Aplikasi Maupun Tidak

Berikut cara menghubungkannya:

  • Jangan lupa untuk menyalakan laptop dan proyektor.
  • Buat proyektor masuk ke pairing mode. Caranya, cari tombol atau alat pengendali yang memiliki fungsi untuk menyalakan Bluetooth. Hidupkan tombol atau alat tersebut, agar dapat dideteksi oleh perangkat laptop.
  • Aktifkan Bluetooth pada laptop, biasanya terdapat di bagian pojok kanan bawah layar dan terdapat pada Taskbar. Sambungkan Bluetooth laptop dengan Bluetooth dari proyektor.
  • Jika ini adalah pertama kali pengguna menyambungkan laptop dengan proyektor, biasanya pengguna akan diminta untuk mengonfirmasi kode atau rangkaian nomor.
  • Tekan shortcut keyboard logo Windows dan huruf P, kemudian pilih ‘Duplicate’. Layar laptop sudah bisa ditampilkan pada proyektor.

3. Menghubungkan MacBook ke Proyektor dengan Menggunakan Kabel

Jika dua cara diatas merupakan cara untuk laptop dengan sistem operasi Windows, cara terakhir ini adalah cara khusus untuk pengguna MacBook.

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X